Rss / Atom feed ?

Ada jutaan pengguna internet, tapi hanya sebagian kecil yang mengetahui dan memanfaatkan Rss/atom feed. Di bawah ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Rss/atom feed berikut manfaatnya baik bagi Pengguna Internet maupun bagi Blogger.

RSS (Rich Site Summary) bisa dikatakan sebagai ringkasan isi blog/situs, atau bisa juga dibilang sebagai bentuk lain yang lebih sederhana dari sebuah Blog/Situs.

Manfaat Rss/Feed bagi pengguna internet

Manfaat subscribe rss feed bagi pengguna internet adalah dengan men-subscribe rss feed, pengguna bisa mengoleksi serta mengikuti update content (isi blog/situs) yang di-subscribe melalui situs-situs rss reader seperti http://Google.com/Reader , http://My.Yahoo.com , http://Bloglines.com , http://Netvibes.com , dsb.

Di Indonesia, subscribe rss feed mungkin merupakan hal baru, akan tetapi di luar negeri subscribe rss feed dianggap cara yang praktis dan efisien untuk mengikuti update news dan artikel beberapa situs penting sekaligus.

Situs untuk menyimpan atau mengoleksi rss feed antara lain;

* Google
* My.Yahoo
* Bloglines
* Netvibes
* dsb (silahkan klik tombol subscribe utk melihat macam-macam situs reader)

Bagaimana cara mengoleksi Rss feed
Bila anda ingin mengikuti dan tidak ingin ketinggalan berita (news) atau update suatu blog/situs, ada dua cara yang bisa anda lakukan

  1. Cari dan klik subscribe button pada blog/situs favorite anda - klik icon situs reader - login situs reader (bila belum login) - atur/manage - selesai.
  2. Login situs feed reader - masukkan url/feed situs-blog yang anda suka - atur/manage - selesai

Subscribe
Setelah subscribe, sekarang anda bisa mengetahui update terbaru situs-situs favorite anda melalui situs feed reader, Selamat mencoba !!

Manfaat Rss/atom feed bagi Webmaster/blogger
Manfaat Rss/atom feed bagi webmaster dan Blogger adalah selain bisa dipakai sebagai Sitemap, Rss feed juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan semacam pelanggan tetap blog, sehingga diharapkan, bila visitor men-subscribe rss feed kita, pada lain kesempatan, bila mereka membaca update post kita melalui feed reader, mereka akan tertarik pula untuk membaca artikel lengkap feed tersebut dan berkunjung kembali ke blog kita. Semakin banyak subscriber, semakin besar peluang blog dikunjungi kembali.

Situs untuk membuat rss/atom feed

Umumnya para blogger membuat feed di http://feedburner.com. Sedangkan untuk widgetnya, saya sarankan di http://addthis.com

Bagaimana supaya disubscribe pengguna internet?

* Yang pasti content blog anda harus bermanfaat, berkualitas, dan update.
* Pasang button/widget Subscribe ditempat yang mudah terlihat.
* Tidak semua visitor mengerti fungsi button subscribe, jadi jelaskan secara

singkat manfaatnya supaya mereka tertarik mencoba.