Pengertian dari SEO

Search Engine Optimization atau yang lebih familiar disebut SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu.(Wikipedia.org)

SEO itu sendiri apabila di Indonesiakan menjadi Optimasi mesin pencari. Kenapa harus dioptimalkan? Wah, pertanyaan pancingan nih... Kalau kamu memiliki sebuah blog, tentu kamu ingin agar blog tersebut dikenal orang. Kemudian orang suka dengan blog kamu dan orang akan rindu dengan ulasan-ulasannya. Ini merupakan jalan pembuka yang mengarahkan kamu ke SEO. Ibarat dalam suatu koloni pasar, "kamu adalah penjual". Seorang penjual sudah barang tentu membutuhkan pembeli dan pembeli akan datang jika ia kenal "apa yang kamu jual". Apabila jualan kamu enak dipandang, dicium, dirasa, serta ditawarkan dengan harga yang kompetitif (bersaing), langkah selanjutnya pembeli akan suka dan ikhlas menjadi langganan kamu. Kabarnya tidak hanya sampai di situ. Ia akan mempromosikan jualan kamu kepada pembeli lain, sehingga pembeli yang lain itu akan mengikuti langkah pembeli awalnya. Begitu seterusnya sampai terbentuk menyerupai jaring laba-laba (spider). Kamu pun tidak lupa untuk menambah dan meningkatkan cita rasa yang berkesesuaian dengan jualan kamu. Seandainya mereka semua sudah suka dengan jualan kamu, coba bayangkan jika kamu tidak nongol 2 atau 3 hari?

Illustrasi di atas merupakan gambaran yang jelas mengenai betapa pentingnya sebuah SEO. Secara alami sebuah blog memiliki hak yang sama untuk di deteksi oleh search engine atau mesin pencari, namun blog juga harus tahu kewajibannya untuk memberikan layanan (service) yang baik ke search engine. Jangan mentang-mentang haknya terpenuhi lalu mengisi bermacam-macam keyword yang tidak sesuai dengan konten di dalamnya. Kalau si search engine marah, minimal blog kamu kena "warning" bahkan kalau saking parahnya bisa-bisa sampai dibanned atau dibekukan lho. Wah...amit-amit.

Berdasarkan uraian diatas kita dapat mengambil benang merahnya, bahwa SEO blog merupakan cara-cara agar blog terdeteksi dan menempati peringkat teratas dalam daftar pencarian oleh mesin pencari yang bertujuan untuk meningkatkan trafik ke blog itu sendiri. Semakin tinggi trafik, maka akan semakin besar pula peluang ranking yang didapat oleh blog kamu. Sedangkan peringkat dalam daftar pencarian didasarkan kepada kesesuaian antara title (judul), keyword (kata kunci), dan konten (isi) blog.

Semoga Bermanfaat.