Definisi dari MTU

Disini Penulis ingin share tengan MTU walaupun dah Basi penulis akan share ke sobat yang pertama definisi
"MTU adalah batasan data maksimum yang dapat dibawa dalam sebuah frame pada lapisan Network Interface dari pemodelan TCP/IP. Layer Network Interface tidak didesain untuk menerima atau mengirim frame yang memuat data lebih dari yang ditetapkan MTU. Sehingga sebuah IP datagram harus lebih kecil atau sama besarnya dengan MTU atau dia tidak bisa di enkapsulasi untuk pengiriman" (Comer, 2001)

selain itu, ada lagi tentang fragmentasi... tinjauan pustakanya begini:

"Agar protokol IP independen dari jaringan fisik (physical network) atau network interface pada pemodelan TCP/IP, proses pemaketan membuat panjang maksimum IP datagram sama dengan MTU yang terpanjang (65.536 byte). Untuk jaringan fisik yang lebih kecil, maka datagram harus dibagi sehingga dapat melewati jaringan. Hal ini disebut fragmentasi (Forouzan, 2003)
Untuk jaringan Ethernet, besarnya MTU adalah 1.500 byte."

nah, pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana sebuah data dikirimkan, misalkan dari satu komputer menuju komputer lain melalui beberapa router.
Bagaimana pemaketanannya? Siapa yang nanti memecah data? berapa data maksimum dalam tiap segmen/paket/frame? bagaimana headernya? bagaimana saat melewati jaringan yang menggunakan teknologi yang berbeda?
dah baca beberapa buku ya.. hehe...

awalnya, dengan melihat definisi dari MTU di atas, chan mengambil kesimpulan, pemecahan data dari komputer source/asal terjadi di lapisan IP... tapi kemudian permasalahannya adalah, lapisan IP tidak menjamin reliabilitas, atau sifat dari IP itu connectionless (cmiiw).. so artinya kalau IP yang memecah paket, maka paket yang terpecah itu nantinya tidak bisa dirangkai kembali, karena IP tidak memiliki mekanisme itu. Maka kemungkinan yang melakukan pemecahan paket itu TCP (layer transport)
Namun, bagaimana dengan definisi dari fragmentasi di atas?
hm... yang dimaksud di sana apabila router harus melewatkan paket dari jaringan-jaringan yang memiliki MTU berbeda, itulah mengapa ada fragmentasi. Sedangkan untuk data awal, apabila ukurannya lebih dari pada MTU pada jaringan asalnya, maka akan dipecah oleh layer transport sesuai MTUnya

Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat yang membacanya