Penyebab terjadinya masalah Rantai Motor Kendor

Rantai motor Anda kendor? Sebagai bikers tentu kondisi tersebut sangat mengganggu perjalanan sehari-hari. Dalam banyak kasus, terutama dialami para bikers yang hobi touring atau perjalanan jauh, seringkali rantai motor tetap kendor meski sudah dikencengin hingga mentok. Jadinya, Anda pun takut memacu sepedamotor dengan kecepatan tinggi padahal sedang diburu waktu.

Mengganti gear set mungkin tidak masalah jika kocek sedang tebal. Maklum harga gear set saat ini paling tidak mencapai Rp 200 ribu. Sementara jika hanya mengganti rantainya saja, terkadang bentuk gigi dengan mata rantai tidak pas. Namun sebelum buru-buru mengganti gear set, ada baiknya untuk mengetahui penyebab rantai motor kendor. gearset1


Rantai kendor bisa jadi disebabkan oleh posisi gear depan dengan gear belakang tidak lurus. Masalah posisi ini penting agar rantainya jalannya lurus. Posisi gear yang tidak lurus membuat rantai tertarik pada salah satu sisi saja terutama pada saat melaju kencang. Lama kelamaan hal itu akan membuat rantai menjadi kendor dan membuat perpindahan gigi terganggu.

Untuk memastikan apakah posisinya lurus atau tidak, bisa dilihat dari kondisi mata gear apakah rata di kiri, di kanan, atau jutsru sudah sangat aus di salah satu sisinya. Untuk melihat lurus atau tidaknya posisi gear bisa juga di lihat dari arah belakang.

Rantai kendor bisa juga disebabkan oleh gesekan rantai dengan gear terlalu berat sehingga rantai lebih tertarik. Solusinya pastikan rantai selalu bersih dan terlumasi dengan baik. Malas membersihkan kotoran pada gear akan membuat gesekan itu semakin kuat sehingga rantai pun selalu kendor.

Kotoran yang menumpuk pada gear bisa berasal dari debu atau pasir yang berasal dari jalanan. Bisa juga dari gemuk oli bekas yang memang sudah mengandung kontaminan. Oleh karena hindarilah penggunaan oli bekas untuk melumasi gear.