Jumat, 25 Desember 2009

pengertian dari file Format Gambar

Dalam dunia komputer , kita mengenal berbagai macam format file . Antara lain :

PSD (Photoshop Document)
Format file ini merupakan format asli dokumen Adobe Photoshop. Format ini mampu menyimpan informasi layer dan alpha channel yang terdapat pada sebuah gambar, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit kembali. Format ini juga mampu menyimpan gambar dalam beberapa mode warna yang disediakan Photoshop. Anda dapat menyimpan dengan format file ini jika ingin mengeditnya kembali.

BMP (Bitmap Image)
Format file ini merupakan format grafis yang fleksibel untuk platform Windows sehingga dapat dibaca oleh program grafis manapun. Format ini mampu menyimpan informasi dengan kualitas tingkat 1 bit samapi 24 bit. Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel serta ada kendala dalam pertukaran platform. Untuk membuat sebuah objek sebagai desktop wallpaper, simpanlah dokumen Anda dengan format file ini. Anda dapat mengkompres format file ini dengan kompresi RLE. Format file ini mampu menyimpan gambar dalam mode warna RGB, Grayscale, Indexed Color, dan Bitmap.

EPS (Encapsuled Postcript)
Format file ini merupakan format yang sering digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen antar program grafis. Selain itu, format file ini sering pula digunakan ketika ingin mencetak gambar. Keunggulan format file ini menggunakan bahasa postscript sehingga format file ini dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak. Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel, sehingga banyak pengguna Adobe Photoshop menggunakan format file ini ketika gambar yang dikerjakan sudah final. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Lab, Duotone, Grayscale, Indexed Color, serta Bitmap. Selain itu format file ini juga mampu menyimpan clipping path.

JPG/JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Format file ini mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang disediakan. Format file sering dimanfaatkan untuk menyimpan gambar yang akan digunakan untuk keperluan halaman web, multimedia, dan publikasi elektronik lainnya. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale. Format file ini juga mampu menyimpan alpha channel, namun karena orientasinya ke publikasi elektronik maka format ini berukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan format file lainnya.

JPEG adalah metode standar yang digunakan dalam pengkompresian untuk photograpics images. JPEG singkatan dari Join Photographics Expert Group sebuah kelompok yang membikin standar pengkompresian tersebut. JPEG di buat untuk loosy compression images. Umumnya file file yang berformat JPEG mengunakan extensi .jpeg, .jpg, .jpe, .jfif, jif. Selain itu JPEG juga mampu memberikan warna dengan kedalaman 24 Bits atau setara dengan 16 juta warna. JPEG tidak ditujukan dalam urusan file audio.

Format JPEG (Joint Photographic Expert Group) adalah salah satu alternatif selanjutnya yang dapat kita pakai untuk memperoleh sebuah hasil yang memuaskan. Kelebihan dari format JPEG (baca jey-peg) adalah,
  1. dukungan warna yang lebih dari 16 juta atau 24 bit, sehingga hasil yang maksimal dari sebuah gambar dapat diperoleh
  2. fitur kompresi kualitas gambar yang ditawarkan membuat saya dapat memilih besar kecilnya file gambar yang akan dihasilkan nantinya dan
  3. tersedianya fitur Progressive JPEG, yang mirip seperti interlacing pada GIF.
    GIF (Graphic Interchange Format)
    Format file ini hanya mampu menyimpan dalam 8 bit (hanya mendukung mode warna Grayscale, Bitmap dan Indexed Color). Format file ini merupakan format standar untuk publikasi elektronik dan internet. Format file mampu menyimpan animasi dua dimensi yang akan dipublikasikan pada internet, desain halaman web dan publikasi elektronik. Format file ini mampu mengkompres dengan ukuran kecil menggunakan kompresi LZW.
    Format GIF (Graphic Interchange Format) merupakan format file yang paling banyak disarankan dan digunakan. Kelebihan Format ini antara lain adalah :

    1. ukuran file yang dihasilkan relatif kecil
    2. mampu menggabungkan beberapa gambar menjadi satu kesatuan dan menampilkannya secara bergantian (animasi)
    3. warna latar belakang dapat dibuat transparan dan
    4. adanya teknologi interlacing yang akan membuat sebuah file di load secara utuh dengan kualitas yang ditampilkan secara bertahap.
    TIF (Tagged Image Format File)
    Format file ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format file ini juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan Silicon Graphic). Format file ini merupakan salah satu format yang dipilih dan sangat disukai oleh para pengguna komputer grafis terutama yang berorientasi pada publikasi (cetak). Hampir semua program yang mampu membaca format file bitmap juga mampu membaca format file TIF.

    PCX
    Format file ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Zoft Cooperation. Format file ini merupakan format yang fleksibel karena hampir semua program dalam PC mampu membaca gambar dengan format file ini. Format file ini mampu menyimpan informasi bit depth sebesar 1 hingga 24 bit namun tidak mampu menyimpan alpha channel. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, Grayscale, Bitmpa dan Indexed Color

    PDF (Portable Document Format)
    Format file ini digunakan oleh Adobe Acrobat, dan dapat digunakan oleh grafik berbasis pixel maupun vektor. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Indexed Color, Lab Color, Grayscale dan Bitmap. Format file ini tidak mampu menyimpan alpha channel. Format file ini sering menggunakan kompresi JPG dan ZIP, kecuali untuk mode warna Bitmap yaitu menggunakan CCIT.

    PNG (Portable Network Graphic)
    Format file ini berfungsi sebagai alternatif lain dari format file GIF. Format file ini digunakan untuk menampilkan objek dalam halaman web. Kelebihan dari format file ini dibandingkan dengan GIF adalah kemampuannya menyimpan file dalam bit depth hingga 24 bit serta mampu menghasilkan latar belakang (background) yang transparan dengan pinggiran yang halus. Format file ini mampu menyimpan alpha channel.

    Format PNG (Portable Network Graphic), Adapun beberapa kelebihan dari format tersebut adalah,
          1. punya semua kelebihan GIF, kecuali animasi
          2. fitur Interlacing 2 dimensi yang terbukti lebih baik jika dibandingkan dengan interlacing milik GIF
          3. tersedianya 2 format file yaitu PNG8 (256 warna) dan PNG24 yang membuat desainer dapat lebih leluasa memilih kualitas gambar dan
          4. teknik kompresi lossless yang digunakan akan menghasilkan ukuran file yang kecil dengan tidak mengalami penurunan kualitas gambar, bandingkan dengan JPEG yang menggunakan teknik kompresi lossy yang dipastikan akan membuat kualitas gambar menurun.
            PIC (Pict)
            Format file ini merupakan standar dalam aplikasi grafis dalam Macintosh dan program pengolah teks dengan kualitas menengah untuk transfer dokumen antar aplikasi. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dengan 1 alpha channel serta Indexed Color, Grayscale dan Bitmap tanpa alpha channel. Format file ini juga menyediakan pilihan bit antara 16 dan 32 bit dalam mode warna RGB.

            TGA (Targa)
            Format file ini didesain untuk platform yang menggunakan Targa True Vision Video Board. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dalam 32 bit serta 1 alpha channel, juga Grayscale, Indexed Color, dan RGB dalam 16 atau 24 bit tanpa alpha channel. Format file ini berguna untuk menyimpan dokumen dari hasil render dari program animasi dengan hasil output berupa sequence seperti 3D Studio Max.

            IFF (Interchange File Format)
            Format file ini umumnya digunakan untuk bekerja dengan Video Toaster dan proses pertukaran dokumentasi dari dan ke Comodore Amiga System. Format file ini dikenali hampir semua program grafis yang terdapat dalam PC serta mampu menyimpan gambar dengan mode warna Bitmap. Format file ini tidak mampu menyimpan alpha channel.

            SCT (Scitex Continous Tone)
            Format file ini digunakan untuk menyimpan dokumen dengan kualitas tinggi pada komputer Scitex. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale namun tidak mampu menyimpan alpha channel.

            PXR (Pixar)
            Format file ini khusus untuk pertukaran dokumen dengan Pixar Image Computer. Format file ini
            mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dan Grayscale dengan 1 alpha channel.

            RAW
            Format file ini merupakan format file yang fleksibel untuk pertukaran dokumen antar aplikasi dan platform. Format file ini mampu menyimpan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale dengan 1 alpha channel serta mode warna Multichannel, Lab Color dan Duotone tanpa alpha channel.

            DCS (Dekstop Color Separation)
            Format file ini dikembangkan oleh Quark dan merupakan format standar untuk .eps. Format ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna Multichannel dan CMYK dengan 1 alpha channel dan banyak spot channel. Format file ini mampu menyimpan clipping path dan sering digunakan untuk proses percetakan (publishing). Ketika menyimpan file dalam format ini maka yang akan tersimpan adalah 4 channel dari gambar tersebut dan 1 channel preview.

            FORMAT KOMPRESI
            Beberapa program terutama yang berorientasi pada publikasi elektronik dan multimedia selalu
            memerlukan format file yang berukuran kecil agar ketika dibuka tidak akan lambat. Untuk
            keperluan tersebut diperlukan kompresi. Berikut ini format file yang berorientasi publikasi elektronik dan multimedia dengan kompresinya masing-masing.

            RLE (Run Length Encoding)
            Kompresi ini mampu mengkompres file tanpa menghilangkan detail. Digunakan oleh Adobe
            Photoshop, TIFF dan sebagian besar program yang terdapat dalam Windows.

            LZW (Lemple-Zif-Welf)
            Sama seperti kompresi RLE, kompresi ini juga mampu mengkompres file tanpa menghilangkan
            detail. Kompresi ini digunakan oleh TIFF, PDF, GIF, dan format yang mendukung bahasa postscript. Kompresi ini sangat baik untuk mengkompres gambar dengan area besar yang menggunakan 1 warna.

            JPG (Joint Photographic Experts Group)
            Format ini mengkompres file dengan menghilangkan detail. Format file ini sering digunakan
            oleh JPG, PDF, dan format yang menggunakan bahasa postscript. Kompresi ini sangat baik
            digunakan untuk gambar dengan continous tone seperti foto.

            CCIT
            CCIT merupakan singkatan dari bahasa Perancis yang dalam bahasa Inggris disebut International Telegraph and Telekeyed Consultive Commitee. Kompresi ini digunakan untuk mengkompres gambar hitam putih, dan mampu mengkompres file tanpa menghilangkan detailnya. Kompresi ini sering digunakan oleh PDF dan format lain yang menggunakan bahasa postscript.


            CATATAN
                          1. Ketika menyimpan dokumen pada format file yang tidak dapat menyimpan informasi layer, maka Anda harus mengubah gambar tersebut menjadi flaten image terlebih dulu.
                          2. Format file yang dapat menyimpan mode warna Duotone hanyalah EPS, RAW, dan PSD. Oleh karena itu, ketika ingin menyimpan dalam format lain maka Anda harus mengubah mode warnanya terlebih dulu, menjadi RGB bila dokumen tidak ingin dicetak, karena informasi Duotone-nya akan diuraikan menjadi RGB.
                          3. Format file yan dapat menyimpan mode warna Lab Color hanyalah PSD, RAW, TIF, PDF, dan EPS. Format file yang dapat menyimpan mode warna CMYK hanyalah PSD, RAW, EPS, TIF, JPG, PDF, dam SCT.
                          4. Mode warna Indexed Color dapat menyimpan beberapa format file sesuai seting indexed color-nya.
                          5. Mode warna RGB dapatdisimpan pada semua format file yang ada di Adobe Photoshop. Format yang direkomendasikan oleh para desainer profesional adalah
                          6. PSD = untuk dokumen yang masih ingin diedit kembali
                          7. EPS = untuk dokumen yang sudah final untuk persiapan cetak
                          8. JPG = untuk cetak dengan kompresi di atas 8 bit dan untuk foto dalam web dengan
                            kompresi di bawah 5.
                            • GIF = untuk ilustrasi dan animasi pada halaman web.
                            • TIF = untuk cetak, pertukaran dokumen antar platform serta sequence animasi

                            Semoga bermanfaat.

                            Sabtu, 19 Desember 2009

                            Microsoft merilis mesin pencari


                            Microsoft tidak asing lagi namanya di dunia cyber, emmmm barangkali untuk para sobat blog ato pengunjung yang suka gentayangan di dunia maya (lihat gambar diatas) Microsoft telah meluncurkan search engine baru, tampilan dinamis dari gambar ato kata kunci, mesin pencari yang satu ini lebih berbeda patatut untuk di coba

                            Search Engine : nowGoogle.com

                            Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.



                            Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.

                            Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan database tertutup – yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo! tertinggal sedikit di belakang). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber-terbuka (open-source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS. (wikipedia)



                            Multiple search engine yang merupakan gabungan beberapa Search Engine dalam satu halaman web site. Jadi Anda tidak perlu membuka window baru untuk melakukan pencarian dengan Search Engine yang lain. Multiple Search Engine. Dengan menggunakan satu search engine anda bisa mencari di beberapa Search Engine dalam waktu bersamaan. Bukan itu saja, anda juga bisa memilih hasil pencarian misalnya tentang : download, musik, lowongan saja. Nah! ini dia Multiple Search Engine

                            Sumber : mas-Agus

                            Kamis, 17 Desember 2009

                            Install windows XP menggunakan USB


                            -

                            Search engine Islami



                            Sobat blog indonesia mesin pencari yang satu ini, memiliki keunikan tersediri layak dicoba, ada beberapa kelebihan dari mesin pencari I'm Halal,,,,,yang jelas keren brow.

                            semoga bermanfaat.

                            Search engines kombinasi





                            Search engines gabungan unik dan menarik untuk sobat blogger mesin pencari ini layak Loh di coba. klik link ini

                            Semoga bermanfaat.

                            Rabu, 16 Desember 2009

                            Tips dan trik E-mail

                            Mengirimkan pesan menggunakan surat elektronik (email) bagi beberapa orang bisa jadi menjadi rutinitas dalam pekerjaan. Ada kalanya kita mengirimkan email tersebut dengan beberapa kondisi pengiriman yang berbeda, misalnya: * Mengirimkan email kepada satu orang * Mengirimkan email untuk beberapa orang sekaligus, atau * Mengirimkan email kepada seseorang/beberapa orang sekaligus dan juga mengirimkannya sebagai terusan untuk penerima lain. Ketika mengirimkan email, salah satu kolom isian yang harus diisi adalah penerima. Ada beberapa pilihan isian antara lain: To:, CC:, dan BCC:. Namun, seringkali tidak banyak yang memaksimalkan fungsi-fungsi tersebut.

                            Nah, apakah perbedaan dari ketiga istilah diatas? Berikut beberapa informasinya:

                            * To: Disinilah kita mengetikkan alamat tujuan pengiriman email. Kita dapat mengirimkan sebuah alamat email saja, atau sekaligus beberapa alamat. Setiap alamat email bisa dipisahkan dengan tanda koma (,).

                            Misalnya: penerimasatu@domain.com, penerimadua@domaindua.com, dan seterusnya. Dalam konteks tersebut, penerima satu dan dua akan tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan.


                            * CC ini merupakan kependekan dari “Carbon Copy”. Ini mirip dengan istilah pertama diatas. Bedanya terlihat kepada kesan kepada siapa email utama ditujukan; dan kepada siapa salinan email juga akan dibaca. Penerima yang dituliskan dalam kolom To: akan dapat melihat alamat email penerima lainnya, dan begitu juga sebaliknya. Penggunaan seperti ini biasanya digunakan ketika kita ingin memberitahukan pihak lain ketika kita mengirimkan email kepada penerima utama.

                            Contoh: Saya ingin berkirim email kepada Pak Agus, dan saya ingin pula Pak Bambang menerima salinan email tersebut. Pak Agus tahu bahwa email saya juga dikirimkan ke Pak Bambang (sebagai salinan), dan begitu juga sebaliknya dengan Pak Bambang.


                            * BCC Kependekan dari “blind carbon copy”. Sedikit berbeda dengan CC: seperti dijelaskan diatas. Disini, semua penerima yang dituliskan dibagian BCC: tidak tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan. Seolah-olah, email tersebut dikirimkan satu per satu ke setiap penerima. Padahal, kita hanya mengirimkan satu kali, langsung kebeberapa penerima. Satu-satunya alamat email lain yang terlihat adalah alamat email pada kolom To:. Untuk menghindari supaya tidak ada alamat email lain yang terlihat (selain alamat email Anda sendiri), Anda bisa memasukkan alamat email Anda sendiri pada kolom To:, kemudian masukkan alamat email penerima lain dalam kolom BCC:.

                            Nah, Semoga bermanfaat!

                            Penemu Lambang @ pada E-mail.

                            Surat elektronik atau e-mail sangat memudahkan dalam membantu dalam pekerjaan tidak, bagaimana tidak kehadiran e-mail ini dapat menggantikan cara tradisional yaitu surat. Dengan menggunakan e-mail data-data yang penting dapat dikirimkan dalam waktu sekejap berbeda dengan surat yang dapat membutuhkan waktu berhari-hari.

                            Surat elektronik atau electronic mail (e-mail) pertama yang berhasil dikirimkan antara dua mesin dilakukan oleh seorang insinyur pendiam, Ray Tomlison di BBN suatu hari di tahun 1972. Sebelumnya, Tomlison telah menulis program mail untuk Tenex, sistem operasi yang dikembangkan BBN, yang hingga sekarang masih beroperasi pada mesin-mesin PDP-10 ARPANET.


                            Selain itu, yang juga monumental adalah penemuan lambang @ pada e-mail yang kemudian digunakan orang di seluruh dunia. “Karena saya yang pertama menemukan, jadi saya bisa leluasa memilih pungtuasi yang saya inginkan,” ujar Tomlison.

                            “Saya memilih lambang @,” ujarnya. Karakter ini, menurut dia, lumayan membantu karena mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju. Ia tidak menyadari betapa saat itu ia sedang menciptakan sebuah icon penting untuk jagat Internet.

                            asal usul lambang @

                            Mungkin diantara kita masih banyak yang belum tahu tentang asal usul lambang @ pada e-mail atau bagiamana sejarah lambang @ (at) yang ada di email tersebut?. Email atau surat elektronik ini sendiri memudahkan kita mengirim file-file secara cepat via internet. Dalam alamat email tersebut, kita menggunakan lambang @, tanpa menggunakan hurup @ ini, alamat email yang kita tuju bisa jadi takkan sampai pada sasaran. Nah berikut sedikit tentang asal usul lambang @ pada email tersebut :

                            Di tahun 1972, seorang insinyur pendiam bernama Ray Tomlinson sukses mengirimkan email pertama antara dua mesin. Waktu itu ia memilih menggunakan lambang @. Alasannya ternyata sederhana, karena menurutnya lambang itu lumayan membantu sebab mirip hurup a untuk address/alamat lembaga pemilik email yang dituju. Dari sinilah lambang @ terus dipakai hingga sekarang.

                            Yang jelas, lambang @ saat ini telah menjadi lambang yang sangat penting dalam dunia internet.

                            sumber : KASKUS

                            Muzu TV situs video terbaru pesaing YouTube

                            YouTube bisa dikatakan merupakan raja situs berbagi video hingga sekarang. Tapi kini dominasi YouTube bakal siap-siap tergerus dengan munculnya situs berbagi video terbaru, Muzu TV.

                            Muzu yang berbasis di Irlandia, akan menghadirkan video-video musik berkualitas dan memiliki arsip musik yang didukung oleh empat raksasa label rekaman Universal, Sony BMG, Warner dan EMI. Tak hanya itu, untuk label independent, Muzu didukung sekira 7.000 label. Wow... :D

                            Pengunjung Muzu juga akan ditawarkan sejumlah video-video eksklusif seperti wawancara dengan musisi atau klip-klip terbaru. Pengunjung yang telah menjadi anggota Muzu dapat membuat playlist dan berbagi dengan teman-temannya lewat jejaring sosial seperti Facebook, Bebo, MySpace dan Twitter.

                            "Apakah Anda seorang pecinta RnB atau musik rock, Muzu memilikinya sangat banyak," tulis Muzu dalam pernyataannya seperti dilansir Telegraph, Minggu (4/10/2009).

                            Muzu menyatakan, lagu dan video yang ada dalam situsnya telah mendapatkan lisensi dari para artis maupun perusahaan rekaman para artis itu bernaung, jadi pengunjung tak perlu khawatir untuk menyaksikan video-video tersebut.

                            (Berita dikutip dari techno.okezone.com)

                            Minggu, 13 Desember 2009

                            Heart-Shaped Box - Nirvana


                            Nevermind memang jadi pembuka jalan. Tapi In Utero jadi bukti. Bukti bahwa Grunge sebagai alternatif rock punya nilai jual sama tinggi dengan corak musik lainnya dalam industri musik dekade ini. Terjual diatas 3 juta copies (di pasar Amerika saja, Juni’94), In Utero jadi bukti, bahwa grunge bukan hanya geraman sesaat. Tapi makin melaju, menggerung tak terbendung sepak terjangnya di blantika rock dunia.

                            “AWALNYA ADALAH BUNYI, DAN JADILAH MUSIK. AWALNYA ADALAH PERISTIWA, DAN JADILAH SEJARAH”

                            “AWALNYA ADALAH POPULARITAS, DAN JADILAH NIRVANA YANG TERATAS. AWALNYA ADALAH PUTUS ASA, DAN JADILAH KURT COBAIN MELEDAKAN KEPALA”

                            Track List Nirvana In Utero:
                            Nirvana – Serve the Servants
                            Nirvana – Scentless Apprentice
                            Nirvana – Heart-Shaped Box
                            Nirvana – Rape Me
                            Nirvana – Frances Farmer Will Have Her Revenge on Seattle
                            Nirvana – Dumb
                            Nirvana – Very Ape
                            Nirvana – Milk It
                            Nirvana – Pennyroyal Tea
                            Nirvana – Radio Friendly Unit Shifter
                            Nirvana – Tourette’s
                            Nirvana – All Apologies

                            DOWNLOAD Album Nirvana - In Utero (1993)


                            Jumat, 04 Desember 2009

                            Selasa, 01 Desember 2009

                            ::: Sejarah Grunge ::: ""Prabelism Community Area""

                            "...AWALNYA ADALAH BUNYI, DAN JADILAH MUSIK. AWALNYA ADALAH PERISTIWA, DAN JADILAH SEJARAH...."

                            Dan bermacam peristiwa besar tergelar hingga tercatat bukan hanya dalam tinta emas tapi menjadikan sejarah yang memiliki arti. Tak kecuali yang berlaku dalam sejarah musik pop. Saat The Beatles tampil di Cavern CLub (1962), Bob Dylan di Newport (1965), Jimi Hendrix di Woodstock (1969) adalah antara lain peristiwa-peristiwa itu, "dan....saat Nirvana merilis album In Utero, pada September 1993, "kata seorang eksekutif dari Geffen Record. In Utero? Kenapa justru nggak saat Nirvana merilis album Nevermind (Oktober 1991) yang laris jutaan copies itu?

                            Nevermind memang jadi pembuka jalan. Tapi In Utero jadi bukti. Bukti bahwa Grunge (baca:granch) sebagai alternatif rock punya nilai jual sama tinggi dengan corak musik lainnya dalam industri musik dekade ini. Terjual diatas 3 juta copies (di pasar Amerika saja, Juni'94), In Utero jadi bukti, bahwa grunge bukan hanya geraman sesaat. Tapi makin melaju, menggerung tak terbendung sepak terjangnya di blantika rock dunia.

                            Grunge "mahluk" apa ini?
                            layaknya musik, tak satupun definisi yang bisa mematok arti sebenarnya dari grunge ini. Ia bisa berarti sesuatu yang "seenaknya", "ketidakteraturan", "antipola", bahkan "kesederhanaan", atau malah "bunyi memekakan laksana teriakan babi"?

                            Apalah mau disebut. Toh semua bisa saja dipaskan. Yang pasti, grunge jadi salah bentuk yang mengemohi kemapanan dalam pergaulan rock. Ia menawarkan pilihan lain dari sebangsanya hardrock, heavymetal yang dianggap sudah kelewat kuno. bahkan sementara punk rock yang dianggap sudah kehilangan semangat.
                            Dan datanglah grunge memberi alternatif.

                            Sebagian literatur menyebutkan grunge lahir sejak era jayanya punk ditahun 70-an dan bermuara di Minneapolis, dan sejak tahun 80-an mulai bergerak kekawasan pantai barat laut (northwest) Amerika.

                            Dengan musik nyaris minus sound effect, kecuali suara gitar yang sangat kasar, musik grunge dinilai banyak kritisi musik tak lebih dari Rock n' Roll minus attribut. Apakah attribut yang dimaksud adalah jaket kulit, rambut kaku ber-hair spray, kalung gelang metal, kostum mengkilat, atau lampu warna warni dan kembang api di panggung konser?

                            Mungkin iya. Tapi, grunge toh nggak lahir dengan sendirinya. Ia bisa tidak sama dengan hardrock atau heavymetal. Namun dia adalah anak dari hardrock era 70-an (diantaranya musik yang dibawakan macam KISS, Black Sabath, AC/DC pada saat itu) yang berpasangan dengan punk rock (diantaranya seperti yang diusung Sex Pistols atau Ramones).

                            Pengertian model begini, mungkin jadi lebih gampang diterima. Karena melacak jejak berdasarkan sejarah perjalanan mungkin lebih memperjelas. Toh tak satupun musik yang mau di-kubu-kan, atau dikotak-kotakkan. Tapi yang kemudian jadi pertanyaan dengan "Q" besar, apakah setelah grunge menjadi genre tersendiri, atau setelah grunge menjadi salah satu roda penggerak industri musik, masihkah juga pantas sebagai alternatif?

                            Jawabannya "BOLEH" tidak dengan "N" besar.
                            Layangkan saja pandangan ke Seattle dinegara bagian Washington sana. Pasang saja telinga mulai dari kawasan pantai barat sampai dengan ke west coast di Amerika sana. Siapa yang bisa menyangkal besarnya grunge. Hingga ia pun -suka atau tidak- sudah menjadi pola, melahirkan keteraturan. Dan NIRVANA memang tidak sendiri.


                            Sekedar menyebut nama Pearl Jam, Alice In Chains, Soundgarden, Mudhoney adalah mereka yang telah mengecap manisnya madu industri musik lewat musik ini. Dan Seattle pun maki sah saja jadi kiblatnya grunge. Seperti menyebut hal yang sama dengan Nashville untuk country, New Orleans untuk blues atau hardrock/heavymetal untuk LA.

                            Padahal ketika tahun '88 saat Mudhoney merilis single Touch Me I'm Sick, cuma 2 bar dan 1 klab kecil di Seattle yang mau memutarnya. Artinya, Seattle sendiri belum bisa menerima musik semodel yang diusung Mudhoney.

                            Kondisi seperti ini tentu saja bikin ngeri sebagian rocker di Seattle. Makanya mereka pun hijrah dari Seattle. Sebut aja The Blackouts, group yang mengusung punkrock ini cabut ke chicago dan di kemudian hari dikenal dengan Ministry. Lantas gitaris Duff Mckagan keluar dari Ten Minute Warning, dan berangkat ke Los Angeles, lantas mengkilap sebagai pembetot bas Guns N' Roses.

                            Tapi itu semua kisah lama dan semua berubah dengan cepat. Seattle jadi tujuan utama banyak group-group rock asal LA datang ke kota itu.Jangan ditanya kiprah media massa khusus musik, mereka mengakat profil Seattle sebagai laporan utamanya,dan akhirnya banyak perusahaan-perusahaan rekaman besar, jaman "perburuan emas" pun sudah dimulai.
                            Dan istilah baru pun lahir "Seattle Sound". Inilah istilah yang menunjuk pada warna musik rock yang diusung grup-grup asal atau jadi besar di Seattle.

                            Karakteristik Seattle sound inilah aplikasi dari grunge (yang juga merupakan istilah) bahkan dengan garis batas yang nyaris makin besar hingga hampir semua grup digolongkan mengusung Seattle sound. Mau diang yang bernama The Melvins, Ten Minute Warning, U-Men, Soundgarden, Skin Yard, Screaming Trees, TAD, Nirvana, Mudhoney, Mother Love Bone, Alice In Chains, Pearl Jam, Hole,... dan masih banyak lagi tuh.
                            "Tapi lembaran awal grunge sebetulnya dibuka oleh Jimi Hendrix,"klaim satu literatur". Yeah, mungkin saja. Yakni ketika Hendrix masih berumur 11 tahun (1953), saat itu ia menyiram cairan ke sekujur gitar dan menyetel volume amplifier sampai ke angka maksimum.

                            Namun tabir blantika grunge mulai terbuka pada tahun 1986, ketika album kompilasi Deep Six dirilis. Di album itu tampil antara lain Soundgarden, Green River, juga The Melvins. "Kami main bareng, kami bincang-bincang, apa yang kami suka juga yang kami benci," kenang Chris Soundgarden Cornell.
                            Begitu bebas, begitu lepas, itulah cerminan yang terpantul dari sikap bermusik para pengusung grunge. Termasuk menempatkan bermusik sebagai hobi belaka bukan untuk merangguk uang. Artinya mereka cukup senang jika masuk rekaman lalu diedarkan oleh perusahaan rekaman kecil dan tidak peduli mau laku atau tidak.

                            Tapi perjalanan waktu pun membuat keropos tiang-tiang prinsip. Sebagian pengusung grunge mulai yakin bahwa musik bisa menjadi penopang hidup. Seperti yang diproklamirkan pertama kali oleh Jeff Ament, Stone Gossard, dan Andy Wood. Namun komunitas rock di Seattle tak gentar. Mereka lantas memproduksi album memori Temple of the Dog. Di album ini pun hadir Chris Cornell, teman sekamarnya Wood. Oh...ya, Jeff Ament dan Stone Gosard di kemudian hari berkibar lewat Pearl Jam.

                            "...AWALNYA ADALAH POPULARITAS, DAN JADILAH NIRVANA YANG TERATAS. AWALNYA ADALAH PUTUS ASA, DAN JADILAH KURT COBAIN MELEDAKAN KEPALA...."


                            Kurt Cobain gitaris, vokalis sekaligus tonggak Nirvana ditemukan tewas 8 April 1994 sekitar pukul 9 pagi dirumahnya di Seattle. Dan bendera setengah tiang pun dikibarkan dipuncak grunge. bahkan bisa jadi untuk blantika musik pop dunia.
                            Tapi, Seattle Sound tak akan pernah redup, grunge tak akan berhenti menggerung.

                             


                            Sumber : Magazine of grunch

                            Alternatif Rock : Rock Alternatif

                            Alternative rock, disebut juga musik alternatif atau hanya alternatif) adalah aliran musik rock yang muncul pada tahun 1980-an dan menjadi sangat populer di tahun 1990. Nama "alternatif" ditemukan pada tahun 1980 untuk mendeskripsikan band-band punk rock yang tidak sesuai dengan aliran punk rock pada masanya. Sebagai jenis musik yang spesifik, rock alternatif mempunyai sub-aliran yang bervariasi, dari musik indie yang bermulai pada tahun 1980 dan menjadi populer pada tahun 1990; seperti indie rock, grunge, gothic rock, dan college rock. Aliran-aliran tersebut terkonsolidasi dengan ciri khasnya masing-masing.

                            Walaupun aliran alternatif terhitung sebagai aliran rock, tapi beberapa sub-alirannya terpengaruh oleh musik rakyat, reggae, musik elektronik, dan jazz. Dalam periode tertentu, istilah rock alternatif digunakan untuk menyebut musik rock dari band underground pada tahun 1980an, punk rock (termasuk punk itu sendiri), dan untuk musik rock itu sendiri pada tahun 1990an dan 2000an.


                            Sebelum dikenal sebagai rock alternatif, aliran ini mempunayi banyak variasi nama yang umum digunakan. Pada tahun 1980an di Amerika Serikat, istilah yang umum digunakan adalah college rock (Rock Universitas). Istilah ini digunakan karena banyak mahasiswa yang menyukai aliran musik jenis ini pada zamannya. Di Inggris, istilah yang biasa digunakan adalah indie. Walaupun begitu, pada tahun 1985, istilah indie digunakan untuk menyebut sub-aliran dari alternatif, bukan sekedar penggantian istilah.

                            Istilah "alternative rock" atau "rock alternatif" ditemukan pada tahun 1990. Walau begitu, istilah "alternatif" sempat muncul pada pertengahan 1980an, sebuah istilah untuk "musik baru" dan "pasca modern". Penggunaan asli istilah ini sebenarnya lebih luas daripada yang kebanyakan dimengerti, yaitu dengan meliputi punk rock, New Wave, post-punk, dan bahkan musik pop, juga indie. Tahun 1991, ketika penambahan kategori musik alternatif di Penghargaan Grammy dan Penghargaan musik video MTV, akhirnya istilah "alternatif" menjadi populer dan digunakan secara luas, bersamaan dengan suksesnya Lollapalooza.

                            "Alternative rock" secara esensial adalah istilah yang digunakan untuk menyebut musik underground yang muncul pada tahun 1980an. Band alternatif pada tahun 1980an umumnya dimainkan di klub-klub kecil, direkam untuk label indie, dan popularitasnya menyebar dari mulut ke mulut. Lirik yang digunakan dalam rock alternatif biasanya mengambil topik-topik sosial, seperti penggunaan obat terlarang, depresi, dan yang berhubungan dengan lingkungan. Hal ini merupakan sebuah pendekatan yang muncul akibat refleksi sosial dan ekonomi di Amerika Serikat dan Inggris pada tahun 1980an dan awal 1990an.

                            Pada awal tahun 1980an, beberapa stasiun radio kampus di Amerika Serikat memutarkan musik-musik rock alternatif. Rock alternatif kemudian menjadi populer di pertengahan 1980an. Namun stasiun radio komersial belum begitu mempedulikan aliran musik ini. Rock alternatif yang sering diputar di radio-radio Inggris, biasanya oleh DJ seperti John Peel, Richard Skinner, dan Annie Nightingale. Akhirnya, akhir tahun 1980an di Amerika Utara, stasiun radio komersial mulai memutar lagu-lagu rock alternatif, mengawali format radio modern rock. Diluar Amerika Utara, Double J, stasiun radio pemerintah di Sydney, Australia mulai menyiarkan rock alternatif. Tahun 1990, Double J yang sekarang dikenal sebagai Triple J, mulai menyiarkan secara nasional. MTV juga memutar video alternatif pada tengah malam. Tahun 1986, MTV Amerika Serikat menyiarkan program musik alternatif tengah malam, 120 Minutes.

                            Walaupun band-band alternatif pada tahun 1980an tidak pernah membuat album yang spektakular, mereka menimbulkan pengaruh yang besar bagi para musisi tahun 80an. Album Nevermind yang dibuat oleh band Nirvana pada tahun 1991 membuat rock alternatif menjadi musik yang paling digemari dan membentuk kemapanan komersial aliran musik tersebut. Hasilnya, rock alternatif menjadi bentuk musik rock paling populer dalam satu dekade ini dan banyak band-band alternatif menghasilkan sukses besar.

                            Dalam satu dekade pertama pada abad ke 21, aliran musik rock terus berevolusi dari awal alternatif musik yang muncul pada tahun 1980an. Musik rock yang populer pada zaman sekarang, terlihat dari grup modern rock seperti Linkin Park. Iri hati karena mengetahui kenyataan bahwa aliran musik tersebut merupakan pengaruh dari rock alternatif, sebagian besar fans menyatakan ini adalah bagian dari aliran nu metal. Bagaimanapun juga, pada tahun 2004 alternatif rock mendapat popularitas dari artis seperti Modest Mouse dan Franz Ferdinand.


                            Sumber : wikipedia.

                            Digital Music - Teknologi Rewire

                            Tutorial kali ini membahas ReWire, teknologi yang diciptakan oleh perusahaan Swedia, Propellerhead, pembuat software musik Reason. Oleh karena manfaatnya yang cukup besar, perusahaan software/hardware yang besar seperti Digidesign (pembuat ProTools, sistem digital recording standar dunia) mengadaptasi teknologi ReWire ini dalam sistem digital recording-nya.

                            Penjelasan tentang teknologi tersebut.
                            Propellerhead Reason

                            Propellerhead bermula dari perusahaan software musik kecil di Swedia yang menciptakan salah satu software revolusioner, ReBirth. Dengan software tersebut, Anda seakan menggunakan virtual studio. Wajar saja, karena dalam ReBirth tersedia berbagai macam instrumen musik, layaknya sebuah studio rekaman.

                            Sukses dengan ReBirth, Propellerhead menciptakan software yang tak kalah canggihnya yaitu Reason, dan software-software lainnya sebagai pendukung Reason. Reason adalah software virtual studio dengan pelbagai feature, seperti mixer, sound module/sound generator, audioloop player, sequencer, audio FX dan Mastering FX. Setiap device disusun dalam virtual rack dan mempunyai virtual cabling.

                            Tak hanya sampai disitu, Propellerhead kemudian menciptakan juga suatu teknologi yang menarik yakni ReWire.

                            Teknologi ReWire

                            ReWire merupakan feature di dalam software yang memungkinkan dua software atau lebih bekerja seperti satu software. Artinya kedua software tersebut di-link, sehingga apa yang Anda lakukan pada salah satu software akan berpengaruh pada software lainnya. Misalnya, jika Anda menekan tombol Play, kedua software itu akan berjalan bersamaan. Selain itu, data audio dapat di transfer di antara kedua software secara 'real-time'.

                            Dalam ReWire ada yang berfungsi sebagai Master/Host software dan Client software. Contohnya Anda dapat me-ReWire Cakewalk Sonar dengan Reason. Disini, Cakewalk Sonar berfungsi sebagai 'master' dan Reason sebagai 'client'. Pada sistem ReWire, output audio software client (dalam hal ini software Reason) tersedia pada mixer software master (yaitu software Cakewalk Sonar). Anda juga dapat merekam data di software master meski sebenarnya sound tersebut berasal dari software client.

                            Berikut ini adalah feature dari ReWire:

                            * Streaming secara realtime 256 channel audio antar 2 aplikasi (walaupun tergantung kemampuan softwarenya).

                            * Streaming secara realtime 4080 channel MIDI antar 2 aplikasi (tergantung kemampuan softwarenya juga).

                            * Sinkronisasi yang bebas masalah antara 2 software.

                            * Tombol Play, Rewind, Fast Forward dari tiap software bekerja seperti satu kesatuan.

                            * Nama track software yang satu dapat ditampilkan pada software lainnya.

                            Untuk lebih jelasnya silakan simak movie tutorial 1 pada CHIP-DVD.

                            Manfaat ReWire

                            Salah satu manfaat penggunaan teknologi ReWire ini adalah Anda dapat memanfaatkan kelebihan masing-masing software untuk membuat musik. Oleh karena secara default Cakewalk Sonar tidak mempunyai sound module atau sound generator yang benar-benar bagus, Reason bisa berfungsi sebagai sumber sound dan audioloop yang jumlahnya mencapai ratusan. Sebaliknya, ketidakmampuan Reason untuk merekam track audio, seperti vokal atau instrumen musik yang dimainkan manual semisal gitar akustik, gitar elektrik, bass dan sebagainya, dapat ditutupi dengan tersedianya track yang tidak terbatas untuk merekam audio pada Cakewalk Sonar. Dengan demikian, kelebihan software yang satu menutupi kelemahan software lainnya. Begitu pula sebaliknya.

                            Cara ReWiring Sonar dengan Reason

                            Langkah-langkah untuk ReWiring Cakewalk Sonar dengan Reason pada prinsipnya sama dengan cara ReWiring antara software lain yang mendukung ReWire. Contohnya, Cubase SX atau Nuendo di ReWire dengan Reason atau Melodyne atau FL Studio (alias Fruityloops). Pada proses ini ada yang berfungsi sebagai master software dan ada yang berfungsi sebagai software client.

                            Langkah detailnya adalah:
                            1. Jalankan software master, contohnya Cakewalk Sonar.
                            2. Pada Sonar, klik menu “Insert | ReWire Device | Reason”.
                            3. Pada window 'DXi Synth Options' yang muncul, aktifkan pilihan 'Synth Property Page' agar Reason otomatis dijalankan setelah Anda mengklik “OK”.
                            4. Klik “OK” agar Reason dijalankan.
                            5. Pada Reason, sisipkan mixer 14:2 dan buatlah beberapa device atau sound module yang ingin diaktifkan.
                            6. Rekam permainan Anda pada device Reason tersebut.

                            Sekarang, pada saat satu software di jalankan, software lainnya pun akan mengikuti. Jika Anda mem-playback, mem-forward, me-rewind di salah satu software, software lainnya akan mengikuti.


                            Sumber : CHIP

                            Musik Studio Software

                            Fungsi sebenarnya dari Band-In-A-Box, yaitu sebagai ‘Music Generator’. Band-In-A-Box termasuk software yang canggih karena software ini dapat mengimplementasikan ‘Artificial Intelligence’ atau kecerdasan buatan. Fasilitas AI yang dimilikinya memungkinkan program ini menghasilkan melodi atau improvisasi berdasarkan style musik seorang musikus terkenal. Contohnya dengan progresi chord yang Anda buat, Band-In-Abox akan menghasilkan melodi atau improvisasi musikus seperti Kenny G (saxophonist), George Benson (gitaris jazz), Eddie Van Halen, Steve Vai (keduanya gitaris rock) atau musikus terkenal lainnya.

                            Peter Gannon, pencipta Band-In-ABox, rupanya telah meriset gaya permainan ratusan bahkan ribuan musikus sehingga dengan lagu yang sama akan dihasilkan permainan musik yang berbeda, karena musikus yang memainkannya juga berbeda. Lebih dari itu, dari musikus yang sama pun, misalnya Kenny G, improvisasi dapat berbeda setiap saat seperti kita sedang mendengar penampilan musikus aslinya.

                            Kelebihan Band-In-A-Box lainnya adalah Anda dapat melihat notasi dari not-not yang dimainkan. Hal ini dikarenakan musik yang dihasilkan berupa data IDI. Kalau improvisasi tersebut terlalu cepat bagi Anda, tempo lagu Band-In-A-Box dapat diturunkan sehingga menjadi lebih lambat dan memudahkan Anda untuk mempelajarinya. Jika Anda seorang musikus, Band-In- A-Box menyediakan fasilitas untuk menganalisa permainan para musikus terkemuka, selain tampilan dari notasinya, melalui Big Piano window, Guitar Fretboard Window, Drums Window. Fungsi utama Band-In-A-Box yang terpenting adalah Anda dapat membuat musik berupa full band bahkan full orchestra tanpa harus tahu lebih dahulu cara memainkan berbagai alat musik.

                            Menarik bukan?

                            Seting MIDI Band-In-A-Box

                            Pada tutorial berikut ini Anda akan mempelajari cara mengatur (seting) MIDI dari Band-In-A-Box. Seting MIDI ini bisa diakses melalui menu “Opt. > MIDI” driver setup. Anda dapat memilih sumber suara MIDI apakah berasal dari soundcard internal komputer Anda atau sound dari virtual instrument, seperti Cakewalk TTS-1, Edirol Virtual Sound Canvas, dan lainnya. Saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan virtual instrument jika pilihan itu tersedia pada komputer Anda. Alasannya kualitas suara yang dihasilkannya lebih bagus.

                            Membuat Lagu pada Band-In-A-Box

                            Pada bagian ini Anda akan dibimbing untuk membuat lagu dari awal. Biasanya proses pembuatan lagu adalah sebagai berikut:

                            1. Buka file baru melalui menu “File > New”.

                            2. Ubah tempo (format BPM) sesuai keinginan Anda.

                            3. Masukkan chord-chord pada lagu Anda dengan cara mengetik dengan keyboard, menggunakan fasilitas ‘Chord Settings’ atau ‘Chord Builder’.

                            4. Seting lagu, seperti berapa banyak bar dan berapa kali pengulangan lagu tersebut.

                            5. Pilih style musik sesuai keinginan Anda. Band-In-Box menyediakan ratusan style musik, seperti jazz, pop, rock, etnis, orchestra.

                            6. Beri nama lagu Anda dan simpanlah

                            melalui menu “File > Save song”.

                            Fasilitas Melodist pada Band-In-A-Box

                            Pada tutorial ini akan ditunjukkan cara agar lagu Anda mempunyai melodi yang dimainkan musikus, seperti Kenny G ,George Benson, Earl Klugh, Phil Collins, grup Eagles dan musisi terkenal lainnya. Langkah-langkahnya adalah :

                            1. Klik menu “Melody > Melodist – Generate Melody and Chords”. Pada bagian ini Anda dapat memilih musikus yang akan memainkan melodi lagu.

                            2. Pada seting “Chords and/or Melody”, nonaktifkan pilihan “Allow Style Change” agar style musik yang telah Anda pilih sebelumnya tidak berubah.

                            3. Sambil memainkan kembali (playback) musik, Anda dapat menampilkan notasi dari melodi atau notasi dari semua instrumen musik pada lagu Anda baik piano, bass, drum, gitar atau string.

                            4. Band-In-Box mempunyai fitur ‘Intro’ yang berfungsi untuk menghasilkan intro lagu secara otomatis. Intro ini bisa sepanjang 4 bar atau 8 bar. Anda juga bisa memilih apakah menggunakan chord tipe jazz atau pop. Klik ‘(Re)-Generate

                            Intro Chords’. Apabila intro yang dibuat Band-In-Box kurang berkenan bagi Anda, klik tombol Intro ini dan klik ‘(Re)-Generate Intro Chords’ berulangulang sampai Anda mendapatkan intro yang sesuai.

                            Fasilitas Soloist pada Band-In-A-Box

                            Selain menghasilkan Melodi seperti pada movie tutorial 3, Band-In-A-Box dapat menghasilkan solo atau improvisasi para

                            musiku terkenal. Langkah-langkahnya adalah:

                            1. Klik menu “Soloist > Generate and

                            Play a solo”. Seperti fasilitas Melodist, di sini Anda dapat memilih siapa musisi yang Anda inginkan untuk berimprovisasi.

                            sini Anda dapat memilih siapa musisi yang Anda inginkan untuk berimprovisasi.

                            2. Atur kapan improvisasi akan dimainkan melalui window Soloist yaitu pada bagian ‘Solo Which Choruses?’. Biasanya Solo dimainkan di tengah lagu, didahului dan diakhiri oleh melodi. Namun, jika Anda memilih ‘All Solo’ berarti improvisasi akan dimainkan dari awal hingga akhir lagu.

                            3. Seperti Melodist, Anda dapat menampilkan notasi dari solo atau improvisasi musisi yang Anda pilih.

                            4. Selain notasi, Anda dapat juga menampilkan gambar tuts piano pada ‘Big Piano Window’, tampilan fret gitar pada ‘Guitar Fretboard Window’ serta ‘Drums Window’ untuk drummer. Jangan lupa, Anda juga dapat mengubah tempo lagu menjadi lebih lambat agar Anda dapat mengikuti solo musikus tersebut lebih detail.

                            5. Musik yang Anda buat selain disimpan dalam format Band-In-A-Box, juga bisa di ekspor menjadi file MIDI, yaitu melalui menu “File > Make a Standard MIDI File”. Dengan format MIDI ini, Anda bebas untuk mengedit menggunakan

                            software lain, seperti Cubase SX, Nuendo, Cakewalk Sonar dan software audio lainnya.



                            By: CHIP