Minggu, 20 September 2009

Tips dan trik membuat tag yang optimal?

TAG merupakan sebuah fasilitas di Multiply.com yang amat bermanfaat. Ia bisa berfungsi sebagai rubrikasi atau kategorisasi. Jadi, kita bisa mengelompokkan jurnal kita berdasarkan sifatnya, temanya, dan sebagainya.


Sayangnya, saya melihat banyak teman yang belum memanfaatkan TAG secara optimial. Ada yang hampir tidak pernah menggunakan tag. Ada pula yang rajin menggunakan tag, tapi caranya masih belum optimal.


Bagaimana cara membuat tag yang optimal? Ini berhubungan dengan fungsi TAG itu sendiri. Oleh si pembuatnya, TAG tentu difungsikan agar jurnal-jurnal kita gampang ditemukan oleh orang lain.


Misalnya begini:

Ada netter yang hendak mencari tulisan saya yang berhubungan dengan internet atau ilmu seputar penulisan. Maka, mereka dapat mencarinya pada tag "internet_penulisan".


Pembuatan TAG yang tidak optimal adalah jika TAG yang dibuat justru membuat bingung, atau cara penulisannya yang kurang tepat.


Sekadar info, TAG apapun yang kita tulis, ini akan menjadi sebuah alamat URL (atau alamat link).


Misalnya ketika saya membuat tag "internet_penulisan", maka ia akan menjadi alamat URL


Kenapa saya pakai tanda underscore ( _ ) ???

Kenapa bukan pakai tanda spasi saja? Misalnya: "kiat penulisan" ???


Sebabnya:

Alamat URL pada umumnya tidak mengenal spasi. Kalau ada unsur spasi di dalam sebuah alamat URL, maka oleh browser.. spasi itu akan diubah menjadi karakter %20.


Ini akan cukup mengganggu tampilan.


Karena itu, jika anda hendak membuat tag yang terdiri dari lebih satu kata, lebih baik gunakan tanda _ (underscore) atau strip ( - ). Misalnya: kiat-penulisan. Ini akan lebih aman.


Selain itu, TAG sebaiknya diberi nama yang benar-benar mencerminkan isi jurnal kita. Tentu saja, ini akan membuat para pembaca mudah dalam menemukannya.


Tulisan yang diberi tag "curhat" misalnya, akan membuat tulisan tersebut sulit ditemukan. Sebab, istilah "curhat" masih terlalu umum. Kalau jumlah curhat kita masih sedikit, tidak masalah. Bagaimana kalau jumlahnya sudah banyak? Pembaca akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencari.


Tentu beda jika kita membuat TAG yang lebih spesifik. Misalnya "curhat_kantor". Pembaca tentu bisa menebak, bahwa isinya adalah curhat seputar pengalaman di kantor. Atau "curhat_keluarga", mungkin berisi tulisan-tulisan seputar masalah-masalah di keluarga si blogger.


* * *


Hal yang tak kalah penting: Janganlah terlalu boros dalam membuat TAG. Sebisa mungkin, gunakan TAG yang sudah ada. Anggap saja TAG itu sebagai rubrikasi sebuah majalah. Jadi setiap kali membuat tulisan, coba pikirkan, "Tulisan ini cocoknya masuk ke TAG apa ya?"


Tapi jika memang tak ada TAG yang cocok, barulah buat TAG baru.

Jadi, setiap kali kita membuat TAG baru, usahakanlah untuk mencari tulisan-tulisan lama kita, yang mungkin cocok dengan TAG tersebut. Jika ketemu, editlah, dan tambahkan TAG-nya.


Tips dan trik diatas mungkin bisa diterapkan untuk sobat2 yang suka nge-blog

Semoga bermanfaat