Asal usul // Sebelum Nama Domain WWW



Baru terbayang dipikiran saya setelah membaca artikel dari Okezone Techno, artikel tersebut tentang penggunaan tanda // (double slash) sebelum nama domain. Pikiran saya yang muncul, “Hmmm iya juga yah.. buat apa tanda itu dibuat sebelum nama domain, kenapa ga langsung setelah protokol langsung ke domain..” (kukur2 rambut)

Setelah membaca artikel tersebut, ternyata Sir Tim Berners Lee menciptakan tanda tersebut dalam penulisan alamat web adalah sebuah kekhilafan. Menurut beliau, tanda itu sama sekali tidak penting karena tidak memiliki arti sama sekali dalam pengkodean nama situs.

Sir Tim mengaku tidak pernah membayangkan betapa karakter tersebut sebenarnya sangat mengganggu belakangan ini. Baik dari segi penulisan, pengucapan maupun pencetakkannya. Banyak yang mengucapkan tanda // sebagai ‘backslash backslash’, ‘double slash‘, atau ‘forward slash‘. Bahkan untuk memeragakannya dengan tangan.

Hmmmm Sir Tim sampai-sampai memikirkan berapa banyak tinta dan ruang dalam kertas yang habis sia-sia hanya untuk mencetak dua karakter yang tidak penting itu.

Dan yang paling penting, kekhilafan tersebut tidak bisa dibandingkan dengan jasa Sir Tim dalam penciptaan www. Itu hanya merupakan kesalahan kecil. Coba aja bayangin kalo www dipatenkan dan tidak boleh dipakai oleh orang lain? mungkin dunia blogosphere tidak pernah ada..
Betul tidak?