Rabu, 29 Juli 2009

Tips meningkatkan Alexa Rank

Apa itu Alexa rank?hmm saya juga sebenarnya kurang begitu paham, banyak yang bilang sih ini adalah peringkat traffic blog/situs kita. Banyak sekali blogger yang melupakan Alexa rank, kebanyakan blogger lebih mementingkan Google Page Rank daripada Alexa Rank. Tetapi ternyata banyak sekali situs penyedia iklan (khususnya luar negeri) yang lebih berpatok kepada peringkat Alexa ketimbang Google Page Rank, kenapa demikian?saya juga kurang tau.

Sebagai seorang blogger yang masih jauh dari kata mahir, tentu saja saya juga masih belajar dari blog-blog tetangga yang lebih berpengalaman. Dari penelusuran saya, dapat saya simpulkan bahwa banyak sekali teman-teman blogger yang berhasil diterima di program Pay Per Post atau Pay Per Review dengan mengandalkan Alexa Rank, padahal tidak sedikit dari mereka yang hanya memiliki PR 1 bahkan PR 0. Bukan berarti kita melupakan Google Page Rank, tetapi tidak ada salahnya kalau kita mencoba untuk meningkatkan peringkat Alexa kita.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan Alexa Rank. Beberapa tips ini saya rangkum dari hasil penelusuran saya dari para webmaster baik itu lokal maupun internasional, semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semua.

• Install Alexa toolbar pada browser anda, ini adalah langkah yang sangat mendasar, pastikan browser kita telah terinstall Alexa Toolbar. Dengan menginstall Alexa Toolbar, maka kita akan lebih mudah memonitor perkembangan peringkat Alexa kita, selain itu setiap kali kita mengunjungi blog kita sendiri, maka Alexa akan menghitungnya sebagai pengunjung. Bayangkan betapa seringnya kita mengunjungi blog kita sendiri saat kita mengedit blog kita. Sangat sayang sekali bila hal ini tidak terindex oleh Alexa sebagai pengunjung/traffic. Buat yang belum menginstall Alexa Toolbar silahkan install melalui link disini atau dibawah ini.


http://www.alexa.com/toolbar


• Pasang Widget Alexa Rank di blog anda. Hal ini dilakukan agar Alexa dapat dengan mudah mengindex blog anda, dengan memasukkan widget ini berarti anda melakukan link secara langsung kepada Alexa. Untuk menambahkan widget Alexa di blog anda silahkan kunjungi link disini
atau di bawah ini

http://www.alexa.com/siteowners/widgets


• Beritahu kepada orang lain untuk menggunakan Alexa toolbar. Mengajak orang lain untuk menginstall Alexa Toolbar adalah langkah yang cukup cepat untuk menaikkan peringkat Alexa blog anda. Dengan mengajak pengunjung blog anda untuk menginstall Alexa Toolbar, maka saat mereka kembali mengunjungi blog anda Alexa akan dengan mudah mengindexnya karena browser mereka telah terinstall Alexa Toolbar.

• Tulislah Artikel tentang Alexa di blog anda. Webmaster dan blogger sangat senang membaca tentang cara untuk meningkatkan peringkat Alexa. Artikel tentang Alexa akan membuat pengunjung blog anda bertambah. Percaya atau tidak..

• Pasang Webmaster Tools di blog anda. Contohnya adalah dengan memasang tool penghitung berat blog, tool kode warna dan sebagainya. Ini adalah magnet untuk blog anda, orang akan berkunjung berulang kali ke blog anda untuk mengakses alat ini.

• Buatlah Alexa kategori di blog Anda.

• Promosikan Artikel tentang Alexa anda di forum dan social bookmarking kawasan Asia. Wow, saya sedikit kaget dengan tips ini yang saya baca dari salah satu situs luar. Bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia kurang lebih begini isi penjelasannya :

"Beberapa webmaster telah menyarankan bahwa pengguna Internet Asia adalah penggemar besar dari Alexa toolbar, mereka suka pembahasan tentang Alexa. Saya menyarankan Anda mencoba opsi ini jika Anda memiliki waktu atau kemampuan untuk melakukannya."
Benar atau tidaknya silahkan dijawab sendiri :) yang pasti, bila orang luar negeri mau berpromosi melalui forum-forum asia, kenapa kita sebagai orang asli asia tidak mencobanya?

Karena saya masih sama-sama belajar, buat teman-teman yang memiliki tips untuk meningkatkan Alexa Rank silahkan share pengalamannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.