Kurt cobain - About a son

Nirvana adalah sebuah band asal Seattle, Amerika Serikat yang terkenal dengan aliran grunge-nya. Band ini didirikan oleh Kurt Cobain (vokalis dan gitaris) bersama dengan sohib kentalnya Krist Novoselic (bassis) di Aberdeen, Washington. Setelah sempat berganti2 drummer, Nirvana akhirnya menemukan seorang drummer yang sesuai dengan karakteristik mereka, Dave Grohl (sekarang adalah vokalis dan gitaris dari band Foo Fighters) dan bergabung pada tahun 1990.

Dengan singel "Smells Like Teen Spirit" dari album kedua mereka yang bertajuk Nevermind, Nirvana menggebrak blantika musik dunia dengan ciri khas alternative rock yang akhirnya disebut "Grunge". Album Nevermind menjadi album paling laris saat itu. Keberhasilan Nirvana menggebrak musik dunia dengan musik yang cukup memekakkan telinga membuat grup2 Grunge lainnya (juga dikenal dengan sebutan seattle sound), seperti Soundgarden, Pearl Jam, Alice In Chains, dll, laris manis di pasaran musik internasional.

Kurt Cobain yang menjadi ujung tombak Nirvana, bahkan grup2 Seattle Sound lainnya menjadi trendseter anak-anak muda dunia, termasuk Indonesia. Jins robek, rambut gondrong, kaus lengan panjang, sepatu kets ala converse seolah2 menjadi pandangan jamak di kalangan anak muda.

Nirvana bubar setelah Kurt Cobain bunuh diri dengan cara menembak kepalanya dengan pistol di rumahnya pada bulan April 1994. Mayatnya baru ditemukan beberapa hari kemudian. Kematian membuat Nirvana bubar dengan sendirinya. Bahkan band2 Seattle Sound lainnya seperti terkena imbas dari kematian Kurt Cobain. Kebanyakan dari mereka juga bubar dengan berbagai alasan.

Walaupun begitu, band ini seperti tidak pernah kehilangan aura-nya, pada tahun 2002, You Know You're Right, diyakini sebagai singel dari Nirvana yang tidak pernah selesai pembuatannya diputar di berbagai radio di Amerika Serikat. Singel itu cukup membuat para penggemar nirvana terobati kesedihannya akibat kematian mendadak "Sang Legenda Kurt Cobain".

Sejak dari debutnya hingga kematian Cobain, Nirvana berhasil menjual seluruh albumnya sebanyak 25 juta keping untuk wilayah Amerika Serikat saja. Sementara itu untuk luar Amerika Serikat diperkirakan sebanyak 50 juta album.


Diskografi :
before Cobain's death :

1. Bleach (1989)
2. Nevermind ( 1991)
3. Incesticide (1992)
4. In Utero (1993)

after cobain's death :

5. MTV Unplugged in New York : Nirvana (1994)
6. From The Muddy Banks of The Wiskah
7. Black Album Compilation (2002)


"Kurt Cobain"

Kurt Donald Cobain lahir pada 20 Februari 1967, di rumah sakit umum Grays Harbor, Aberdeen, Washington Amerika Serikat, dan dikota inilah Kurt menghabiskan masa kecilnya. Kurt merupakan putra dari pasangan Donald Cobain seorang Amerika yang berprofesi sebagai montir dan Wendy O’Connor seorang wanita keturunan Irlandia.

Sejak kecil Kurt sudah menunjukkan bakatnya di bidang seni. pada awalnya ia suka menggambar. hingga berkembang ke arah musik saat usianya enam tahun. Kurt bahkan dengan mudah memainkan nada yang baru saja ia dengarkan dari radio dengan menggunakan piano.

Ketegangan dan perselisihan orang tua Kurt yang kemudian berakhir dengan perceraian pada tahun 1976 saat Kurt masih berusia sembilan tahun. Sejak perceraian itu Kurt menjadi anak yang pendiam dari sebelumnya ia juga lebih suka menyendiri yang di kemudian hari perceraian orangtuanya ini diungkapkan dalam salah satu lagu Nirvana yang berjudul Serve The Servants yang termuat di album In Utero yang dirilis tahun 1993.

Memasuki tahun 1981 ketika berusia 14 tahun Kurt tertarik dengan film ia mulai membuat sendiri film-film karyanya dengan menggunakan kamera video milik orangtuanya karya-karyanya kebanyakan bernuansa gelap dan kematian Kurt bahkan membuat sebuah film yang diperankan sendiri olehnya, dimana ia melakukan akting bunuh diri dengan menyayat nadinya, kecenderungan Kurt akan kematian juga nampak pada sebuah percakapan dengan seorang temannya John Fields dimana Kurt mengatakan bahwa ia ingin menjadi musisi terkenal dan kemudian mati bunuh diri di tengah ketenarannya.

Pada masa-masa ini juga Kurt mulai mengenal Narkotika meski belum sampai taraf yang mengkhawatirkan, Kurt menggunakan obat-obatan itu untuk sedikit membantunya melupakan dampak psikologis yang dirasakannya akibat perceraian orangtuanya, ketika SMA Kurt mulai berpindah-pindah tempat tinggal hingga akhirnya ia memutuskan untuk tinggal dirumah pamannya Chuck yang juga memiliki band, Kurt kemudian diajari bermain gitar oleh Warren Mason gitaris band pamannya, ketika itu Kurt minta diajari memainkan lagu Stairway To Heaven milik Led Zeppelin.

Konser The Melvins merupakan sebuah band punk lokal asal Montesano yang kemudian mengubah haluan musik Kurt. The Melvins sendiri ketika itu begitu disegani di Montesano, Aberdeen dan Olympia, vokalisnya Buzz Osborne mengenal Kurt sebagai pribadi yang unik saat mengomentari sukses Nirvana Buzz mengatakan bahwa "Kurt tadinya seperti anak yang tak punya masa depan, tapi musik kemudian mengubahnya menjadi jutawan"

Penampilan perdana Kurt dan Krist terjadi pada bulan Maret 1987 yang sekaligus menasbihkan formasi awal Nirvana yang terdiri atas Kurt, Krist dan seorang penabuh drum bernama Aaron Burkhard. Waktu itu mereka belum memakai nama Nirvana ada banyak nama yang mereka pakai pada awal karirnya..

Nama Nirvana baru muncul pada tahun 1988, ketika Kurt menemukan nama itu dari sebuah tayangan televisi tengah malam yang menyiarkan tentang program agama Budha yang berarti pencapaian kesempurnaan, pada November 1988, single pertama Nirvana Love Buzz pun diedarkan pada kalangan terbatas. Kurt sendiri yang kemudian menyerahkan salah satu kopinya kepada radio KCMU untuk diputar, setelah itu Kurt segera mendengarkan radio dan setelah berjam-jam gelisah karena lagunya tak segera diputar, hingga Kurt harus menelpon dari sebuah telpon umum dan merequest lagunya sendiri, barulah kemudian lagu tersebut mengudara, salah satu ironi terbesar seorang bintang Rock besar pada awal karirnya sempat merequest sendiri lagunya di sebuah radio.

Pada awal 1991 Nirvana pindah label dari Sub Pop ke DGC (David Geffen Company), sebuah label mayor dengan distribusi lebih luas dan dana lebih besar salah satu orbitan tersukses DGC adalah Guns N Roses. Nirvana juga bergabung dengan Gold Mountain, sebuah perusahaan manajemen artis dimana Sonic Youth band punk kontemporer yang dikagumi Kurt bernaung. Nirvana pun melanjutkan perjalanannya dengan mengeluarkan album kedua yang berjudul Nevermind yang direkam pada mei 1991, dan selesai sebulan kemudian.

Inilah album legendaris dan fenomenal yang kemudian melambungkan nama Nirvana ke jagad musik internasional, lagu-lagu yang terdapat di album ini bercerita tentang Tobi Vail vokalis band punk cewek Bikini Kill perempuan yang sangat disukai Kurt, bahkan sepanjang tahun 1990-1991 hampir semua lagu yang dibuatnya selalu bercerita tentang Tobi meski demikian, Tobi ternyata tak bisa sepenuhnya menerima Kurt. Kurt akhirnya dekat dengan seorang wanita bernama Courtney Love vokalis band post punk Hole dan dalam rentang tahun ini juga Heroin terus mengiringi hidup Kurt.

Nevermind dirilis pada 24 September 1991 diluar dugaan album bercover gambar seorang bayi yang sedang menyelam ini telah terjual hingga mencapai 500.000 keping, pada hari Helloween 31 Oktober 1991 Nirvana pun mendapat penghargaan piringan emas, saat inilah seluruh radio Amerika, Eropa, Australia, Jepang, Brazil dan di negara-negara lain dengan serentak memutar terus-menerus Single Smells Like Teen Spirit. Kurt kini sudah tak perlu lagi menelepon radio memohon agar lagunya diputar, video klip Smeels Like Teen Spirit pun memasuki masa mengudara dengan frekuensi terbanyak pada awal tahun 1992.

Di Indonesia sendiri popularitas Nirvana berhasil menyaingi popularitas Guns N Roses, Metallica dan Sepultura yang pada masa-masa itu memang sangat terkenal di Indonesia, namun pada Januari itu juga kecanduan Kurt terhadap heroin makin parah dalam sebuah sesi pemotretan Kurt bahkan sampai tak sanggup berdiri tegak dan hanya tertunduk terus-menerus, momen semacam inilah yang akan terus berulang dan mewarnai lembaran karir Nirvana berikutnya.

Kurt dan Courtney menikah pada 24 Februari 1992 di Pantai Waikiki, Hawaii. Ketika itu Courtney sudah mengandung. Sementara itu pada April 1992 Nirvana untuk pertama kalinya tampil di cover majalah Rolling Stones. Akhirnya pada 18 Agustus 1992 pukul 7 pagi Frances Bean Cobain putri Kurt satu – satunya lahir di rumah sakit Cedars Sinai, Los Angeles. Sebuah kelahiran yang ironis karena pada saat yang sama Kurt juga tengah dirawat di rumah sakit yang sama di bagian rehabilitasi obat karena kecanduannya terhadap Heroin sudah semakin parah.

Sementara itu pada bulan Juli  Nevermind akhirnya terlempar keluar dari tangga lagu Billboard setelah bercokol di sana selama hampir dua tahun Ketika keluar dari Billboard Nevermind telah mencapai angka penjualan sebanyak 8 juta keping di seluruh dunia.

Pada 3 Maret di Roma, Italia di Exelcior hotel berbintang lima Kurt kembali mengalami overdosis parah ini merupakan usaha bunuh diri Kurt yang pertama, terlihat dari secarik kertas dalam genggaman Kurt dalam surat itu Kurt menulis seperti "Hamlet" aku harus memilih antara kehidupan dan kematian dan aku memilih kematian peristiwa ini pun menyebar di kalangan media musik dan penggemar diseluruh dunia CNN bahkan sempat memberitakan bahwa Kurt Cobain sudah tewas.

Meski demikian Kurt masih menuruti saran orang – orang terdekatnya untuk mengambil program rehabilitasi. Pada 30 Maret 1994, Kurt terbang ke Los Angeles untuk mengikuti program pemulihan di Exodus Recovery Center sebuah tempat rehabilitasi bagi para pecandu obat – obatan, namun ini pun hanya bertahan dua hari Kurt melarikan diri dan pergi membeli tiket pesawat untuk pulang kembali ke Seattle.

Sementara itu Courtney panik begitu mendengar kabar kaburnya Kurt, ia takut sesuatu yang buruk akan terjadi pada Kurt, karena beberapa hari sebelum terbang ke Los Angeles untuk masuk rehabilitasi, Kurt dikabarkan sempat membeli sebuah senapan di sebuah toko senjata di Seattle.

Kurt tiba di rumahnya Sabtu dini hari 2 April 1994. Dia sempat menemui Michael Cali dan Jessica Hopper dua orang yang menjaga rumahnya, sementara Frances bersama Courtney berada di Los Angeles, yang tengah melakukan promo untuk album terbaru bandnya serta melacak keberadaan Kurt.

Pagi Jumat "8 April 1994" Gray Smith seorang petugas instalasi listrik yang tengah bertugas memasang piranti alarm baru untuk rumah Kurt melihat sesosok yang terbaring kaku di lantai dengan senapan berada di dada mengarah ke dagu. Gray kemudian melaporkan hal itu kepada kepolisian setempat. Polisi segera berdatangan ke rumah Kurt. Tak lama kemudian pernyataan resmi pun dikeluarkan kepolisian Seattle, bahwa telah ditemukan sesosok jenazahdi rumah keluarga Cobain di "171 Lake Washington Boulevard, Seattle" Jenazah itu teridentifikasi sebagai Kurt Donald Cobain. Kurt ditemukan tewas dengan kepala rusak karena tembakan senapan yang ditembakkan ke dalam mulut. Di samping mayatnya tergeletak selembar kertas bertuliskan surat terakhir Kurt yang ditujukan kepada Courtney, Frances, teman – teman dan para penggemar.

Kurt didn't die for us

Grunch. prabelism-blogspot