Tips untuk membersihkan Karburator motor

Karburator Kotor, Motor Ngadat

Motor ngadat , susah dihidupkan. Buat orang awam pasti berpikir ada yang tidak beres pada mesin. Ini belum tentu benar. Bisa saja, biang keroknya dari karburator yang tesumbat debu atau kotoran hingga bahan bakar tidak mengalir sebagaimana mestinya.



"Sesuai investigasi, penyakit yang terjadi pada motor saat ini lebih banyak dari karburator," ungkap Bayu, 'dokter mesin' mesin dari PT.Yamaha Kencana Motor Indonesia (YKMI) saat di temui disela-sela pameran Jakarta Motor show (JMS) kemarin.

Karburator tidak bekerja secara baik, karena tidak sedikit pemilik motor yang menganggap sepele. Mereka sangat jarang membersihkan komponen tersebut. Pemilik motor baru sadar, setelah motornya sukar sekali dihidupkan. Untuk menghindari persoalan seperti ini. Ada beberapa trik yang harus dilakukan pemilik motor.

Usahakanlah membeli bahan bakar di pom bensin resmi, meski jaraknya agak jauh dari rumah.



Sebab tidak sedikit pemilik motor yang tertarik membeli bahan bakar dalam botol yang dijual pedagang eceran yang ada dengan lokasi rumahnya. Tanpa disadari, penggunaan bahan bakar yang diperolah dari pedagang eceran tersebut bakal menimbulkan masalah. Kerap kali bahan bakar tersebut sudah dioplos dan tidak murni lagi. Apalagi botol tersebut tidak bersih. Debu atau kotoran yang ada di botol tersebut masuk ke dalam tangki motor, yang kemudian mengalir ke karburator. Debu dan atau kotoran tersebut akhirnya menyumbat lubang karburator.



Akibatnya, bahan bakar tidak mengalir, sehingga tidak ada pengapian, motor pun jadi sulit dihidupkan. Jadi debu atau kotoran tersebut harus dibuang. Namun sebelum membersihkan karburator, ada baiknya menguras pula tangki motor serta fuel cock (kunci tangki) agar karat yang ada di dalam tangki terbuang. Kemudian bersihkan karburator, Bukalah semua mur yang ada. Bersihkan debu atau kotoran yang menempel di dalam karburator dengan bensin. setelah bersih, tiuplah lubang agar tidak ada debu atau kotoran yang tertinggal.



Membersihkan Busi

Jangan lupa, bersihkan busi, terutama kotoran yang menempel diantara jarum dan kepala serta di perut busi. Lakukan perawatan seperti ini sesering mungkin. Kalau semua ini dilakukan semua jeroan mesin akan bekerja optimal dan hasil pembakaran mesin pun akan bagus kembali. Motor pun akan tokcer saat di hidupkan.