Minggu, 29 November 2009

Penggunaan dan Pembuatan subdomain


-

MEMBUAT SUBDOMAIN DI BLOGGER


-

Kumpulan 30 web browser


-

Kumpulan Website Hosting

" ...Sites that provide free webspace for your website or homepage. Browse free web site hosting providers that offer web space, page building tools, email, and other features, web site, web poll, web Get a free website, free hosting, free web hosting, free blog, online photo album, freehosting and more! The best free website templates on the internet and you don’t need to link back.."

Apabila anda ingin membuat sebuah website namun tidak [atau] kurang begitu lancar rejekinya :) maka berikut beberapa tips membuat website secara gratis yang saya referensikan kepada pembaca, karena saya juga masih baru dalam hal website namun tidak begitu baru lho, beberapa alamat tersebut sudah saya jelajahi dengan segenap jiwa dan raga [sampe begadang di kantor], untuk meningkatkan kualitas postingan tentunya dan juga saya merelakan waktu untuk pengunjung agar bisa menyesuaikan serta memilih mana situs yang cocok untuk anda.

Bagi anda yang akrab dengan bahasa pemrograman berbasis web tentunya tidak akan merasa kesulitan dengan website gratis berikut yang support dengan database, script PHP, CGI-bin, Perl, Frontpage dan database MySQL.

Karena Gratis tentunya, tidak semuanya hanya diberikan secara percuma dan Full Service, sebagian ada yang menyertakan Banner dari pemilik situ situ sendiri sebagai promosi tentunya, namun jangan kuatir masih ada banyak yang tidak menampilkan bannernya, mungkin ini yang sangat cocok dengan motto orang Indonesia :GRATIS dan BAGUS :p

Nah untuk selanjutnya silahkan saja baca-baca sendiri semoga jika ada beberapa hal yang kurang berkenan atau terdapat kesalahan dari isi postingan saya pembaca berkenan untuk memberikan masukan sebagai bahan refleksi untuk saya berbenah…


1. WWW.DOTEASY.COM

Fitur yg disediakan oleh situs ini adalah: Front Page Extension CGI / Perl / SSI PHP / MySQL, ASP / Front Page / ODBC Connectivity Doteasy Spam dan Email Virus Filter Domain Locking Protection - Additional Storage serta Trafic allowance - 100 MB disk yang diberikan - Traffic 1000 Mb [1 Giga] perbulan - 10 email account dengan domain - Daftar di : http://www.doteasy.com

2. WWW.FREE.PROHOSTING.COM

Fitur yg disediakan oleh situs ini adalah: Daya tampung / Space available 100 Megabyte Brandwith perbulan 1.2 Gigabytes - 1 FTP account - Batas/limit upload perfile 1 megabyte Bisa lewat FTP access - Brandwith perhari 40 Mb - Tidak ada banner atau pop-up

3. WWW.FREESERVERS.COM

Fitur yg disediakan oleh situs ini adalah: Kapasitas 12 mb - Limit space/batas upload perfile 0,25 mb - Perbulan Brandwithnya = 500 Gigabytes - (-) Terdapat banner dan pop-up nya - (-) Terdapat iklan E-mails - (-) Tanpa FTP access - (-) Tidak mendukung Front Page - Ada file manager - Ada Guest Book [buku tamu buat yang berkunjung, kaya absent gitu J] - Counter Site [pencatat Statistik website] - Easy Site Builder [memudahkan membangun website] - SiteCopier - Support/mendukung file dengan bentuk PHP, Perl, CGI, MySQL

4. WWW.FREE.HOSTDEPARTEMENT.COM

Fitur yg disediakan oleh situs ini adalah: Kapasitas 100 mb - Tidak ada banner dan pop-up - FTP Access - (+) Terdapat tools untuk kreasi website sesuka kita - Guest Book, Board/Forum – Form - Directory/page tertentu bisa diberi password - Page Counter/ Statistik - Mendukung Flash Enable - (-) tidak mendukung PHP, Perl, CGI, MySQL dan ASP


5. WWW.FREEWEBSITES.COM

Fitur yg disediakan oleh situs ini adalah: Space 50 mb - Tidak ada banner atau pop-up - Support FTP Access - Batas ukuran yg bisa diapload = 2 mb - Secure stable unix server - Contoh alamat : http://nama.anda.freewebsites.com

6. WWW.50MEGS.COM

Fitur yg disediakan oleh situs ini adalah: Kapasitas 50 mb - Batas ukuran file 0,25 mb - Brandwith perbulan 500 mb - (-) Banner dan pop-up - Tidak menyediakan FTP access - Tidak mendukung PHP, Perl dan MySQL - Guestbook [daftar hadir J absent lagi….] - Counter - (+) Site Builder dengan 45 macam template [bagu-bagus lho J] - Site Copier - Web rings - Cork board

7. WWW.BROADPHASE.COM

Fitur yg disediakan oleh situs ini adalah :Kapasitas 100 mb - Data transfer 2000 mb - File Manager serta FTP access - Mendukung PHP 4.3.10, CGI, Perl 5.8.4 dan MySQL - Mendukung Image Magic 6.0 - Editor web dengan WYSIWYG

8. WWW.ORGFREE.COM

Fitur yg disediakan oleh situs ini adalah : Kapasitas 125 mb - Tanpa banner - Mudah aktivasi – Instant Activation [jadi bisa langsung pake!] - FTP dengan dukungan FXP - Mendukung PHP 4.3.X dengan GD library [apaan nech L?] - Mendukung MySQL - PHP MyAdmin - Web Base File Manager

9. WWW.012WEBPAGES.COM

Fitur yg disediakan oleh situs ini adalah : - 1 Gigabytes space yang diberikan
[cukup banyak nech]
Brandwith-nya 50 Megabytes - FTP,

10. WWW.RUMAHWEB.COM

Fitur yg disediakan oleh situs ini adalah: - hanya berlaku sekitar 2 minggu [gak tau kenapa Cuma sebentar? :p] - Alamat daftar di : www.rumahweb.com/freehosting.php - Kapasitas 25 Megabytes - Traffic 50 Megabytes - Kontol panel dengan C-Panel - FTP Access - Tools database MySQL serta PHP My-admin - Script yang bagus [pre installed]

Terlepas dari beberapa postingan diatas ada beberapa situs yang menyediakan banyak fasilitas yang baru dan menarik lainnya, mungkin dari saya ada yang kurang, silahkan ditambahkan pada kolom komentar dibawah.

Semoga bisa menjadi referensi bagi yang ingin memulai membuat website, atau bagi yang ingin membuat yang sederhana dan mudah bisa menggunakan blog, seperti yang digunakan oleh weblog ini, tentunya juga gratis dan juga mudah untuk di customiz.

Sumber : Pc-Media

Rabu, 25 November 2009

cara Memilih Oli terbaik

Memilih oli mesin kadang cukup membingungkan, karena ketidak tahuan spesifikasi oli yang akan kita pakai. Pemahaman tentang kondisi pengoperasian mesin yang dipakai, serta pengetahuan mengenai spesifikasi oli, bisa membantu memecahkan persoalan was-was ini.

Sebagaimana telah diketahui bahwa oli mesin memegang peran yang sangat penting misalnya memperkecil koeffisien friksi antar elemen mesin yang saling bersinggungan, menjadi cooling agent di ruangan mesin, menghindari karat, menjaga agar tidak terjadi wearing pada permukaan elemen dsb.

Selain persyaratan tsb di atas oli mesin, saat mesin beroperasi, senantiasa berada dalam lingkungan yang memiliki suhu tinggi dikarenakan proses pembakaran di ruang bakar. Proses pembakaran tsb juga menyebabkan reaksi oksidasi serta menimbulkan radicals atau senyawa yang biasanya timbul dikarenakan reaksi efek panas, sehingga menyebabkan penurunan mutu oli mesin tsb. Untuk menjaga kwalitas oli dari reaski tsb diperlukan additive pencegah oksidasi.

Disamping itu blow-by gas yang merupakan gas pembakaran yang masuk ke ruang mesin mengandung bagian bahan bakar yang tidak terbakar sempurna, cenderung menjadi soot atau particulete, untuk menghindari particulate tersebut menggumpal sehingga menjadi gangguan tersendiri, oli mesin juga perlu additive anti pembentuk gumpalan tsb. Disamping itu pada mesin diesel, yang memungkinkan sulfur terkandung cukup banyak maka oli mesin untuk jenis ini memerlukan additive penetral sulfur tsb.

Seperti diketahui bahwa elemen mesin seperti piston-ring dan cylinder-liner, ujung connecting rod, lalu cam-nose dan rocker-arm adalah saling bersentuhan. Untuk bagian seperti ini, pelumasan dari fluida yang bersifat mengalir menjadi pelumasan permukaan dimana alirannya sangat terbatas. Kondisi jenis pelumasan yang ada di ruang mesin tsb, harus direspon oleh satu jenis oli mesin saja.

Untuk pelumasan jenis permukaan tsb, kekentalan oli mesin yang tinggi akan lebih cocok untuk melindungi dari wearing elemen, namun kekentalan oli mesin yang tinggi tsb menjadi hambatan bagi elemen-elemen yang berputar yang menurunkan effisiensi bahan bakar dari sistem itu sendiri. Sebaliknya kekentalan yang rendah atau encer, bagus untuk effisiensi bahan bakar, tetapi memungkinkan kerusakan elemen mesin lebih tinggi disebabkan kemungkinan gesekan antar elemen yang lebih besar. Sehingga oli mesin perlu di kondisikan agar mampu merespon kondisi jenis pelumasan yang diperlukan seperti di atas. Misalnya dengan penambahan additive ZDTP untuk melindungi bagian-bagian yang bersinggungan seperti cam dsb.

Distribusi penggunaan energi hasil pembakaran bisa digambarkan kurang lebih energi yang bisa dipakai sebagai tenaga gerak sistem 25%, gesekan roda dan jalan 6%, lalu loss karena mekanik 7.5%, dari distribusi tsb misalnya dengan menggunakan oli mesin shg loss mekanik menjadi 0% sekalipun, effisiensi bahan bakar akan naik 7.5%, namun sebenarnya tidaklah bisa diharapkan begitu tinggi peningkatan effisiensi bahan bakarnya. Namun harga oli yang cocok untuk effisiensi bahan bakar tinggi, tidaklah begitu berbeda dari oli biasa, maka penggunaan oli untuk mempertinggi keiritan bahan bakar ini tetap menjadi salah satu point yang tidak dilupakan.

Spesifikasi oli untuk mengirit bahan bakar tsb meliputi berbagai hal penting yang perlu diingat. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa ada beberapa jenis pelumasan yang terjadi di ruangan mesin, secara ringkas oli yang baik adalah oli yang mampu menurunkan friksi pada jenis pelumasan yang manapun di atas. Pada oli yang dipasarkan, ada sebuah sertifikat yang dikeluarkan dengan standard ILAC, yaitu standard yang dikeluarkan oleh produsen minyak dan produsen mobil tentang grade oli tsb.

Kecenderungan oli mesin saat ini adalah penurunan kekentalan oli untuk menurunkan hambatan fluida pada elemen yang berputar, sedangkan untuk menangani masalah pada permukaan elemen yang bersinggungan ditambahkan additive anti wearing, dsb. Pada operasional di lapangan yang lebih banyak dalam kondisi beban ringan atau sedang, dengan suhu sekitar 150 derajad celcius, oli yang memiliki base dari polimer memiliki kelebihan. Hal ini karena oli dengan base polimer mengalami perubahan kekentalan yang sedikit sekalipun terjadi perubahan suhu yang cukup besar. Sehingga aplikasi riilnya memiliki range usability yang lebih luas atau fleksible. Namun dengan kekentalan yang rendah, atau oli yang lebih encer, memiliki kecenderungan menguap yang lebih tinggi dari pada oli berkekentalan tinggi. Hal ini juga menjadi salah satu tema penelitian pada formula-development oli mesin.


Kode kekentalan dari sebuah oli mesin, biasanya tertulis di luar kaleng oli tersebut. Bagian yang ada huruf W, merupakan index kekentalan tsb yang diuji dengan sistem pengujian Cold Cranking Simulator (CCS) Ini dilakukan pada suhu rendah di bawah nol, misalnya 10W, 20W, 5W, atau 0W. Semakin kecil angka di situ semakin encer oli mesin tsb. Atau semakin mudah dalam starter mesin. Namun kalau dilihat secara problem pemakaian khusus nya di Indonesia dan bukan di dataran tinggi, oli tanpa standard CCS ini juga mencukupi. Apabila tanda kekentalan tsb, tidak menggunakan huruf W, maka oil tsb hanya di test dengan standard pada suhu 100 derajad C. Semakin kecil angkanya, semakin encer, cocok untuk titik berat pada fuel effisiency, tetapi kurang baik untuk melindungi elemen mesin yang saling bersentuhan.


Jadi sebenarnya dari sudut pandang teknis, untuk Indonesia yang tidak menjumpai suhu dingin, sudah cukup melihat spesifikasi oli dengan code angka tanpa huruf W. Tetapi dalam pemakaian riilnya kembali kepada kepuasan user, apakah memakai standard ganda atau cukup dengan standard tunggal tanpa pengujian CCS.


Long Life Engine Oil [SIZE=7]
Dengan semakin tingginya perhatian terhadap issue lingkungan, usaha untuk penggunaan oli mesin sampai dengan 30,000 km saat ini telah dimulai oleh beberapa produsen oli. Hal ini disamping lebih ringan bebannya terhadap lingkungan juga mengurangi tema dalam perawatan mesin. Dari penelitian telah diketahui bahwa penyebab utama rusaknya oli dimulai dari berkurangnya additive anti oksidasi dalam oli tsb. Semakin berkurangnya additive anti oksidasi ini menyebabkan kerusakan senyawa base oil karena proses kimia oksidasi, yang membawa effek berantai dengan kerusakan additive yang lain secara eksponensial yang mempercepat kenaikan kekentalan oli mesin tsb. Telah diketahui juga bahwa letak penyebab kerusakan mutu oli mesin ini, umumnya dimulai dari bagian antara piston dan silinder.

Pemakaian oli dalam kondisi mutu oli sudah rusak ini akan mengakibatkan timbulnya kotoran yang tertumpuk dalam mesin tsb. Kotoran ini berasal dari oli itu sendiri yang terurai, dan menggumpal yang akhirnya bisa diketemukan pada elemen-elemen mesin. Sehingga untuk memecahkan persoalan ini penggunaan additive anti oksidasi, additive detergent serta additive pencegah gumpalan menjadi salah satu kunci penting pada penentuan formula oli mesin baru.

Namun sebagai "rule of thumb", sampai saat ini, menggunakan oli yang biasa tetapi sering diganti lebih aman dari pada menggunakan oli bagus tetapi jarang diganti.

Secara garis besarnya, oli mesin ada lima group (menurut Standard API)

GROUP I : Mineral Oil dengan impurity cukup besar
GROUP II : Mineral oil dengan impurity lebih sedikit dari Group I
GROUP III : Mineral Oil sama dengan Group II dengan index viscosity lebih besar.
GROUP IV : PAO (PolyAlphaOlefin) Synthetic Oil
GROUP V : Esters Synthetic Oil

Group III ini dibuat dengan teknologi Synthetic - disebut dengan Synthetized Mineral Oil. Dilakukan oleh CASTROL dan menjualnya dengan Label SYNTHETIC tentu saja dengan harga Synthetic Oil.

Sekarang ini hampir semua synthetic oil menurunkan grade mereka mengikuti CASTROL dan menjualnya dengan harga Synthetic Oil (hem, meraup keuntungan yang berlipat ganda).

Tanpa melihat jenis dan kwalitas oli yang digunakan, yang menjadi masalah adalah BBM yang ada dalam ruang bakar tidak secara sempurna menguap, sehingga tidak semuanya terbakar. Sisa BBM ini dan Blowby akan membasahi Ring piston dan dinding silinder, melarutkan oli sehingga kering, hingga gesekan antara ring piston dengan dinding silinder nggak ada yang nahan, cepat AUS dan RUSAK.

Point UTAMAnya adalah bagaimana menjadikan BBM yang dimasukkan kedalam ruang bakar menguap (mendekati 100%), sehingga akan terjadi pembakaran sempurna, nggak ada sisa BBM. Se moderen2nya motor buatan baru, tetap saja tidak bisa menjadikan BBM menguap sempurna dalam ruang bakar (tergantung dari kwalitas bahan bakar), terlebih-lebih lagi kalau ada acara OPLOS-OPLOSan Bensin + Minyak tanah, ..... mesin akan cepat rusak atau performancenya akan dengan cepat mengalami DEGRADASI.

Sumber : www.yjoc.com (lucky_012)

Penyebab terjadinya masalah Rantai Motor Kendor

Rantai motor Anda kendor? Sebagai bikers tentu kondisi tersebut sangat mengganggu perjalanan sehari-hari. Dalam banyak kasus, terutama dialami para bikers yang hobi touring atau perjalanan jauh, seringkali rantai motor tetap kendor meski sudah dikencengin hingga mentok. Jadinya, Anda pun takut memacu sepedamotor dengan kecepatan tinggi padahal sedang diburu waktu.

Mengganti gear set mungkin tidak masalah jika kocek sedang tebal. Maklum harga gear set saat ini paling tidak mencapai Rp 200 ribu. Sementara jika hanya mengganti rantainya saja, terkadang bentuk gigi dengan mata rantai tidak pas. Namun sebelum buru-buru mengganti gear set, ada baiknya untuk mengetahui penyebab rantai motor kendor. gearset1

Rantai kendor bisa jadi disebabkan oleh posisi gear depan dengan gear belakang tidak lurus. Masalah posisi ini penting agar rantainya jalannya lurus. Posisi gear yang tidak lurus membuat rantai tertarik pada salah satu sisi saja terutama pada saat melaju kencang. Lama kelamaan hal itu akan membuat rantai menjadi kendor dan membuat perpindahan gigi terganggu.

Untuk memastikan apakah posisinya lurus atau tidak, bisa dilihat dari kondisi mata gear apakah rata di kiri, di kanan, atau jutsru sudah sangat aus di salah satu sisinya. Untuk melihat lurus atau tidaknya posisi gear bisa juga di lihat dari arah belakang.

Rantai kendor bisa juga disebabkan oleh gesekan rantai dengan gear terlalu berat sehingga rantai lebih tertarik. Solusinya pastikan rantai selalu bersih dan terlumasi dengan baik. Malas membersihkan kotoran pada gear akan membuat gesekan itu semakin kuat sehingga rantai pun selalu kendor.

Kotoran yang menumpuk pada gear bisa berasal dari debu atau pasir yang berasal dari jalanan. Bisa juga dari gemuk oli bekas yang memang sudah mengandung kontaminan. Oleh karena hindarilah penggunaan oli bekas untuk melumasi gear.

Tips dan Trik Merawat Ban Motor

Ban, piranti yang memegang peranan vital pada sepeda motor. So merawat si bundar ini sudah pasti menjadi ritual wajib bagi pengendara sepedamotor, selain sebagai penghematan, merawat ban dengan benar juga turut menjaga keselamatan pengendara maupun penumpangnya.

Tekanan udara ban yang tak tepat sangat mempengaruhi keseimbangan dan stabilitas laju sepeda motor. Jangan pernah memakai ban lain kecuali yang ditetapkan oleh pabrikan sepeda motor karena fungsi ban yang sangat vital bagi sepeda motor Anda perlu mengetahui penyebab kerusakannya seperti:


Ban bocor

Periksalah apakah pentil ban mengalami kebocoran. Untuk memeriksanya lepaskanlah tutup pentil dan taruhlah air sabun di atas lubang pentil. Bila air sabun membentuk gelembung udara, bisa dipastikan pentil tersebut bocor. Bila bocor keraskanlah pentil tersebut dengan memakai alat pengencang pentil yang ada di tutup pentil. Tetapi bila masih bocor, pentil tersebut rusak dan harus diganti dengan yang baru. Periksalah apakah ban terkena paku atau benda-benda tajam lainnya.

Ban aus secara abnormal

Periksalah apakah tekanan ban sudah benar. Jika telapak atau tread ban telah aus, ban mudah tertusuk dan rusak. Tekanan ban harus disetel supaya sesuai beban pada sepeda motor. Jangan sampai sepeda motor dibebani berlebihan karena dapat menyebabkan ban cepat rusak.


Ban berputar tak teratur

Periksalah apakah ban berputar sudah seimbang dan periksa apakah jari-jari telah dikencangkan secara benar? Tak ada salahnya juga anda mencermati dan memperhatikan hal berikut:

Perhatikan kapasitas muatan sepedamotor Anda meskipun kecepatan sepedamotor juga ambil peranan penting dalam hal ini. Sesuaikan ban dengan kondisi jalan yang dilewati.


Tekanan

Periksa secara rutin tekanan angin (baiknya setiap hari pada saat udara dingin). Samakan tekanan angin antara yang depan dan belakang. Sebab laju sepedamotor yang tidak seimbang berbahaya sekali buat mengendarai dan pengereman.


Jarak tempuh

Periksa jarak tempuh dan sisi luar ban, untuk menjaga keselamatan. Setiap 10.000 km keseimbangan dan kelurusan ban harus dicek. Apalagi bila sering digunakan dengan kecepatan tinggi. Lakukan rotasi diantara kedua ban. Sebaiknya gunakan ban dengan diameter yang ditentukan dari standar sepedamotor Anda.

Selain jarak tempuh, suhu dan cuaca juga mempengaruhi keawetan ban juga. Kondisi jalan yang panas pada musim kemarau menyebabkan usia ban bertambah lebih pendek dibandingkan musim hujan. Selain itu cara mengemudi dari pengendara juga bisa mempengaruhi keawetan ban tersebut. Cara memulai jalan yang mendadak dan pengereman mendadak, berpengaruh besar dengan keawetan ban.

Demi keselamatan, kenyamanan dan keawetan usia ban cobalah selalu menjalankan sepedamotor Anda dengan baik dan benar. Selamat berkendara.




Sumber : rri-onlin

Minggu, 01 November 2009

Data Flow Diagram (DFD)

Data Flow Diagram (DFD) adalah merupaka alat bantu yang dapat digunakan untuk menggambarkan aliran data informasi dan transformasi (proses) dari data, dimulai dari pemsukan data sampai menghasilkan keluaran (output) data.

Adapun simbol-simbol Data Flow Diagram :

1. Kesatuan Luar (External Entity)

Merupakan kesatuan luar (entity) dilingkungan luar sistem yang dapat berupa sekelompok orang, divisi, organisasi, atau sistem lainnya yang berada dilingkungan luarnya yang akan memberikan input atau menerima output dari sistem. Suatu kesatuan luar dapat disimbolkan dengan suatu notasi kotak atau segi empat.

 

Gambar 1. External Entity


2. Proses
Adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk dalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses atau untuk mengubah input menjadi output. Suatu proses dapat ditunjukkan dengan simbol lingkaran.







Gambar 2. Process



3. Data Flow (Aliran Data)
Data mengalir melalui sistem, dimulai dengan sebagian input dan diubah atau diproses menjadi output. Arus data (Data Flow) diberi simbol dengan suatu garis panah.


Gambar 3. Data Flow

4. Data Storage (Penyimpanan Data)
Data disimpan untuk keperluan berikutnya. Simpanan data di DFD disimbolkan dengan sepasang garis horisontal paralel yang tertutup di salah satu ujungnya.



Gambar 4. Data Storage

Konsep Dari MySql


-

Tehnik Merakit Komputer


-

Flowchart

Flowchart adalah sekumpulan simbol-simbol yang menunjukkan atau menggambarkan rangkaian kegiatan-kegiatan program dari awal hingga akhir. Jadi flowchart ini digunakan untuk menggambarkan urutan langkah-langkah pekerjaan disuatu Algoritma.

Penjelasan arti dari lambang-lambang flowchart dapat didefenisikan seperti gambar yang terdapat pada tabel dibawah ini: