Sabtu, 01 Agustus 2009

Backup Driver Komputer dengan DriverMax (Free)

Bagi yang pernah atau sering install ulang Windows, kadang direpotkan dengan installasi berbagai driver, seperti VGA, chipset, Sound Card, printer dan lainnya. Bahkan untuk laptop, mungkin installasi driver akan lebih banyak lagi, seperti LAN, Wireless LAN, Webcam, bluetooth, dan lainnya.

Untuk mempermudah dan mempercepat installasi berbagai driver ini, kita bisa menggunakan DriverMax, program yang bisa diperoleh dengan gratis.

Apa itu driver ?
Driver ( device driver ) merupakan software yang dikembangkan oleh pembuat perangkat keras (hardware) seperti Motherboard, VGA, LAN card, sound Card dan sebagainya agar bisa bekerja dengan aplikasi atau sistem operasi yang di install di komputer. Jadi driver berfungsi sebagai perantara antara Sistem Operasi dan hardware yang dipasang di komputer.



DriverMax merupakan software atau tool yang memungkinkan kita download driver terbaru langsung dari internet tanpa perlu susah-susah mencari sendiri atau install dari CD. Kita juga bisa meng-export hampir semua driver yang ada di komputer yang nantinya jika perlu install ulang windows, kita tinggal meng-import backup yang telah kita buat, dan tidak perlu report menginstall driver komputer satu persatu Program ini juga sangat bermanfaat jika komputer/PC sudah di install berbagai driver tetapi kita tidak mempunyai CD driver-nya. Atau kadang kita bingung ketika install ulang windows dan tidak tahu mana driver yang cocok untuk komputer kita.

Mendapatkan Lisensi Key gratis
Meski software ini gratis, tetapi setelah di install, akan muncul informasi bahwa penggunaan software ini terbatas 30 hari (trial). Untuk mendapatkan lisensi key dan program bisa digunakan tannpa batasan waktu dan free, kita harus mendaftarkan diri (pendaftaran gratis). Berikut langkahnya.

  1. Install Program yang telah di download
  2. Ketika muncul window “Evaluation version”, maka klik saja “Claim your registration code”
  3. Akan muncul “Forum Registration wizard”, ikuti langkah yang di tampilkan, mulai cari “Create an Account”
  4. Mengisi data diri, meliputi username, nama, dan password untuk menjadi anggota (member).
  5. Terakhir, kita masukkan email kita
  6. Setelah berhasil, maka tidak lama kemudian lisensi key akan dikirim ke email yang dimasukkan tersebut yang bisa kita gunakan untuk mengaktifkan software ini dengan klik “Enter Registration Code”.
Apa saja fitur DriverMax ?
• Export berbagai driver hardware yang ada di komputer
• Import driver dari driver yang sudah di export sebelumnya
• Membuat laporan (report) tentang driver apa saja yang di install yang bisa juga di print.
• Update dan Identifikasi driver langsung dari Internet (memerlukan koneksi internet)
• Link ke hardware populer untuk windows XP dan vista, video card dan processor

Jika kita meng-export driver maka mungkin akan tampil informasi bahwa ada driver yang tidak bisa di backup ( tidak ada informasi driver yang di install / INF file ). Selain itu biasanya juga akan tampil banyak driver bawaan windows yang bisa kita abaikan (sudah ada ketika installasi windows), sehingga bisa mengurangi ukuran backup driver. Meskipun jika ingin di backup semua driver juga lebih aman.

Program ini bisa berjalan di sistem operasi Windows XP, Vista dan Windows 2003


Sumber : ebsoft.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.