Rabu, 30 September 2009

SWF dan EXE

Pada umumnya para seniman Multimedia yang bekerja dengan perangkat lunak Adobe Flash akan menghasilkan dua format file populer yang digunakan saat ini, yaitu SWF dan EXE. Kedua format tersebut merupakan hasil kompilasi dari file source milik Adobe Flash yaitu FLA. Tapi tahukah Anda bahwa kedua format file tersebut ternyata dapat dibongkar kembali?
Seperti layaknya orang yang mau berperang, biasanya kedua belah pihak akan saling mencari informasi tentang strategi dan senjata apa saja yang akan digunakan oleh musuhnya. Nah, begitu juga yang akan kita lakukan. Yang akan kita lawan adalah para pembajak hak cipta J. Dalam artikel ini kita akan melihat software apa saja yang biasa digunakan sebagai decompiler file SWF dan EXE milik Adobe Flash.

Piranti Lunak Pembobol SWF

Para peselancar Internet tentunya sudah mengetahui kehandalan file SWF dalam memuat sebuah konten Multimedia. Format SWF digunakan secara luas dalam berbagai bentuk konten yang ada diInternet. Situs, Company profile, e-card, forum, e-book, games online, dan animasi yang ada di Internet sekarang ini merupakan contoh produk yang dapat dibuat dengan Adobe Flash, tentunya dengan format SWF.

Namun dibalik kehandalannya, format SWF juga memiliki sisi kelemahan yang cukup fatal. Pasalnya dengan sebuah aplikasi decompiler file SWF yang tersedia di Internet, kita dapat membongkar kembali file hasil compiler tersebut. Kita dapat mengambil ActionScript, suara, gambar, serta informasi teknis lainnya seperti frame rate, jenis font yang digunakan, serta tehknik pembuatannya. Salah tool decompiler terbaik yang penulis temukan adalah Sothink SWF Decompiler.

Dengan mudahnya, ActionScript yang terdapat didalam file SWf tersebut dilihat dan dapat di salin oleh orang lain. Tentu sangat tidak menguntungkan bagi para developer yang membuatnya namun menjadi keuntungan bagi para developer baru. Anda bisa mengunduh software ini di http://www.sothink.com. Dalam artikel ini penulis mengggunakan Sothink SWF Decompiler MX 2005c Build 51108. Dalam versi ini Sothink SWF Decompiler mampu melakukan decompiler untuk Flash Player 8 dan ActionScript 2.0.

Format EXE Belum Tentu Aman!

Setelah mengetahui kelemahan format SWF, banyak orang langsung berpikir untuk merubah format hasil karya mereka menjadi bentuk EXE. Meskipun hasil karya yang dibuat tidak dapat ditampilkan secara online di Internet, kemungkinan untuk “di curi” semakin kecil pikirnya. Apa lagi jika membuat games online yang biasanya meangandung banyak ActionScript, tentu saja pembuatnya tidak rela jika dalam waktu kurang dari 5 detik, semua jerih payahnya disalin oleh orang lain.

Jika Anda masih berpikir demikian, segera ubah persepsi Anda. Kini format EXE sama tidak amannya dengan format SWF. Dengan bantuan tool khusus, format EXE dapat dengan mudahnya diubah kembali menjadi format SWF. Tidak percaya? Coba unduh terlebih dahulu paket instalasi piranti lunak bernama Sparkle FlashKeeper di http://www.flashkeeper.com. Segera install pada PC Anda lalu jalankan aplikasi ini.

Pada menu utama, pilih menu [Tool] > [Convert Exe to Swf] lalu tentukan sumber file EXE yang akan diubah menjadi SWF serta tempat tujuannya. Kalau sudah tekan tombol [Ok] (Gambar 3). Tanpa perlu menunggu lama format file tersebut akan dirubah menjadi SWF, sehingga Anda mempunyai dua file dengan format EXE dan SWF. Kalau sudah berubah formatnya menjadi SWF, gunakan saja Sothink SWF Decompiler untuk melihat jeroannya. Mudah bukan?

SWF Protect : Tool Proteksi SWF Yang Handal

Diawal artikel kita telah membahas tentang rentannya keamanan file SWF. Nah, jika ada tool canggih untuk membobol file SWF seperti Sothink SWF Decompiler, kini ada lawan yang tangguh untuknya, namanya SWF Protect. Pada artikel ini penulis menggunakan SWF Protect 1.6. Silahkan Anda unduh aplikasi ini di http://www.swfprotect.net. Tanpa perlu melakukan instalasi Anda sudah dapat langsung menjalankan aplikasi ini. Pada versi trialnya aplikasi ini hanya dapat dijalankan sampai 10 kali pemakaian. Ya lumayan untuk sekedar mencoba.

Antar muka aplikasi ini sangat sederhana. Pada bagian sebelah kiri terdapat fitur File Explorer yang dapat digunakan untuk menjelajah direktori tempat file SWF milik Anda berada. Nah, cari letak direktorinya melalui fasilitas ini. Dibawahnya ada panel [SWF Files]. Pilih file SWF yang akan diproteksi. Jika sudah tekan tombol [Protect File]. Tanpa harus menunggu lama file SWF yang telah terproteksi segera dibuat. Secara standar namanya adalah Protected_namafile.swf.

Untuk membuktikan apakah file tersebut sudah aman, coba bongkar jeroannya dengan cara yang penulis jelaskan diawal artikel menggunakan Sothink SWF Decompiler. Kini tidak perlu lagi yang Anda khawatirkan, karena SWF Protect telah mengunci ActionScript milik Anda. Sothink SWF Decompiler ternyata tidak mempu menerjemahkan enskripsi yang dilakukan oleh SWF Protect terhadap file SWF tersebut. SWF Protect 1.6 bisa digunakan untuk memproteksi format file SWF Flash 8 dan ActionScript 2.0.

MDM Zinc v2.5 : Bikin Format EXE Secara Permanen

Untuk menangani format EXE, piranti lunak MDM Zinc adalah gacoannya. Aplikasi ini dapat merubah format SWF menjadi EXE secara permanen sehingga tidak memungkinkan lagi untuk melakukan decompiler terhadapnya. Nah, sekali lagi cara untuk membuktikannya adalah dengan mencobanya.

Unduh terlebih dahulu MDM Zinc di http://www.multidmedia.com. Dalam artikel ini penulis menggunakan MDM Zinc v2.5 Version 2.5.0.29 Trial Edition. Aplikasi ini sebenarnya memiliki banyak fitur menarik didalamnya. Namun yang akan kita gunakan adalah fasilitas standar yaitu merubah format SWF menjadi EXE. Pada bagian utama antarmuka aplikasi ini pilih tab menu [Input File]. Pada panel [Input Source] dan [Output] atur letak sumber file SWF dan tempat tujuan file EXE yang akan dibuat. Jika sudah tekan tombol [Build] yang ada pada bagian pojok kanan bawah program. Segera file EXE ala MDM Zinc akan dibuat.

Nah, sekali lagi kita coba tool decompiler EXE bernama Sparkle FlashKeeper untuk membongkar EXE yang tadi kita buat. Setelah penulis coba ternyata aplikasi ini tidak mampu melakukan konversi terhadap file EXE tersebut. Dengan demikian kemungkinan terjadinya decompiler akan semakin kecil. Namun sayangnya MDM Zinc bukan aplikasi gratis. Jika menggunakan masa trial, file EXE milik Anda akan mengandung splash screen dan konten yang menampilkan iklan.

Proteksi Sederhana Untuk Fomat SWF

Jika file SWF milik Anda adalah sebuah film animasi, menggunakan tool SWF Protect untuk memproteksinya mungkin agak terlalu berlebihan, sebabnya aplikasi tersebut memang dirancang untuk mengunci ActionScript, bukan objek-objek yang terkandung didalamnya. Apalagi mengingat aplikasi tersebut tidak gratis.

Tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun sebenarnya Adobe Flash sudah mempu untuk “mencuri” berbagai objek yang terkandung dalam suatu file SWF seperti shape dan gambar raster. Anda hanya perlu menjalankan perintah dimenu [File] > [Import] > [Import to Stage…]. Pilih file SWF yang ingin “dicuri” objeknya. Lalu klik [Open]. Dengan cara begini saja Adobe Flash mampu melakukan “pencurian” sederhana.

Kalau saja film animasi hendak di proteksi, gunakan saja proteksi dengan cara yang sederhana pula. Kita akan mencoba memproteksinya langsung dari Adobe Flash. Sebelum melakukan publish, pilih menu [File] > [Publish Settings…]. Pilih tab menu [Flash] lalu beri tanda pada kotak [Protect from import]. Pada bagian passwod, ketik kata sandinya. Usahakan lebih dari 6 karakter. Kalau sudah publish flash movie Anda.

Nah sekarang coba Import kembali flash movie Anda dengan cara yang telah diterangkan diatas. Sebuah kotak dialog akan muncul menyakan kata sandi yang digunakan pada saat mem-publish flash movie. Jadi file SWF tersebut sudah sedikit lebih aman berkat adanya fasilitas proteksi sederhana dari Adobe Flash. Namun tetap ingat, objek yang ada didalamnya masih bisa dicuri dengan Sothink SWF Decompiler.

Trik Proteksi Sederhana Untuk Fomat EXE

Untuk format EXE, Adobe Flash memang tidak menyediakan fasilitas proteksi apapun. Tapi kita masih bisa mengelabui user dengan cara mengganti ikon dan keterangan yang ada dalam file EXE tersebut. Jadi user tidak mengetahui Adobe Flash versi berapa yang kita pakai untuk membuatnya. Anda dapat memanfaatkan freeware bernama Resource Hacker. Anda bisa mendapatkan tool mungil ini di http://rpi.net.au/~ajohnson/resourcehacker. Dalam artikel ini penulis menggunakan Resource Hacker versi 3.4.0.79.

Tanpa perlu melakukan instalasi Anda sudah bisa menggunakan tool ini. Cara penggunaannya tidak terlalu rumit. Pertama buka file EXE melalui [File] > [Open…]. Pada bagian sebelah kiri jendela terdapat menu berbentuk tree. Pilih menu [Version Info] > [1] > [1033]. Pada resource ini Anda dapat memanipulasi keterangan yang ada pada suatu file EXE buatan Flash. Misalnya nama perusahaan, versi Adobe Flash yang digunakan, dan lain-lain.

Masih banyak lagi yang dapat Anda manipulasi dengan aplikasi ini. Coba jelajahi setiap tree menu yang ada. Pilih resource dengan nama 1033. Nama tersebut merupakan kode dari bahasa Inggris dalam Flash Player. Karena versi Adobe Flash yang kita gunakan kebanyakan versi bahasa Inggris, kecuali Anda menggunakan Adobe Flash versi bahasa lain, bahasa Prancis misalnya. Jika Anda telah selesai memanipulasi ikon, menu, atau keterangan lainnya, tekan tombol [Compile Script]. Setelah itu simpan file tersebut melalui menu [File] > [Save As…]. Jangan lupa memberikan ekstension .exe diakhir nama file.

Tidak Ada Format File Yang 100% Aman

Kedua format populer yang dihasilkan Adobe Flash yaitu SWF dan EXE memang telah memiliki spesialis software pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengamankannya dari pembajakan hak cipta. Namun Anda perlu tetap ingat, selalu ada cara yang dapat digunakan untuk menembus sistem buatan manusia. Bisa saja suatu hari nanti akan ada aplikasi yang dapat menerjemahkan enksripsi dari SWF Protect dan mampu mengkonversi EXE milik MDM Zinc menjadi bentuk SWF. Dan perlu penulis ingatkan bahwa aplikasi decompiler semacam Sothink SWF Decompiler dan Sparkle FlashKeeper bukanlah musuh utama Anda. Aplikasi ini memiliki image negatif karena banyak disalahgunakan oleh para pembajak, sehingga merugikan para developer Multimedia interkatif.

Oleh sebab itu terus ikuti perkembangan TI khususnya dalam hal ini issue seputar Adobe Flash. Cobalah bergabung dengan komunitas pengguna Adobe Flash misalnya forum ataupun milis yang secara khusus membahas tentang Adobe Flash. Misalnya forum BabaFlash.com. Dari sana kita bisa mendapat banyak sekali ilmu dan perkembangan terbaru seputar Adobe Flash.

Sumber : dhinata.com

Model Baru Spam Semakin Berbahaya

Spam dengan menggunakan url yang mirip dengan nama sebenarnya semakin marak digunakan oleh para spammer. Berikut ini adalah komentar yang diberikan oleh ahli keamanan dari Symantec:

Untuk menghindari filter antispam, spammer seringkali menggunakan tehnik pengacauan, dengan menyalahgunakan merk dan taktik-taktik lain untuk mencoba dan mempersulit penyaringan konten untuk identifikasi pesan spam. Akhir-akhir ini Symantec telah mengamati sebuah serangan spam yang memelesetkan kesamaan kata (homograph spoofing) sehingga sebuah nama domain yang diplesetkan hampir atau sangat menyerupai nama domain merek yang sangat terkenal. Sebelum mendiskusikan trend ini, terlebih dahulu perlu diperkenalkan istilah-istilah seperti IDN, Punycode, dan Homograph Spoofing.

IDN atau Internationalized Domain Name (IDN) adalah nama domain yang mengandung satu atau lebih karakter non-ASCII. Nama-nama domain seperti itu dapat berisi karakter-karakter tulisan non-Latin seperti Arab, Cina atau Devnagari.

Contoh:
Domain ёxample.com menggunakan “ё” yang merupakan karakter Cyrillic.
Punycode adalah sintaksis yang dirancang untuk encoding IDN dalam aplikasi sehingga berbagai nama domain (bagian non-ASCII) dapat direpresentasikan dalam set karakter ASCII.
Dengan menggunakan Punycode non-ASCII, karakter akan dikonversi ke set karakter ASCII. Proses ini menghadirkan identifikasi domain yang unik dan dapat dibolak-balik. Punycode nama yang dikonversi mendapat awalan “xn--”
Misalnya :
Punycode for ёxample.com is http://www.xn--xample-ouf.com/

Homograf spoofing adalah pemlesetan karakter dengan memanfaatkan fakta bahwa dalam sistem komputer multibahasa, banyak karakter berbeda mungkin memiliki bentuk yang hampir (atau seluruhnya) tidak bisa dibedakan.

Misalnya:
Domain ёxample.com (Rusia) sangat menyerupai domain example.com (Latin)
Pada contoh spam di bawah , seorang spammer menawarkan cara mendapatkan uang gratis. Sebuah URL diberikan dalam pesan yang mengarahkan pengguna ke formulir pendaftaran yang mengumpulkan informasi pribadi. Ketika dianalisa secara mendalam, domain dalam URL tersebut ditulis menggunakan IDN. Domain yang diplesetkan menyerupai google.com. URL dan punycode ditunjukkan seperti dalam pada gambar di bawah ini:



Tabel di bawah ini menunjukkan macam-macam plesetan domain google.com. Banyak dari domain itu menyerupai versi Latin.



Ini bukanlah pertama kali spammer memikat penerima untuk melakukan tindakan dengan bersembunyi dibalik merk terkenal. Meskipun demikian, pengguna dapat menghindar untuk tidak menjadi korban dengan melihat URL sebenarnya pada status bar atau dengan mengetik URL secara manual. Meluangkan waktu untuk melakukan sedikit riset dapat menyelamatkan informasi pribadi Anda dari tindak kejahatan.

Source : Symantec

Tips Menyimpan File Flash di Website!

Saat kita browsing atau jalan-jalan di internet, sering kita melihat file gambar animasi yang lucu-lucu dan menarik. Tapi pas kita klik kanan pada file tersebut dengan tujuan untuk menyimpannya, tak ada pilihan Save As, karena ternyata file tersebut dibuat dalam format Shockwave Flash dengan menggunakan Program Macromedia Flash .

Anda tidak usah khawatir ada tips sederhana dimana anda bisa menyimpan File Flash tadi ke dalam hardisk anda sebagai koleksi untuk dilihat lagi waktu anda offline. Caranya :

Untuk Pengguna Internet Explorer :

1. Klik Tools – Internet Options
2. Pada tab General, klik tombol Setting yang terdapat di Temporary Internet Files groups
3. Klik View Files to open your Temporary Internet Files Foldes
4. Klik View – Detail. Sekarang Klik View Arangge Icon By - Internet Address
5. Cari files Flash yang ingin kamu simpan, setelah ketemu lalu Klik Kanan – Copy, kemudian paste file .swf tadi ke folder yang kamu inginkan, misalnya ke My Document.


Untuk Pengguna Firefox!

1. Klik Tools - Info
2. Kemudian Klik Media Tab pada Page Info Windows.
3. Media Tab akan ada data tentang File-file Image, CSS, Shockwave Flash file yang sudah didownloa
4. Cari dan pilih file Flash yang kita ingin simpan, kemudian tekan Save As, dan simpan

Tips Ekstrak dan Copy Video Files Dari Web Browser

Kadang-kadang Anda mungkin menemukan beberapa video menarik dari situs web kami dan Anda ingin menyimpan mereka ke disk lokal Anda untuk memutar ulang ketika Anda pergi offline atau berbagi dengan orang lain di masa depan. Some websites allow you to download and save the videos while others disallow it. Beberapa situs web memungkinkan Anda untuk men-download dan menyimpan video sementara yang lain melarang hal itu. If the video you play from the website is stored in your browser's cache, a tiny and free utility, VideoCacheView, can give you a hand. Jika video Anda bermain dari situs web disimpan dalam cache browser Anda, yang kecil dan gratis utilitas, VideoCacheView, dapat memberikan tangan.

VideoCacheView is a standalone program which can help users to extract the video file from the cache and save it for viewing in the future. VideoCacheView adalah sebuah program mandiri yang dapat membantu pengguna untuk mengekstrak file video dari cache dan menyimpannya untuk melihat di masa depan. Users can execute the file without installing it. Pengguna dapat menjalankan file tanpa menginstal itu. The program will automatically scan the entire cache of your web browser (supports both Internet Explorer and Mozilla Firefox) and detect all videos that are currently available. Program ini akan secara otomatis memindai seluruh cache browser web Anda (mendukung Internet Explorer dan Mozilla Firefox) dan mendeteksi semua video yang saat ini tersedia.



Situ pengguna dapat memilih untuk memutar ulang video atau download / salin ke disk lokal.



Secara umum kebanyakan situs web menggunakan file video Flash (dengan. Flv ekstensi) untuk bermain video material di dalam situs web. VideoCacheView itself is not a video player, hence users need to have a video player which support flv format to replay the video. VideoCacheView sendiri bukanlah sebuah pemutar video, maka pengguna perlu untuk memiliki sebuah pemutar video yang mendukung format flv untuk memutar ulang video. Alternately users need to use a converter to convert Flash video files to other formats such as mpg. Bergantian pengguna perlu menggunakan Flash konverter untuk mengkonversi file video ke format lain seperti mpg.

Download : VideoCacheView 1,42

Selasa, 29 September 2009

Tips meningkatkan Feedburner untuk SEO blog

Mungkin pernah berpikir kenapa informasi jumlah pembaca pada Feedburner-Count sangat sedikit.Pengen mengetahui cara meningkatkannya?

Perlu diketahui bahwa tidak semua pembaca Rss Feed selalu menggunakan alamat Feedburner untuk berlangganan posting dan komentar pada blog. Hal ini terjadi ketika pembaca melakukan akses ke alamat blog maka secara otomaris web browser akan membaca alamat default Rss Feed pada blogger kita.

Biasanya browser (seperti Firefox) akan langsung membaca Feed blog secara default. Hal ini tentu saja merugikan jika tujuan kita meningkatkan pembaca Feedburner-Count. Sebelum mencoba code dibawah mungkin kamu tidak percaya jika semula pembaca Feedburn-Count saya hanya berjumlah 5, setelah beberapa minggu baru terlihat perbedaan, Feedburner-Count saya naik menjadi 55. Nilai ini tidak permanent dan bisa berubah setiap saat, bisa saja besok hari nilai bertambah atau malah berkurang.

Yang perlu diperhatian bahwa cara ini nantinya tidak akan meningkatkan nilai Feedburner-Count secara otomatis,semua tergantung banyak nya pembaca yang berlangganan postingan kita. dalam artian kita hanya mengarahkan pembaca selalu mengakses kealamat feedburner, jadi pembaca kita tidak terbagi dengan alamat default RSS Feed blog kita.

Pengen tahu caranya ikuti langkah berikut ini :


Langkah Pertama.

Buka Template -> Edit HTML -> Jangan lupa lakukan backup template :)

Langkah Kedua.

Cari kode dibawah ini.


<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

Jika sudah ketemu ganti kode diatas dengan code dibawah ini.


<meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>
<meta content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/>
<meta content='blogger' name='generator'/>
<link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Title Blog Kamu - Atom" href="Namablog.blogspot.com/feeds/posts/default" />
<link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Title Blog Kamu - RSS" href="Namablog.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss" />
<link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Title Blog Kamu - Atom" href="http://www.blogger.com/feeds/8301582465326140745/posts/default" />
<link rel="EditURI" type="application/rsd+xml" title="RSD" href="http://www2.blogger.com/rsd.g?blogID=8301582465326140745" />

Jangan lupa ganti Title dan ID blog mu pada code diatas.


Langkah Ketiga

Cari kode dibawah ini


.feed-links {

Kemudian tambahkan code dibawah ini, tepatnya dibawah kode diatas

display: none;

Sementara ini jangan lupa di simpan

Langkah Empat

Masih pada Template -> Edit HTML -> beri tanda centang pada Expand Template Widget

Cari kode dibawah ini


<b:includable id='feedLinksBody' var='links'>
<div class='feed-links'>
<data:feedLinksMsg/>
<b:loop values='data:links' var='f'>
<a class='feed-link' expr:href='data:f.url' expr:type='data:f.mimeType' target='_blank'><data:f.name/> (<data:f.feedType/>)</a>
</b:loop>
</div>
</b:includable>

Jika sudah ketemu, ganti code diatas dengan kode dibawah ini


<b:includable id='feedLinksBody' var='links'>
<div class='feed-links'>
<data:feedLinksMsg/>
<b:loop values='data:links' var='f'>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<a class='feed-link' expr:href='data:f.url + "?alt=rss"' type='application/rss+xml'><data:f.name/> (RSS)</a>
<b:else/>
<a class='feed-link' href='http://feeds.feedburner.com/YourFeedburnerFeed' type='application/rss+xml'><data:f.name/> (RSS)</a>
</b:if>
</b:loop>
</div>
</b:includable>


Kode diatas berfungsi untuk mengubah alamat link ke Feedburner, biasanya pada blogger ditandai dengan :
Berlangganan: Posting (Atom) atau Subscribe to: Posts (Atom)

Info dunia maya

Senin, 28 September 2009

Membangun Wireless Network

Bagaimana Anda Membangun Wireless Network Di Rumah Dengan Keamanan Jaringan Yang Bagus?

Membangun Wireless network adalah merupakan salah satu pekerjaan yang sangat pesat pertumbuhan nya sekarang ini. Membuat jaringan komputer anda dengan perangkat wireless adalah sangat simple dan memungkinkan perangkat anda begitu berdaya guna yang tinggi dan praktis. Jika di kantor anda menggunakan wireless network, maka bukanlah hal sulit buat anda untuk membangunnya di rumah anda. Kemana saja anda berjalan disekitar rumah anda, anda sudah bisa dengan segera online dengan laptop anda, bisa connect dengan komputer jaringan anda, bahkan yang paling menguntungkan mungkin anda bisa bertelpon ria dengan telpon Wi-fi anda, dengan account Skype anda ke seluruh dunia.

Yang lebih mengejutkan lagi sekarang ini adalah wireless network sudah banyak dipasang di-mana-2 di café, di kampus, di airport, di hotel, di convention center dan lain-2. Hal ini sangat menguntungkan anda jika anda berpergian untuk bisnis atau studi kemana saja, dan dengan fitur-2 menarik dari wireless router yang anda bangun di rumah, anda bisa melakukan koneksi melalui tunneling virtual private network dengan aman lewat jaringan public – internet.

Apa saja kebutuhan untuk membangun jaringan wireless network dirumah / dikantor?

Sekarang ini bukan hal aneh lagi untuk berbagi broadband internet ke beberapa komputer di rumah atau di kantor. Berlangganan Speedy Telkom atau Cable relative mahal kalau hanya dipakai sendirian, kalau anda bisa berbagi dengan beberapa komputer / laptop anak-2 anda di kamar mereka masing-2 adalah sangat menguntungkan dengan adanya wireless network di rumah sehingga anda bisa berbagi tidak Cuma Internet, anda bisa berbagi file, dokumen, music, bahkan video, printer dengan beberapa komputer di rumah / dikantor. Untuk merealisasikan membangun wireless network di rumah, anda membutuhkan perangkat berikut:

1. Sebuah modem Cable atau DSL modem tergantung layanan broadband internet yang anda punya dari ISP anda, tentunya yach akses internet / berlangganan dari ISP anda.
2. Sebuah router yang juga berfungsi sebagai firewall dengan dual-fitur NAT dan SPI. Network Address Translation (NAT) untuk menyembunyikan jaringan private anda dari internet, sementara SPI sebagai filter untuk menyeleksi kalau ada intruder yang masuk ke jaringan private anda. Hal ini untuk melindungi / setidak nya menekan segala jenis ancaman dari internet.
3. Sebuah wireless access point, yang akan menjebatani atau me route traffic dari Wireless LAN ke “wired” LAN dan sebaliknya.
4. Wireless adapter di komputer untuk melakukan koneksi ke jaringan wireless network melalui Wireless Access Point.

Sekarang ini sudah banyak para produsen jaringan memproduksi perangkat gabungan multi-fungsi yang mencakup semua fungsi di atas, akan tetapi yang banyak di produksi adalah variasi dari wireless router yang mencakup fungsi Router – firewall / Switch / Access Point dikemas dalam satu perangkat, sebut saja WRT610N Linksys, D-Link DIR-855, atau Netgear 3700. Sehingga membangun wireless network dirumah anda atau dikantor semudah menancapkan perangkat mereka ke power line dan anda pun sudah bisa membangun wireless network. Tentu saja dengan tingkat keamanan jaringan wireless yang paling rendah karena tanpa mengubah konfigurasi default dari pabrik, dimana default pabrik adalah tanpa fitur keamanan diaktifkan.

Bagaimana melakukan konfigurasi wireless network anda?

Asumsi anda mempunyai modem Cable atau DSL modem baik beli sendiri atau dari ISP anda, biasanya fihak Telkom (jika anda berlangganan Speedy) akan mensetup IP address di modem-router anda.

Sebelumnya kita perlu mengenali terlebih dahulu port-port apa saja sebuah modem itu. Berikut adalah gambar sebuah modem DSL yang umum di pasaran.



Port USB, anda bisa gunakan untuk koneksi langsung terhadap komputer / notebook yang mempunyai port USB. Jika ini adalah murni sebuah modem maka anda perlu melakukan konfigurasi untuk mengenalkan modem ini dan biasanya fihak Telkom akan membantu anda untuk mensetup IP address dari mereka.

Port RJ-45 adalah LAN port yang bisa anda hubungkan ke sebuah Switch atau ke wireless router (port WAN dari wireless router). sementara RJ-11 adalah kabel yang anda hubungkan ke line telpon. Biasanya fihak Telkom memberi anda splitter yang memecah line telpon anda menjadi dua, satu kabel ke modem dan satu kabel lagi ke handset telpon anda. Keduanya bisa berjalan tanpa saling mengganggu karena DSL internet dan voice Telpon menggunakan frequensi yang berbeda.

Dari port-2 ini anda perlu menghubungkan ke wireless router seperti gambar berikut ini. Wireless access point bisa anda ganti dengan wireless router (yang juga berfungsi sebagai access point).
Membangun Wireless Network - Konfigurasi Wireless Network



Akan tetapi tidak jarang fihak Telkom memberikan anda langsung sebuah modem-router sederhana yang sudah meliputi modem, router / firewall, satu port USB dan satu port LAN. Sehingga anda tidak memerlukan router / firewall lagi. Akan tetapi karena tujuan anda adalah untuk membangun wireless network, maka anda memerlukan sebuah Wireless Access Point.

Beberapa manufacturer wireless juga memproduksi perangkat wireless yang multi-fungsi yang meliputi semua fungsi modem / router / switch / access point dikemas dalam satu piranti wireless DSL modem router seperti 3Com® OfficeConnect® ADSL Wireless 108 Mbps 11g Firewall Router, atau DGND3300 RangeMax Dual Band Wireless-N Router + DSL Modem.

Membangun wireless network dengan menggunakan wireless router atau modem-router, anda tidak memerlukan lagi report-2 membuat DHCP server, karena hampir semua wireless router (termasuk modem-router yang dari Telkom) sudah mempunyai fitur DHCP server dimana default dari pabrik adalah aktif. Jadi jika anda tidak mengetahui atau memahami betul masalah DHCP server dan konfigurasinya, ataupun anda tidak mengerti dan faham betul mengenai IP address design, anda tidak perlu report-2 melakukan setup wireless router anda karena dari sononya fitur DHCP ini sudah enabled by default.


Terus Bagaimana Computer Clients Mendapatkan IP Address?

Yang perlu anda lakukan adalah melakukan konfigurasi TCP/IP pada clients computer untuk mendapatkan IP address secara automatis. Pada artikel sebelumnya mengenai jaringan komputer sederhana telah dibahas cara melakukan setup bagaimana mendapatkan IP address secara automatis. Akan tetapi ada sedikit perbedaan cara melakukan koneksi dari adapter wireless di komputer anda tergantung fitur dari wireless router anda, ada wireless router yang menggunakan wizard untuk koneksi ke router dengan menggunakan fitur security yang didukungnya yang biasanya disebut sebagai Wi-Fi Protected Setup (WPS).

Jika system keamanan dari router tidak diaktifkan maka biasanya anda hanya memerlukan searching jaringan wireless dari komputer anda dan jika sudah mengenali jaringan wireless yang ada dengan nama SSID yang ada, anda sudah bisa terhubung kepada jaringan tersebut secara automatis dan anda sudah terhubung langsung, biasanya di tempat-2 public seperti hot spot. Akan tetapi jika system keamanan sudah di setup menggunakan wireless security WPA atau WEP, maka anda harus memasukkan account sebagai authenticasi beserta passwordnya. Kedua sisi antara komputer dan wireless router harus sama setting untuk WPA ataupun WEP nya. Selebihnya anda sudah bisa melakukan koneksi dan bisa berbagi internet, file, documents, digital media dan juga printer bahkan anda bisa melakukan game online bersama-sama.

Ada baiknya anda mengikuti petunjuk instalasi wireless sebagai pengetahuan tambahan dan juga cara checklist system keamanan jaringan wireless.

Semoga Bermanfaat.

Tips dan trik Performa Wireless Network

10 Tip Untuk Meningkatkan Performa Jaringan Wireless Anda di Rumah atau di Kantor

Dalam suatu jaringan wireless di rumah atau dikantor, tentunya kita berharap bahwa koneksi komputer kepada jaringan wireless handal dan kuat tanpa putus-2. Jika anda sering memperhatikan lemahnya sinyal wireless di komputer anda, seperti yang ditunjukkan di pojok kanan bawah di layar komputer layaknya sinyal telpon GSM, ini menunjukkan bahwa kekuatan sinyal tidak sekuat seperti yang anda harapkan.

Jika anda ingin memperbaiki stabilitas dan kekuatan sinyal wireless dirumah atau di kantor, Tips berikut ini bisa anda coba untuk memperbaiki performance jaringan wireless anda.

Tips #1 Posisikan wireless router atau wireless access point di tengah-tengah lokasi

Jika memungkinkan, posisikan wireless router atau wireless access point anda di tengah-2 rumah atau pusat lokasi. Jika wireless router ada disisi sebelah tembok, maka disisi sebelah yang lain akan menjadi sedikit melemah. Jika terasa tidak mungkin untuk memposisikan di tempat yang lebih central, maka coba tip yang lagi berikutnya.


Tip #2 Pindahkan router dari lantai dan jauhkan dari tembok-tembok dan object yang terbuat dari metal.

Metal, tembok, dan lantai akan berinterferensi dengan sinyal wireless router anda. Semakin dekat wireless router anda dengan object-2 tersebut, semakin kuat tingkat interferensinya, dan akibatnya adalah semakin melemahnya koneksi.


Tip #3 Ganti antenna router anda

Antenna bawaan dari wireless router di rancang untuk arah Omni, artinya broadcast kesemua arah disekitar router. jika wireless router anda berada disisi dalam tembok luar rumah anda, maka separuh atau sebagian besar kekuatan sinyal akan mengarah ke luar rumah dan sia-sia terbuang. Kebanyakan dan sebagian besar router tidak memungkinkan anda untuk memperkuat power keluaran, akan tetapi anda bisa memanfa’atkan nya menjadi lebih baik. Upgrade antenna anda menjadi antenna yang high-gain yang bisa memfokuskan kekuatan sinyal wireless hanya ke satu arah saja dan diarahkan ke area yang paling banyak dipakai saja.
Hi-Gain USB Antenna


Tip #4 Gantilah adapter network wireless computer anda

Sinyal-sinyal jaringan wireless harus dikirim dan diterima dari dan ke komputer. terkadang sinyal wireless bisa diterima sangat kuat dari komputer anda, akan tetapi komputer anda tidak cukup kuat mengirim sinyal kembali keluar dari komputer ke router. untuk meningkatkan kekuatan sinyal dari komputer, gantilah adapter wireless di laptop anda dengan suatu wireless adapter USB yang menggunakan suatu antenna external. Misal, anda bisa mempertimbangkan USB wireless adapter dari Hawking, yang menambahkan high-gain antenna external ke komputer anda yang secara significant memperbaiki jangkauan sinyal.

Laptop yang mempunyai Wi-fi built-in biasanya mempunyai kualitas yang sangat bagus, dan biasanya tidak memerlukan upgrade.


Tip #5 Tambahkan suatu wireless repeater

Wireless repeater memperluas jangkauan wireless network anda tanpa memerlukan tambahan kabel. Letakkan di pertengahan antara wireless router dengan komputer anda maka akan didapatkan kecepatan yang sangat bagus kepada kekuatan sinyal wireless anda.


Tip #6 Ubahlah channel wireless anda

Wireless router bisa broadcast menggunakan beberapa channel yang berbeda, seperti halnya channel pada station radio dengan channel-2 yang berbeda. Mungkin saja anda akan mendapatkan salah satu channel mempunyai kekuatan sinyal yang kuat, melebihi dari channel yang lain. Hal ini bisa anda lakukan dengan mengubah konfigurasi pada router anda dan perhatikan apakah ada perubahan pada setiap channel yang berbeda. Adapter wireless biasanya secara automatis mendeteksi perubahan channel ini.


Tip #7 Kurangi interferensi wireless

Jika anda menggunakan cordless telpon, maka komputer anda akan terganggu karena sinyal telpon cordless yang menggunakan freqyuency 2,4 GHz ini. Disamping itu, microwave oven juga mempengaruhi interferensi sinyal router ini. Ada baiknya dalam design awal, anda menggunakan wireless router yang menggunakan fitur dual-band – menggunakan baik frequency band 2,4 GHz maupun 5 GHz. Dengan fitur dual-band, anda bisa browsing, email, chatting menggunakan frequency band 2,4 GHz, sementara untuk streaming high definition video yang memerlukan layanan berkualitas (QoS), anda bisa menggunakan frequency band yang relative tidak mempunyai banyak interferensi – frequency band 5 GHz.

Banyak sekarang ini wireless router yang menggunakan fitur dual-band seperti WRT-610N Linksys, DIR-855 D-Link, maupun NETGEAR WNDR3300 wireless router. Sementara untuk wireless adapternya anda juga bisa menggunakan yang ber fitur dual-band, misalkan WMP600N Linksys Wireless –N PCI Adapter, ataupu WUSB600 Linksys USB wireless adapter.


Tip #8 Update firmware dari wireless router dan wireless adapter anda

Produsen router / wireless adapter selalu merilis update firmware secara gratis untuk didownload untuk salah satunya memperbaiki performa dari router. beberapa jenis wireless router akan meng-update sendiri secara automatis jika ada rilis update terbaru saat di koneksi kan ke internet.

Sama halnya dengan windows yang juga bekerja sama dengan beberapa vendor wireless adapters untuk merilis update lewat windows update yang disebut sebagai driver update. Update ini biasanya memperbaiki performa dan reliabilitas dari adapter ini. Untuk melakukan driver update dari windows lakukan yang berikut ini:

Untuk Windows Vista:

Klik menu Start => Klik All programs => klik Windows Update. Disisi sebelah kiri, klik “Check for updates”. Tunggu sementara windows mencari update terbaru dari Windows anda.

Untuk windows XP: kunjungi Microsoft Windows update di http://update.microsoft.com/microsoftupdate/ klik custom dan tunggu sementara Windows mencari udate terbaru komputer anda.


Tip #9 Gunakan satu vendor tunggal untuk semua wireless device anda

Walaupun hampir semua piranti wireless sudah mendapatkan standard sertifikasi dari Wifi Alliance yang berarti bisa bekerja terhadap standard industry wireless manapun yang bercertifikasi yang sama. Akan tetapi performa akan lebih meningkat hampir dua kali jika menggunakan piranti wireless dari vendor dan technology yang sama. Seperti Linksys dengar RangeBooster technologynya, atau Netgear dengan RangeMax technologynya, dan sebagainya.


Tip #10 Upgrade standard Wifi 802.11b anda kepada 802.11G ataupun 802.11N

Jenis lama dari wireless adalah 802.11B dengan yang banyak dipakai, akan tetapi sekarang ini sudah banyak memakai standard 802.11G yang mempunyai kecepatan hampir 5 kali dari standard 802.11b. Bahkan standard terbaru adalah draft 802.11n yang secara teori bisa mencapai speed sampai 300 Mbps dengan kondisi ideal. Jika anda selama ini menggunakan piranti wireless dengan standard 802.11b, gantilah dengan standard 802.11G atau bahkan paling bagus gunakan technology terbaru dan tercepat dari wireless network – draft 802.11n. walaupun standard 802.11n ini masih draft – belum final, akan tetapi hampir semua vendor sudah mengadopsi technology ini kepada produk wireless terbaru mereka. Dan bagusnya lagi, mereka para vendor juga mensaratkan backward compatibility dengan standard sebelumnya 802.11b/g, jadi tetap melindungi investasi anda pada wireless yang kuno.untuk membangun Wireless Network bisa lihat disini


Semoga Bermanfaat
Sumber : sysneta.com

Tips dan Trik performa Windows XP

Saat artikel ini ditulis sistem operasi keluaran terbaru dari Microsoft adalah Windows 7. Namun banyak orang yang masih menggunakan Windows XP di komputernya. salah satu penyebab orang tidak beralih ke Windows Vista adalah performanya yang kurang baik. meskipun fiturnya berlimpah dan keamanaanya tergolong cukup baik tetapi tidak sebaik sistem operasi lain karena Windows Vista sangat-sangat rewel^^

Jika dilihat dari kesuksesan Microsoft sebelumnya, pada zaman menggunakan Windows 98SE! Orang-orang masih bertahan di Windows 98SE, karena stabilitas dan performanya. namun saat Windows 2000 dan Windows ME hadir ke dunia^^; Windows 98SE masih banyak digunakan. Windows ME hadir dengan kemampuan multimedia yang baik tetapi stabilitasnya tidak sebaik Windows 98SE. Dan sejarah Microsoft terulang lagi! Windows Vista tidak sesukses Windows XP karena masalah performanya.

Bagi yang masih setia pada Windows XP, c… Berikut ada beberapa tips untuk meningkatkan performa Windows XP

* Sebaiknya menggunakan wallpaper yang beresolusi maksimal 800×600.

* Jangan pernah menginstall IE7 atau IE8. Disarankan memakai Mozilla Firefox. Meskipun browser dari Microsoft ini sudah mencapai versi 8, Mozilla Firefox masih browser yang terbaik dan aman untuk saat ini dengan tambahan add-on penting seperti : AdBlockPlus, ConfigMania, Stylish, TrackMeNot, NoScript.

* Gunakan Smart Defrag sebagai pengganti tool defragmenting bawaan Windows. Smart Defrag memiliki performa yang baik dalam mendefrag hardisk.

* Matikan System Restore! Fitur System Restore hampir tidak berguna sama sekali dan boros dalam penggunaan space hardisk. Untuk menggantikan fitur ini gunakanlah ERUNT.

* PSPad, merupakan program pengganti notepad. Tool ini freeware, dengan fitur yang sangat berlimpah.

* Autoruns, pengganti tool msconfig yang sangat sakti^^

* UltraVNC, pengganti fitur Remote Desktop bawaan Windows.

* Matikan service yang tidak perlu, berikut beberapa layanan Windows yang dapat dimatikan untuk menambah performa. Berikut beberapa service windows yang dapat dimatikan dengan aman :
  1. Themes (Themes) >> Service yang menangani tema Windows
  2. Automatic Updates (wuauserv) >> Service yang melayani download update dan patch terbaru dari Microsoft
  3. DHCP Client (Dhcp) >> Melayani penggunaan IP dinamis, matikan service ini jika komputer tidak terhubung ke jaringan.
  4. DNS Client (dnscache) >> Menonaktifkan fungsi permintaan DNS dari komputer atau ke komputer lain, matikan jika komputer tidak terhubung ke jaringan.
  5. Error Reporting Service (ERSvc) >> Nonaktifkan service ini jika tidak ingin melihat “Don’t Send” untuk selama-lama-lama-lama-lamanya^^
  6. Fast User Switching Compatibility (FastUserSwitchingCompatibility) >> Matikan service ini jika usernya hanya satu (pengecualian untuk administrator)
  7. Help and Support (helpsvc) >> Fitur Windows yang mungkin sering hanya digunakan untuk End-User, matikan bila perlu!
  8. Human Interface Device Access (HidServ) >> Fitur yang mengaktifkan hotkey pada keyboard multimedia, pengendali jarak jauh (remot) , dan yang berhubungan dengan akses input langsung ke komputer, matikan bila perlu (tidak mempengaruhi fungsi input standar seperti keyboard dan mouse, hanya saja fungsi hotkey pada keyboard tidak dapat digunakan).
  9. IMAPI CD-Burning COM Service (ImapiService) >> Matikan layanan ini jika tidak komputer tidak terdapat CD/DVD writter.
  10. Indexing Service (CiSvc) >> Fitur manajemen Index, matikan saja…
  11. Messenger (Messenger) >> Fitur layanan untuk Messenger bawaan Windows.
  12. Network Connections (Netman) >> Matikan service ini jika komputer tidak pernah terhubung dengan jaringan.
  13. Network DDE (NetDDE) >> Fitur layanan jaringan yang jarang digunakan.
  14. Network DDE DSDM (NetDDEdsdm) >> Fitur layanan jaringan yang jarang digunakan.
  15. Print Spooler (Spooler) >> Layanan manajemen printer
  16. Remote Registry (RemoteRegistry) >> Mematikan fungsi remote registry, mematikan fitur ini akan mendapatkan performa dan keamanan.
  17. SSDP Discovery Service (SSDPSRV) >> Layanan pendeteksi layanan pada jaringan
  18. ystem Restore Service (srservice) >> Mematikan fungsi system restore
  19. Wireless Zero Configuration (WZCSV) >> Matikan layanan ini jika komputer tidak mempunyai perangkat W-LAN
  20. Performance Logs and Alerts (SysmonLog) >> Layanan mendapatkan log untuk Windows
  21. Remote Access Auto Connection Manager (RasAuto) >> Mematikan fungsi remot jaringan, dapat meningkatkan keamanan.
  22. Remote Desktop Help Session Manager (RDSessMgr) >> Mematikan fungsi remote assistance.
  23. Routing and Remote Access (RemoteAccess) >> Mematikan fungsi layanan routing ke jaringan wan.
  24. Security Center (wscsvc) >> Mematikan fungsi security center.
  25. Windows Firewall/Internet Connection Sharing (ICS) (SharedAccess) >> Mematikan fungsi Firewall Windows.
Tips1 : cara cepat melakukan trik ini adalah dengan mengetikkan “sc stop nama_service” dan “sc start themes” untuk menjalankan kembali service tersebut, contoh : “sc stop themes”.

Tips2 : Jika belum terbiasa dengan tips1, lakukan dengan langkah biasa. Ketik services.msc pada run, lalu pilih “stop the service”.

Catatan :

1. Berlaku untuk semua service pack
2. Jika semua layanan diatas telah dimatikan maka penggunaan memori akan menciut, pada praktik yang saya dapatkan adalah 101 MB menjadi 50 MB (Windows XP SP3 clean install)
3. Ketika komputer di restart, service yang di matikan akan berjalan kembali. Jika service tersebut benar-benar tidak dibutuhkan sama sekali “disable”.

* Buang komponen Windows yang tidak perlu. Ketik appwiz.cpl pada run, pilih Add/Remove Windows Components. Lalu cari komponen yang ada dibawah ini :

1. Accessibility Options, Briefcase, ClipBook Viewer, Defragmenter (digantikan oleh Smart Defrag), Games, Internet Games, Pinball;
2. WordPad (digantikan oleh PSPad atau Microsoft Office);
3. MSN Explorer, Outlook Express (Mozilla Thunderbird Lebih Baik^^), Windows Messenger;
4. Simple TCP/IP Services, Fax Services.

* Matikan Fungsi Hibernate (jika diperlukan); Pada Run, ketik powercfg.cpl. Cari tab Hibernate, dan hilangkan centang Enable Hibernation.

* Matikan Fungsi AutoPlay; Pada Run, ketik gpedit.msc. Pada cari Turn Off Autoplay pada hirarki Local Computer Policy >> Computer Configuration >> Administrative Templates >> System. Lalu pilih properties, pada tab setting dan pilih Enabled pada radio button. Pada list box pilih All drives.

* Matikan Visual Effect; Klik kanan pada My Computer, pilih properties, cari tab Advanced pilih Settings, “lalu hilangkan” centang berikut ini : Animate windows when minimizing and maximizing, Fade or slide menus into view, Fade of slide ToolTips into view, Fade out menu items after clicking, Slide open combo boxes, Slide taskbar buttons, Smooth edges of screen fonts, Smooth-scroll list boxes, Use common tasks in folders.

* Gunakan classic log on; Pada Run, ketik nusrmgr.cpl. Pilih Change the way users log on or off, lalu hilangkan centang “Use the Welcome Screen”.


Semoga Bermanfaat^^

Membedah Sign-in Seal Yahoo!

Dengan maksud untuk mencegah Phising attack, Yahoo membuat fitur segel di halaman loginnya. Segel di sini maksudnya adalah gambar unik yang muncul di halaman login. Gambar ini hanya unik untuk PC/komputer tertentu saja, bukan melekat pada yahoo id kita. Jadi kalau kita pindah komputer, segelnya tentu tidak ikut pindah.


Fake Login Page

Biasanya serangan phishing menggunakan metode fake login page atau halaman login palsu. Setelah sebelumnya korban tertipu dengan mengklik link yang mengarah pada halaman login palsu, kini korban disuguhkan dengan halaman login yang sangat mirip dengan halaman login yang biasa dipakainya. Bila korban tidak menyadarinya, maka username dan passwordnya akan jatuh ke tangan attacker.

Serangan fake login page ini bisa terjadi karena halaman login umumnya bersifat statis dan konsisten. Dari komputer manapun, kapanpun halaman login memiliki tampilan visual yang sama. Karena halaman login yang statis itulah cukup dengan membuat halaman yang mirip dengan itu, banyak korban akan tertipu.

Tujuan sign in seal ini adalah membuat halaman login menjadi hal yang pribadi. Setiap komputer memiliki halaman login yang berbeda. Kalau halaman login di tiap komputer berbeda dan tampilan halaman login hanya diketahui oleh pemilik komputer, tentu phishing akan kesulitan melancarkan serangan fake login.

Cara Kerja Yahoo Sign-in Seal

Mari kita lihat bagaimana cara kerja yahoo sign-in seal ini. Yahoo seal mengijinkan membuat seal dalam bentuk gambar maupun teks, yang penting adalah teks dan gambar tersebut unik dan rahasia (tidak mudah ditebak). Setelah seal dibuat, maka seal itu akan selalu muncul setiap kali saya login ke yahoo.

Semula saya berpikir ini pasti pakai cookie, namun ketika saya coba menghapus semua cookie dari browser saya, seal yahoo tidak ikut terhapus. Dia tetap survive dari penghapusan cookie. Kemudian ketika saya coba buka halaman login yahoo di Opera pada komputer yang sama, maka seal itu lagi-lagi ikut muncul, padahal saya bikin seal itu di Firefox.

Jadi kalau saya rangkum keunikan seal Yahoo adalah:

1. Survive from Cookie Removal
2. Cross-Browser Appearance

Bagaimana caranya seal Yahoo bisa survive dari penghapusan cookie dan bisa muncul di semua browser? Jawabannya adalah dengan Flash. Flash memiliki fitur semacam cookie yaitu Local Shared Object. Data ini disimpan dalam file berekstensi SOL. Semua browser ketika memuat suatu URL berhak mengakses shared object di domain yang sama dengan flash. File flash yang dipakai yahoo untuk mengambil data dari cache adalah dataCache.swf yang URLnya di https://login.yahoo.com/login/dataCache.swf. Setelah dibuka dengan flash decompiler, source code dari file dataCache.swf ada pada gambar di bawah ini:



dataCache.swf mendefinisikan fungsi untuk menyimpan objek ke dalam cache dan untuk mengambil objek dari cache. Kemudian Fungsi ini didaftarkan dengan fungsi addCallback agar bisa dipanggil dari javascript. Jadi tugas flash hanya menyimpan dan mengambil objek dari cache untuk selanjutnya ditampilkan oleh javascript. Dari source code tersebut juga terlihat nama shared object yang dipakai, yaitu loginCache. File SOL tersebut disimpan dalam filesystem umumnya di C:\Documents and Settings\\Application Data\Macromedia\Flash Player\#SharedObjects\\login.yahoo.com\loginCache.sol.

Dengan program SOL reader file loginCache.sol di komputer saya terbaca isinya sebagai berikut:

YLS: YLS=v=1&p=0&ap=1232341233149
F: F=a=kSmT8qEMvTDDtBUE14BdySfZq8q2aQRUcFYEd.G7P36yFSIIg4GlIlYkiKTXaV.WuC25JHgQ0NYUWkX1TkXEBVHzcw–&b=DtKN
YL: YL=v=1&c=J63kKW2fjWIeaRIMD_Q8qr9qd.RtqZMMXNNQy1rLiWG3ySvsMdTyPYqU7WJGWdPXwIPGZ4q9dzr62Th3hQNEodw3kE8DEDEuipITKP3EGBpUw9tHEHXu2E_hqfPGhStp0ExeJoff9L0J_.T5MmRyI4Q2H6PgOq5Eae6Shg–

Jadi ada 3 object di file loginCache.sol yaitu YLS, F dan YL. Kalau kita lihat cookie yang ada pada halaman login.yahoo.com ternyata ketiga ada cookie dengan nama YLS, F dan YL. Jadi bila shared object sudah ada isinya, maka isi dari shared object tersebut akan diambil untuk nilai cookie. Pada waktu pertama kali membuat seal, shared objek diinisialisasi dengan cookie yang di-set dari server yahoo untuk selanjutnya diambil setiap kali login. Jadi menghapus cookie di browser tidak ada gunanya karena yahoo memakai data yang di shared object. Bila cookie terhapus, data di shared object yang akan diambil sebagai cookie.

Seal berupa text akan dikirim ke server yahoo untuk dibuat gambar di URL yahoofs.com. Sedangkan seal berupa image, imagenya akan diupload dan diletakkan di URL yahoofs.com. Semua seal baik text maupun gambar akan diubah menjadi format gif. Contoh URL seal:

https://a323.yahoofs.com/login/f2509e9b428b3bd6bcf1216a0b274e3e/72612323559882h6u81l4n8f73.gif?lowLEdJBQiTA08EX

Url tersebut menghasilkan halaman login seperti ini:




May be for security reason, setelah login berhasil kita tidak bisa lagi membuka gambar seal dengan URL yahoofs.com di atas karena akan diredirect ke URL yang tidak eksis ini:

http://lovrf.yahoo.com/login/f2509e9b428b3bd6bcf1216a0b274e3e/72612323559882h6u81l4n8f73.gif

"Gambar seal disimpan di server yahoo, bukan di komputer pengguna. Di komputer pengguna cuma menyimpan cookie untuk mengambil gambar seal di server"

Perhatikan bahwa URL tersebut dibungkus dalam https. Ini penting mengingat seal harus dijaga kerahasiaan. Sebab bila seal diketahui orang lain, maka dia bisa melancarkan phishing attack dengan membuat fake login page yang mengandung gambar seal kita. Karena halaman loginnya mengandung segel kita, maka kita akan tertipu dan meyakini bahwa itu halaman login yang asli.

Stealing Seal

"Saya sudah mencoba mengkopi file dataCache.sol ke PC lain, hasilnya adalah gambar seal saya muncul di PC itu"

Untuk bisa sukses menipu korban attacker harus membuat fake login page yang semirip mungkin. Dengan adanya seal pada halaman login ini membuat attacker harus menduplikasi gambar seal ini di halaman fake loginnya. Kunci dari seal adalah pada file dataCache.sol. Untuk mencuri seal korban agar muncul di komputer saya, maka saya harus mengkopi file dataCache.sol ini dan ditaruh pada folder yang benar di komputer saya. Dengan cara ini seal korban akan muncul di komputer saya. Mengkopi file dataCache.sol ini tidak bisa dilakukan melalui web karena dilindungi oleh https. Jadi harus cari cara lain, misalkan dengan open shared folder di windows, ftp atau bug lain yang ada di komputernya.

Menghapus Seal


Karena data cache seal disimpan di cookie dan shared object, maka untuk menghapus seal Yahoo yang harus dilakukan adalah:

1. Menghapus cookie dari browser
2. Menghapus local shared object file (*.SOL) yang ada di C:\Documents and Settings\\Application Data\Macromedia\Flash Player\#SharedObjects\\login.yahoo.com\loginCache.sol

Kesimpulan

Menurut saya sign in seal yahoo sangat membantu dalam membatasi ruang gerak phisher. Dengan adanya seal ini attacker tidak bisa membuat fake login page yang bersifat umum (1 fake login untuk semua calon korban). Attacker harus bekerja ekstra untuk mengetahui seal calon korbannya sebelum bisa membuat fake login page. Melalui sniffing jaringan seal tidak mungkin disniff karena dilindungi oleh https. Jadi sebaiknya anda pakai seal ini, walaupun buka silver bullet solution setidaknya memperkecil kemungkinan serangan phisher untuk mencuri password yahoo anda.

Sumber : ilmuhacking.com

Tips dan trik 10 Bahaya yang Belum Anda Kenal

Anda pikir sistem Anda sudah aman? Salah! Hacker profesional tahu persis bagaimana masuk ke PC walaupun telah diproteksi dengan security-suite. Jika Anda memahami triknya, Anda dapat melindungi diri dari serangan dengan mudah.


1 Security-Suite dengan celah keamanan
***Pasang firewall, virus-scanner, dan anti-spam. Demikian saran keamanan untuk setiap PC Windows. Namun, justru program-program ini juga merupakan undangan bagi mafia Internet. Soalnya, se perti software lain, firewall dan anti-virus juga memiliki bug yang dapat dimanfaatkan saat terhubung ke Internet, misalnya ketika sedang melakukan update.semua data yang ada pada PC yang diserangnya. Perusahaan besar seperti Symantec harus berjuang mengatasi mas lah ini.Beberapa waktu yang lalu,seorang hacker juga menunjukkan kepada CHIP bagaimana ia dapat memanfaatkan sebuah bug dalam ‘Symantec Antivirus Corpo rate Edition’. Dengan mudah ia masuk ke PC yang katanya diproteksi dengan baik.

>>>Penangkal: Di sini kecekatan produsen software keamanan sangat dibutuhkan. Mereka harus cepat bereaksi dan menutup celah yang ada. Online-update security-suite Anda harus selalu aktif. Bila tidak, bug lain yang lebih serius mungkin tidak akan bisa ditangkal lagi. Bug yang ditunjukkan hacker di atas telah disingkirkan oleh Symantec. Namun, ingat selalu: Tidak ada proteksi yang 100% aman.


2 Bahaya printer dalam jaringan perusahaan
***Hacker selalu mencari kelemahan dalam jaringan.Administrator sebaiknya tidak hanya memperkuat proteksi pada server dan firewall, tetapi juga pada client-PC. Satu kelemahan yang seringkali terlewatkan adalah printer jaringan. Pada dasarnya, printer juga merupakan server. Artinya, setting printer dapat dimanipulasi bahkan kontrol atas printer dapat diambilalih sepenuhnya.

Beberapa tahun lalu seorang hacker dari kelompok Phenoelit telah mempublikasikan informasi dan tool untuk memanipulasi printer HP. Tahun ini, seorang hacker lainnya menunjukkan bagaimana
'menanam' hacker-tool ke dalam print server. Printer yang telah dimanipulasi dapat mengirimkan info sensitif seperti data account, slip gaji, dan password setiap kali korban mencetak data-data ini.

>>>Penangkal: Langkah antisipasinya sederhana. Gunakan password yang kuat untuk console konfigurasi printer dan berikan hak akses terbatas pada user. Perhatikan juga perangkat lain yang terhubung langsung ke jaringan. Webcam, wireless-router, media-player, dan perangkat lainnya juga merupakan sasaran para hacker.


3 USB-flashdisk mengambilalih setiap PC
***Setiap pakar keamanan pasti tahu,jika hacker sudah berada di depan PC, proteksi terbaik pun tidak lagi berguna. Oleh karena itu, terminal terbuka seperti PC di toko buku atau supermarket selalu diblokir. Hanya keyboard, mouse, dan monitor yang dapat diakses dari luar. Namun, itu sudah cukup bagi hacker untuk bekerja. Celah keamanan selalu membuat jantung hacker berdetak lebih kencang. Dalam setiap software, termasuk Windows, tersedia banyak kombinasi tombol yang tidak didokumentasi. Contohnya adalah kombinasi untuk membuka jendela ‘Run’ dalam Windows. Celah yang lebih berbahaya adalah bug buffer overflow dalam driver Plug & Play.

Dalam pameran hacker DefCon di Las Vegas, CHIP memberikan sebuah laptop untuk diserang. Demo hanya berlangsung beberapa detik. Hacker menyambungkan sebuah perangkat USB buatan sendiri ke laptop CHIP. Sebuah LED menyala sejenak dan Windows pun menampilkan bluescreen. Itu memang hanya ‘Proof-of- Concept’ , tetapi jika dikembangkan dapat enjadi pintu masuk trojan.

>>>Penangkal: Proteksi paling efektif adalah mematikan atau menutup port-port yang tidak digunakan. Software seperti ‘Device Wall’ dari Centennial Software dapat digunakan untuk mengawasi USB- port. Namun, sebaik apa efeknya menghadapi serangan semacam itu masih harus dibuktikan dalam praktek. Jika hacker dapat mengakses keyboard sebentar saja, cara-cara ini menjadi tidak berguna. Hanya proteksi fisik jalan keluarnya.

4 Persembunyian hacker di hard disk Anda
***Slackspace (ruang kosong dalam sistem file) adalah tempat yang jarang digunakan pada hard disk. Bila sebuah file tidak menggunakan seluruh cluster, beberapa bytes akan tersisa sebagai ruang kosong. Hacker biasa menempatkan data di sana untuk digunakan kemudian. File-file yang disimpan memang tidak bisa dijalankan, tetapi itu adalah tempat yang sempurna untuk menyimpan password, protokol keylogger, dan screenshots curian.

Dengan tool bernama ‘Slacker’ dan sebuah disk-editor, CHIP menguji penggunaan slackspace. Pertama, CHIP menyimpan sebuah file teks tanpa proteksi ke dalam slackspace. Kemudian, dengan disk-editor CHIP mengakses hard disk secara langsung. Terlihat bahwa pada slackspace yang besar terdapat fragmen-Sistem operasi menyimpan file dalam unit-unit cluster. Bila sebuah file tidak menggunakan seluruh cluster, kapasitas yang tidak digunakan disebut ‘slackspace’ dan sering dimanfaatkan oleh hacker untuk menyimpan data.Cluster Block File Slackspace fragmen (potongan) file. Dengan parameter lain pada Slacker, CHIP dapat mengambil kembali file secara utuh dari slackspace.

Secara teoritis, kita juga dapat menyimpan data sendiri dalam slackspace. Namun, penyimpanan ini tidak aman. Data bisa hilang dengan mudah. Jika file yang memiliki slackspace dihapus, lalu sebuah file lain yang lebih besar ditulis di sana, data dalam slackspace akan tertimpa.

>>>Penangkal: Bila data yang tersimpan dienkripsi, kita akan sulit melacaknya. Untungnya, setiap saat data ini dapat tertimpa atau rusak. Proses defragmentasi juga dapat menangkal keberadaan slack- space secara efektif. Jika Anda dapat menangkal akses hacker ke PC, data tersembunyi ini juga hanya akan menjadi sampah data yang tidak berbahaya, kecuali jika hacker telah menyiapkan backdoor

5 Foto digital mengungkap identitas pengambilnya
***Tidak hanya peluru yang dapat mengungkap penembaknya. Foto sebuah digicam juga dapat memberi petunjuk mengenai orang yang menjepretnya. Seperti halnya ketidakteraturan jalur pistol yang meninggalkan jejak pada peluru, foto digital juga dapat mengungkap digicam yang digunakan. Jejak ini berasal dari CCD yang menjadi sensor foto digicam Karena tidak semua pixel identik dan beberapa di antaranya mungkin juga rusak, setiap digicam dapat meninggalkan ‘sidik jari’ pola CCD. Jessica Fridrich, Professor di Universitas Binghamton, telah mengembangkan sebuah program un- tuk membuktikan pola ini.

Awalnya,Fridrich berupaya untuk membuktikan pemalsuan dalam foto digital. Namun, dengan adanya teknik ini, para pelaku di perusahaan yang melakukan blogging juga ikut mendapat kesulitan. Jika sebuah foto ditampilkan secara online, ia dapat dibandingkan dengan foto-foto lain. Dari sini dapat diketahui apa kameranya dan siapa fotografernya. Privasi pibadi dan perusahaan pun hilang.

>>>Penangkal: Ubah foto dengan Unsharp-filter. Dengan demikian, info yang dibutuhkan untuk algoritma identifikasi akan hilang. Info ini juga bisa hilang jika galeri foto online dapat memperkecil foto secara otomatis. Namun, jangan dulu merasa gembira karena proyek penelitian lainnya sedang berupaya menemukan cara untuk mendapatkan info yang ‘hilang’

6 si-isi website
***Mereka yang ingin menghindari spammer dan sejenisnya pasti sudah terbiasa menggunakan proxy. Banyak tool yang dapat mencari proxy terbuka di Internet, misalnya Steganos Internet Anonym 2006. Melalui proxy yang ditemukannya demikian janjinya pengguna dapat berselancar secara anonim dan aman.Satu hal yang tidak banyak diketahui orang. Hacker yang kreatif malah memanfaatkan tool semacam ini dan menyediakan proxy untuk umum. Pengguna yang tidak tahu dan menggunakan proxy tersebut langsung masuk ke dalam perangkap. Melalui proxy semacam itu, hacker tidak hanya mendapat info mengenai website yang dikunjungi. Hacker-proxy juga dapat memanipulasi website dan memasang perangkap keamanan.

Bila hacker mencari nafkah melalui iklan, Anda masih beruntung karena hanya banner iklan asli yang diganti oleh hacker. Lain halnya jika hacker menyusupkan modul script atau ActiveX. Dengannya, setiap website yang Anda kunjungi dapat saja disadap dengan keylogger yang merekam password dirinya untuk dimanfaatkan atau kode untuk merekam pass- word yang diketikkan ke dalam sebuah file log.

>>>Penangkal: Cara terbaik adalah menghindari penggunaan proxy yang tidak dikenal.‘Stega- nos Internet Anonyn VPN’ mi- salnya,menggunakanserversen-diri yang lebih aman. Alternatif yang lebih baik dan gratis adalah dengan anonymizer seperti TOR atau JAP.

7 Memecahkan enkripsi WLAN dengan cepat
***prOxy-fuN Blocker iklan Privoxy menunjukkan apa sa ja yang mungkin dilakukan. Filter Privoxy dapat mengganti semua kata CHIP menjadi PIHC.
‘Superman’, ‘Bambi’, atau nama pacarnya sebagai password. Dengan serangan brute-force, hacker dapat memecahkan password semacam itu secepat menembusnya,CHIP sendiri membuktikan betapa mudahnya manipulasi web itu dilakukan, bahkan dengan software yang bukan hacker-tool.

CHIP menginstalasi Privoxy, sebuah proxy fleksibel anti-iklan. Dalam file kon- figurasi default ditunjukkan apa saja yang mungkin dilakukan. Seperti yang ditun- jukkan dalam gambar di samping, CHIP mengganti kata ‘CHIP’ menjadi ‘PIHC’. Dengan perintah yang tepat, kode hac- ker dapat menyusupkan kode JavaScript ke sebuah website. Ia dapat menyisipkan kode agar membelokkan cookie kepada
Enkripsi WLAN yang lama (WEP) dapat dipecahkan pemula dengan tool khusus dalam beberapa detik. Oleh karena itu, sekarang ini setiap perangkat baru dilengkapi dengan ‘WPA’ atau ‘WPA2’. Namun, enkripsi yang katanya lebih aman ini juga dapat dipecahkan oleh hacker dengan cepat. Di sini penyebabnya adalah user itu sendiri.
WPA mengijinkan penggunaan kata- kata sebagai password. Banyak pengguna yang memilih kata-kata umum seperti
kunci WEP. Kelompok ‘Church of WiFi’ bahkan telah membangun sebuah komputer khusus dengan biaya ribuan dollar yang tugasnya memecahkan password lemah semacam itu.

>>>Penangkal: Sedapat mungkin gunakan kunci WPA yang rumit. Jangan menggunakan kata-kata umum yang dapat ditemukan dalam kamus. Gunakan setidaknya 8 karakter campuran dari huruf, angka, dan tanda khusus.

8 MMS berbahaya menginfeksi smartphone
***Cara Hacker Melumpuhkan Saluran Internet Hacker membombardir server DNS dengan paket pertanyaan dengan menggunakan alamat korban. Selanjutnya, server membalas dengan paket jawaban yang berukuran jauh lebih besar ke alamat korban. Akibat beban data, saluran Internet yang digunakan korban akan tersumbat dan server pun crash.

Ponsel modern dan smartphone semakin lama semakin canggih. Oleh karena itu, komputer mini ini pun semakin sering menjadi sasaran hacker. Sistem operasi seperti Symbian dan Windows Mobile tidak hanya dapat menjalankan tool praktis. Trojan juga dapat berfungsi di sana. Pengguna tidak perlu mendownload dan menginstalasi program atau di-serang melalui koneksi bluetooth. Sebuah MMS yang terinfeksi sudah cukup untuk mengambilalih ponsel.

Sebuah proof-of-concept tanpa kode program berbahaya sudah dibuat. Penemu backdoor, Collin Mulliner, mendemonstrasikannya dengan MMS yang membuat ponsel memberikan laporan ‘You are owned’. Saat ini, serangannya baru dibuat untuk Windows Mobile. Sistem operasi lainnya segera menyusul.

>>>Penangkal: Tidak banyak pilihan untuk mencegah celah MMS ini. Sebaiknya Anda selalu memiliki firmware ponsel terbaru. Banyak produsen ponsel yang menyediakan update firmware untuk me- nutup celah bluetooth yang kritis. Cari informasi mengenai hal itu di website produsen. Update firmware biasanya da- pat dilakukan di toko ponsel. Saat ini juga sudah tersedia virus-scanner dan firewall untuk Windows Mobile.

9 Peselancar Internet anonim disingkirkan
***‘Traffic Analysis’ adalah hal yang ditakuti serius dilancarkan, penangkalnya juga sudah ditemukan.
10 Domain-Server yang melumpuhkan Internet
Ada celah keamanan yang tidak pernah ditutup meskipun sudah banyak PC yang menjadi korban, yaitu layanan Domain Name Service (DNS). Sebuah PC bertanya ke DNS server: "Berapa alamat IP dari na- ma domain ini?" Server kemudian mengi- rim jawaban berupa paket DNS.

Selain informasi mengenai pasangan alamat IP dan nama domainnya, paket DNS juga berisi kolom komentar. Dalam kolom komentar ini tersimpan banyak in- formasi seputar DNS yang diminta. De- ngan kata lain, server DNS mengirimkan paket jawaban yang ukurannya 100 kali lebih besar daripada paket pertanyaan CONteNt yaNg kritis peselancar anonim. Selama ini, layanan Dalam ‘Blue Bag’, hacker menyembunyikan PC dan bluetooth untuk meng- akses hp tanpa diketahui. seperti TOR atau JAP dianggap aman dan anonim. Pada kedua jaringan yang paling digemari tersebut, paket dienkripsi de- ngan kuat dan dipecah-pecah sehingga pelacakan balik akan sangat sulit.

Sebuah diskusi di pameran hacker DefCon telah menyiratkan adanya bahaya. Algoritma yang sedang dikembangkan di Universitas Texas dapat menem kan durasi dan ukuran asal data dari time-stamp paket yang terkirim.

>>>Penangkal: Anda tidak perlu terlalu khawatir karena bahaya di atas masih dalam taraf wacana. Hacker dan pengem- bang TOR berharap ketika serangan yang Melalui jaringan bot komputer,hacker mengirimkan jutaan pertanyaan dengan memalsukan alamat korban keserver DNS,Servermenjawab dengan jutaan paket berukuran besar. Akibatnya, saluran iternet korban akan crash karena terlalu banyaknya beban.Di sini, korban tidak bisaberbuat apa-apa. Aksi penangkalan dilakukan oleh server DNS,saat ini belum ada trik untuk serangan bombardir semacam ini.


1ST THINK IS HEART


"CHIP MAGAZINE"

Daftar webproxy gratisan dan Ip proxy gratisan

Hai, para phreaker … berikut ini adalah Http webproxy yang tentunya bisa di pakai dengan gratis dan langsung Maknyus :

http://www.your-proxy.com/
http://75i.net/
http://anonymouse.org/anonwww.html
http://www.antiwebfilter.com/
http://www.backfox.com/
http://www2.bbscience.org/cgi-bin/nph-proxy.cgi
http://www.boredatschool.net/
http://www.browseatschool.net/
http://bypassbrowser.com/
http://www.bypassit.net/go.php
http://www.cecid.com/
http://www.clickcop.com/clickcop.cgi/
http://www.cleverproxy.com/
http://concealme.com/nph-proxy.pl/
http://www.darkproxy.com/
http://www.daveproxy.co.uk/
http://www.dejacey.com/
http://www.desireproxy.com/
http://directproxy.com/
http://www.dtunnel.com/
http://www.dzzt.com/
http://www.famous5.net/
http://flyproxy.com/nph-proxy.pl/
http://www.free-proxy.info/
http://www.freeproxyserver.net/
http://www.fsurf.com/
http://www.ghostclick.com/proxy.cgi/
http://www.gouc.fr/cgi-bin/nph-proxy.cgi
http://www.hideandgosurf.com/
http://hideyour.info/
http://hujiko.com/
http://www.iamnewguy.com/
http://www.idoxy.com/
http://www.ipbounce.com/
http://www.ipbouncer.be/
http://ipzap.com/ipzap.cgi/
http://www.letmeby.com/
http://www.linfoxdomain.com/proxy/
http://www.modernproxy.com/
http://proxy.mrproxy.com/
http://mfp.hostwindsor.com/nph-index.cgi
http://www.neoproxy.net/
http://www.netsack.net/
http://www.newproxy.be/
http://www.ninjaproxy.com/cgiproxy/nph-proxy.pl
http://proxy.peoplesproxy.com/
http://www.perfectshelter.com/
http://www.phproxy.org/proxy.php
http://poxy.us.to/
http://www.primeproxy.com/
http://www.pr0xy.org/
http://www.proxy121.com/
http://www.proxy77.com/
http://www.proxyanon.com/
http://www.proxycraze.com/
http://www.proxydrop.net/
http://www.proxygasp.com/
http://proxyhero.com/
http://www.proxylord.com/proxy.php
http://www.proxymod.com/
http://proxymouse.com/nph-proxy.cgi/
http://www.proxyprince.com/
http://www.proxysnow.com/
http://www.proxyspy.com/
http://www.proxysurf.org/
http://www.proxytastic.com/
http://www.proxyz.be/
http://www.prxxy.com/
http://www.proxyz.be/
http://www.psurf.net/
http://www.pureprivacy.com/
http://www.radio-farda.com/
http://www.safeforwork.net/
http://www.safehazard.com/
http://safesurfer.biz/index.php
http://www.gamecrib.net/ebypass/
http://www.virtual-browser.com/
http://www.vpntunnel.net/
http://worldwideproxy.com/
http://www.your-proxy.com/

Dan Yan lainnya ini adalah alamat Https webproxy yang bisa dipakai gretz untuk slah satu opsel di Indonesia, Ini dia alamat nya:


webproxy.kaxy.com
www.proxyweb.net
proxy.org
www.xroxy.com

Dan ga ketinggalan juga kita sertakan disini IP proxy yg juga bisa di pakai secara gratis dan last chek nya tgl. 08 Juni 2008 :

203.178.133.3:3127 > punya Negara si Hand of God, Diego Maradona, Argentina
58.71.68.41:3128 > punya negara Abu Sayyaf, Filipina
80.70.22.129:3128 > Proxy is anonymous!
196.207.15.205:80 > Nigeria punya
89.17.201.175:80 > haiiaya, Hongkong punya
83.211.3.44:80 > Hongkong punya
217.17.253.174:80 > ????? ?? ??? punya, [dot]bh, bahaya, bh, Bahrain punya
193.136.227.163:3124 > punya Universitas Portugal
189.4.230.50:3128 > ini yg gawat, proxy aneh, punya Brazilia
89.148.21.248:80 > Bahrain punya
190.48.155.98:6588 > Argentina punya
203.140.73.89:80 > punya negara pembuat film Zatoichi the Blind Swordsman, Jepang
83.170.113.182:3128 > United Kingdom punya
62.94.10.23:80 > Punya negara si penakluk 1000 wanita, Mr. Cassanova, Italia
203.178.133.11:3128 > wew, punya NATO, basic in Japan, United Kingdom punya
217.9.231.213:80 > Proxy is anonymous!
202.45.119.45:8080 > punya negara Mr. Kevin Rudd, Australia
217.17.238.113:80 > Bahrain punya

Sekarang sobat2 bisa lihat tutorial berikut yang penting dan patut di baca  tentang WebProxy disini


Sumber sahabat : agusmuhidin.wordpress.com

Bahaya penggunaan Web Proxy

Buat anda yang suka make web proxy atau http tunnel, ada baiknya anda pikirkan lagi penggunaannya,
dibawah ini ada artikel yang saya copas tentang bahaya penggunaan web proxy

Karena akses ke youtube, rapidhsare, multilpy diblok, kini banyak yang menyarankan untuk menggunakan http tunneling, contohnya www.vtunnel.com, dan banyak situs2 lainnya.

Dengan menggunakan http tunneling berarti kita melewatkan request dan response http melalui situs yang berfungsi sebagai proxy. Data apa saja yang dilewatkan melalui http request? Bila anda mengisi suatu
form, kemudian mengklik submit, maka setiap field tersebut akan dikirimkan sebagai request GET/POST.

Bayangkan bila anda login ke multiply.com melalui vtunnel.com, kemudian anda mengisi username dan password. Maka data user dan password ini akan dikirimkan ke multiply melalui vtunnel.

Itu baru request, bagaimana dengan response? Informasi yang dikirimkan dalam response bisa sangat beragam, mulai dari text sampai video. Bila anda membuka situs yang berisi data pribadi/keuangan anda, maka informasi tersebut juga akan bisa dibaca oleh situs yang berfungsi sebagai proxy.

Kalau proxy/tunnel yang anda gunakan berniat jahat, dengan mudah dia menyimpan semua informasi yang dikirimkan melalui request dan response yang lalu lalang.

Saya hanya mengingatkan untuk berhati-hati, kita tidak tahu apa yang dilakukan oleh proxy yang kita pakai. Apakah cuma lewat saja atau juga menyimpan dalam log? Apalagi banyak situs2 yang nggak jelas nawarin
service proxy/tunneling secara GRATIS, ditambah embel-embel completely anonymous segala. Kok bisa gratis? Emang ada makan siang gratis? :P

Ada juga anonymous proxy yang sebenarnya adalah honeypot, namanya proxyPot. Cracker biasanya mengandalkan proxy untuk menjadi anonymous, padahal bisa jadi proxy yang dianggap anonymous itu sebenarnya adalah honeypot yang diam-diam mengawasi semua lalu lintas data yang melalui
proxy tersebut.

Sumber : Forum

Pengertian Proxy Server dan Proxy Website

Artikel Tentang Proxy Server dan Proxy Website

Proxy server

Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.
Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien.
Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya.
Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.
Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah “agen keamanan” untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.

Proxy website

Proxy website adalah website untuk mengakses proxy tanpa harus mengganti setting IP proxy pada website anda.
Fungsi dari proxy website ini sendiri adalah solusi untuk anda yang berada di komputer publik yang akses ke internetnya diblokir oleh penyelenggara.
Misal anda berada di kantor atau sekolah… Biasanya di komputer sekolah ataupun kantor, penyelenggara akan memblok situs dengan url xxx atau konten yang berisi huruf xxx (salah satu contoh) dimana huruf xxx yang indetik dengan website porno… sehingga anda tidak dapat membuka website tersebut.
Namun jika ditelusuri.. tidak semua website yang terdapat huruf xxx adalah website porno.
Sehingga diciptakanlah yang namanya wesbite proxy.


Sumber : wikipedia

Tips dan trik Proxy

Tanpa mengabaikan fakta bahwa sudah banyak sekali tutorial mengenai proxy yang telah ditulis, namun tidak ada salahnya jika saya kali ini ingin memberikan cara-cara menggunakan proxy, dengan menggunakan bahasa atau cara saya sendiri. Untuk penjelasan teoritis mengenai proxy anda dapat melihat artikel saya yang dulu di sini.

Oke, kembali ke pembahasan atau pemelajaran proxy. Untuk Mozilla Firefox anda dapat mengedit atau memberikan alamat proxy lewat langkah berikut:

Firefox >> Tools >> Options >> Advance >> Network >> Configure how Firefox connects to the Internet >> Setting >> Manual Proxy Configuration

Atau kalau sudah menginstal addon SwitchProxy Tool yang bisa didownload disini anda tinggal mengeklik tombol toolbar “add” pada toolsbar switchproxynya. Nah dari situ tinggal masukkan alamat proxynya sekaligus portnya. Untuk contoh proxy, saya berikan listnya dibawah ini untuk, yang saya ambil dari http://proxy-list.org/en/index.php :

12.206.64.181:32588
66.176.139.15:50121
200.88.223.99:80
222.122.21.119:80
76.17.4.168:48456
219.185.110.148:8080
203.69.39.250:80
125.246.96.194:3128
64.246.26.165:80
219.105.111.147:8080
222.122.21.122:80
62.75.162.87:3128
122.203.17.130:3128
124.138.138.66:3128
124.138.130.130:3128
140.127.139.248:3128
213.75.36.121:80
163.27.120.249:3128
60.62.108.191:80
80.58.205.61:80
91.121.67.145:8080
122.153.74.130:3128
203.186.125.23:45494
59.45.116.13:32000
195.242.192.18:8080
203.198.78.43:3128
124.138.206.2:3128
203.69.39.251:80

bisa juga ambil proxy terbaru disini. Pilih salah satu ip proxy diatas (bisa juga load semuanya lewat notepade, seperti mengelad id boot, ataupun password list atau username list untuk yahoo messenger, untuk yang sudah menginstal addon switchproxy di firefoxnya). Jika proxy yang saya berikan diatas sudah gak bekerja ganti dengan proxy yang lain atau googling aja. Nah disebelah tanda titik dua itu merupakan alamat portnya dan di depannya merupakan alamat proxy.

Semisal dalam contoh proxy diatas 219.185.110.148:8080, nah 219.185.110.148 merupakan alamat proxynya sedang 8080 merupakan alamat portnya. Proxy dalam contoh diatas merupakan IP proxy yang berasal dari bermacam negara semisal Australia, Korea Selatan dan sebagainya. Ketika anda menggunakan proxy maka IP yang terdeteksi akan merupakan IP yang berasal dari negara tersebut.

Dengan demikian anda dapat menggunakan proxy sebagai sebuah topeng terselubung untuk koneksi anda. Jika anda mendapati situs yang menolak anda masuk atau mengaksesnya dikarenakan anda berasal dari Indonesia (dibaca lewat IP) anda bisa menggunakan proxy untuk mengelabuhi situs tersebut. Anda juga bisa menggunakan proxy ini untuk mengelabuhi rapidshare ketika mendownload sesuatu dari sana.

Ohya untuk tingkat lanjut anda juga bisa menggunakan sock proxy maupun password proxy untuk keperluan seperti ini (terutama untuk proxy yang berbayar atau pribadi). Sekedar info, para hacker juga sangat membutuhkan proxy untuk menutupi dirinya dalam melakukan kegiatan hack supaya tidak diketahui oleh korban atau orang lain.


download proxy checker disini >>

Kadang kala kita tidak mengetahui apakah yang masuk daftar list proxy tersebut bekerja atau tidak nah, disini anda bisa menggunakan software proxy checker untuk mengetahui apakah proxy tersebut bagus atau tidak. Terkadang software cracking juga sudah menyediakan fasilitas proxy checker seperti ini di dalamnya sehingga tanpa harus menggunakan software tersendiri ia sudah dapat mengetahui proxy mana yang bagus atau tidak. Anda juga bisa mengecek proxy secara online lewat situs-situs tertentu (googling aja dengan keyword proxy checkker) akan tetapi ini malah tidak bagus dan memakan waktu yang lama, serta biasanya harus kopi paste proxynya satu persatu.

Saya sarankan gunakan proxy checker saja untuk keperluan cek dan ricke proxy seperti ini. Kelebihan software proxy checker adalah ia bisa mengecek secara terus-menerus proxy kita serta memiliki kecepatan ngeceknya yang (kalau dibandingkan dengan melalui situs proxy checker) tinggi. Saya jamin deh. :D

Ohya, jenis proxy tuh ada beberapa macam, semisal proxy seperti contoh saya diatas, http proxy, ftp proxy, gopher proxy, wais proxy dan lain lain. Ditampilan proxy firefox sudah keliatan kok jenis-jenisnya. Kalau saya salah mohon dikoreksi

Anda juga bisa menggunakan proxy secara mudah dengan menambahkan atau menkopi pastekan url pada situs tertentu. Namun kadangkala hal ini tidak lalu mengubah IP anda, saya beberapa kali coba ip asli saya masih kedeteksi. Saya mencoba cara ini untuk rapidshare download tidak bisa, karena tidak suport ssl encriptionnya. Selain juga koneksinya seringkali malah jadi lambat. Untuk list url http proxy seperti ini, saya ambilkan dari salah satu link o-om.blogspot.com :

http://publicwebproxy.info/index.php?q=[link target]
http://anonymouse.org/cgi-bin/anon-www.cgi/[link target]
http://www.invisiblesurfing.com/surf.php?q=[link target]
http://www.proxyhero.com/index.php?start_using_cgi_proxy=[link target]
http://securebar.secure-tunnel.com/cgi-bin/nph-freebar.cgi/[link target]
http://proxiesrus.com/cgiproxy/nph-proxy.pl/[link target]
http://www.proxygate.de/nph-proxy.cgi/[link target]
http://www.free-web-proxy.info/nph-proxy.pl/[link target]
http://www.roboproxy.com/cgi-bin/nph-robo.cgi/[link target]
http://getaroundfilters.com/nph-proxy.pl/|000100A/http/[link target]
http://proxy.pureprivacy.com/cgi-bin/nph-pureprivacy.plx/[link target]
http://w1.hidemyass.com/index.php?hl=1011000001&q=[link target]
http://www.proxsafe.net/proxy.php?p=79&q=[link target]
http://www.seekproxy.com/index.php?hl[link target]
http://okproxy.net/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://www.provacy.com/phproxy/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://www.workbrowse.com/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://proxybat.com/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://www.proxydoll.com/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://www.modernproxy.com/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://proxy-site.info/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://www.nevercaught.com/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://proxycover.net/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://www.goproxing.com/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://www.gopast.net/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://proxybar.info/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://www.proxyol.com/url/?hl=0011000001&q=[link target]
http://proxy.tl/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://pipeproxy.com/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://etproxy.com/proxy.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://proxyvibe.com/index.php?hl=0011000001&q=[link target]
http://anonymouse.org/anonwww.html
http://www.ninjaproxy.com/
http://www.youhide.com/

Caranya masuk saya ke situs tersebut, kemudian terdapat kolom url ke situs link target atau tujuan, kopipastekan disana, nah selesai deh. Atau anda juga bisa menkopipastekan langsung dengan menambahkan url tujuan atau target dibelakang url http proxy tersebut.

Sedangkan untuk yahoo messenger anda bisa menambahkan proxy lewat menu preferences.

Messenger >> Preferences >> Conection >> Use Proxy

Untuk yahoo proxy listnya bisa disini

Yahoo Proxy List

Dan lakukan hal yang sama dengan yang saya anjurkan diatas. Chat client seperti Yahelite pun menyediakan fasilitas penggunaan proxy untuk koneksitas chatting ke dunia Yahoo Messenger. Keunggulan dan kelemahan proxy pernah saya bahas di artikel saya yang lampau.

Satu hal lagi yang perlu diingat. Untuk bisa menggunakan proxy di Yahoo Messenger, anda harus mengubah proxy yang ada di Internet Explorer karena Yahoo Messenger menggunakan proxy atau ip yang sama mengikuti Internet Explorer bawaan Windows anda. Untuk lebih cepat tanpa repot repot mengubah proxy di YM ataupun IE, anda bisa menggunakan script bat. Caranya silahkan lihat disini.

Sekedar Info
Semoga Bermanfaat

Sumber : haqiqie.wordpress.com

Pengertian Proxy

Proxy dapat dipahami sebagai pihak ketiga yang berdiri ditengah-tengah antara kedua pihak yang saling berhubungan dan berfungsi sebagai perantara, sedemikian sehingga pihak pertama dan pihak kedua tidak secara langsung berhubungan, akan tetapi masing-masing berhubungan dengan perantara, yaitu Proxy.

Sebuah analogi; bila seorang mahasiswa meminjam buku di perpustakaan, kadang si mahasiswa tidak diperbolehkan langsung mencari dan mengambil sendiri buku yang kita inginkan dari rak, tetapi kita meminta buku tersebut kepada petugas, tentu saja dengan memberikan nomor atau kode bukunya, dan kemudian petugas tersebut yang akan mencarikan dan mengambilkan bukunya. Dalam kasus diatas, petugas perpustakaan tersebut telah bertindak sebagai perantara atau Proxy. Petugas tersebut juga bisa memastikan dan menjaga misalnya, agar mahasiswa hanya bisa meminjam buku untuk mahasiswa, dosen boleh meminjam buku semua buku, atau masyarakat umum hanya boleh meminjam buku tertentu.

Mungkin proses tersebut menjadi lebih lama dibandingkan bila kita langsung mencari dan mengambil sendiri buku yang kita inginkan. Namun bila saja setiap kali petugas mencari dan mengambil buku untuk seseorang, si petugas juga membuat beberapa salinan dari buku tersebut sebelum memberikan bukunya kepada orang yang meminta, dan menyimpannya di atas meja pelayanan, maka bila ada orang lain yang meminta buku tertentu, sangat besar kemungkinan buku yang diminta sudah tersedia salinannya diatas meja, dan si petugas tinggal memberikannya langsung. Hasilnya adalah layanan yang lebih cepat dan sekaligus keamanan yang baik.

Analogi diatas menjelaskan konsep dan fungsi dasar dari suatu proxy dalam komunikasi jaringan komputer dan internet. Proxy Server mempunyai 3 fungsi utama, yaitu,

Connection Sharing
Filtering
Caching

Masing masing fungsi akan dijelaskan lebih lanjut dibawah.

Proxy dalam pengertiannya sebagai perantara, bekerja dalam berbagai jenis protokol komunikasi jaringan dan dapat berada pada level-level yang berbeda pada hirarki layer protokol komunikasi jaringan. Suatu perantara dapat saja bekerja pada layer Data-Link, layer Network dan layer Transport, maupun layer Aplikasi dalam hirarki layer komunikasi jaringan menurut OSI. Namun pengertian proxy server sebagian besar adalah untuk menunjuk suatu server yang bekerja sebagai proxy pada layer Aplikasi, meskipun juga akan dibahas mengenai proxy pada level sirkuit.

Dalam suatu jaringan lokal yang terhubung ke jaringan lain atau internet, pengguna tidak langsung berhubungan dengan jaringan luar atau internet, tetapi harus melewati suatu gateway, yang bertindak sebagai batas antara jaringan lokal dan jaringan luar. Gateway ini sangat penting, karena jaringan lokal harus dapat dilindungi dengan baik dari bahaya yang mungkin berasal dari internet, dan hal tersebut akan sulit dilakukan bial tidak ada garis batas yang jelas jaringan lokal dan internet. Gateway juga bertindak sebagai titik dimana sejumlah koneksi dari pengguna lokal akan terhubung kepadanya, dan suatu koneksi ke jaringan luar juga terhubung kepadanya. Dengan demikian, koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama (connection sharing). Dalam hal ini, gateway adalah juga sebagai proxy server, karena menyediakan layanan sebagai perantara antara jaringan lokal dan jaringan luar atau internet.

Disini juga penulis mencatat kesimpulan rangkuman tentang penggunaan dan apa itu proxy??? banyak sekali jawaban tapi inti dari semuanya sama hampir sama oke kita lihat artikelnya dibawah...

Apa itu Proxy ???
Jika IP kamu berada pada jaringan lokal (IP lokal) maka kamu berada pada gerbang (gateway). Dengan demikian kamu tdk bisa langsung koneksi ke jaringan internet. Yang bisa koneksi langsung ke jaringan internet adalah gateway.

Karena jalur koneksinya yg banyak (banyaknya hops yg dilewati maksimal 30 hops/terminal) dan bandwith terbatas, maka gateway dengan bijak membuat content domain sementara agar content yg sama dapat diakses dengan cepat tanpa perlu koneksi ulang ke host yg sama. Inilah yg namanya proxy.

Jika pun kamu berada pada jaringan public, kamu butuh proxy agar koneksi langsung pada host yg sama tdk berulang-ulang. Sehingga akses ke host dituju lebih cepat.


Apa itu Proxy ???
Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.

Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.

Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah "agen keamanan" untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.

Apa itu Proxy ???
Intinya sebagai server perantara, misalnya saat browsing/download proxy server akan mendownload content yang kita inginkan dan kita akan mendownload content tersebut dari proxy server itu ke PC .

Prosesnya gak keliatan tapi biasanya akan ada sedikit delay saat request setelah itu baru lancar .

Terkadang proxy server yang dedicated bisa meningkatkan kecepatan akses internet, sebaliknya yang free akan memperlambat akses internet karena memang tujuannya hanya untuk merahasiakan identitas

Apa itu Proxy ???
Proxy server biasa digunakan untuk mewakili kita dalam mnegakses sebuah server. dengan proxy, yg akan terlihat oleh server adalah IP/indetitas si proxy server.

Dalam aplikasi, Proxy bisa berupa IP, berupa Web Proxy, atau dikemas dalam software.

Apa itu Proxy ??? 

Proxy website adalah website untuk mengakses proxy tanpa harus mengganti setting IP proxy pada website anda. Contoh dari proxy website ini adalah http://www.youproxy.org. Fungsi dari proxy website ini sendiri adalah solusi untuk anda yang berada di komputer publik yang akses ke internetnya diblokir oleh penyelenggara.

Misal anda berada di kantor atau sekolah... Biasanya di komputer sekolah ataupun kantor, penyelenggara akan memblok situs dengan url xxx atau konten yang berisi huruf xxx (salah satu contoh) dimana huruf xxx yang indetik dengan website porno... sehingga anda tidak dapat membuka website tersebut

Namun jika ditelusuri.. tidak semua website yang terdapat huruf xxx adalah website porno. Sehingga diciptakanlah yang namanya wesbite proxy. Untuk mencobanya kunjungi http://www.youproxy.org dan masih banyak sekali website proxy yang Gratis yang tersedia di internet.contoh nya www.hidemyass.com....situs ne sering saya buka krna stiap saya menggunakannya...saya merasa bebas banget...pha lagi servernya g' bsa mendeteksi....

Apa itu Proxy ???
Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.

Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.

Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah "agen keamanan" untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.

sekarang sobat2 sudah jelakan
semoga bermanfaat...