Digital Music - Teknologi Rewire

Tutorial kali ini membahas ReWire, teknologi yang diciptakan oleh perusahaan Swedia, Propellerhead, pembuat software musik Reason. Oleh karena manfaatnya yang cukup besar, perusahaan software/hardware yang besar seperti Digidesign (pembuat ProTools, sistem digital recording standar dunia) mengadaptasi teknologi ReWire ini dalam sistem digital recording-nya.


Penjelasan tentang teknologi tersebut.
Propellerhead Reason

Propellerhead bermula dari perusahaan software musik kecil di Swedia yang menciptakan salah satu software revolusioner, ReBirth. Dengan software tersebut, Anda seakan menggunakan virtual studio. Wajar saja, karena dalam ReBirth tersedia berbagai macam instrumen musik, layaknya sebuah studio rekaman.

Sukses dengan ReBirth, Propellerhead menciptakan software yang tak kalah canggihnya yaitu Reason, dan software-software lainnya sebagai pendukung Reason. Reason adalah software virtual studio dengan pelbagai feature, seperti mixer, sound module/sound generator, audioloop player, sequencer, audio FX dan Mastering FX. Setiap device disusun dalam virtual rack dan mempunyai virtual cabling.

Tak hanya sampai disitu, Propellerhead kemudian menciptakan juga suatu teknologi yang menarik yakni ReWire.

Teknologi ReWire

ReWire merupakan feature di dalam software yang memungkinkan dua software atau lebih bekerja seperti satu software. Artinya kedua software tersebut di-link, sehingga apa yang Anda lakukan pada salah satu software akan berpengaruh pada software lainnya. Misalnya, jika Anda menekan tombol Play, kedua software itu akan berjalan bersamaan. Selain itu, data audio dapat di transfer di antara kedua software secara 'real-time'.

Dalam ReWire ada yang berfungsi sebagai Master/Host software dan Client software. Contohnya Anda dapat me-ReWire Cakewalk Sonar dengan Reason. Disini, Cakewalk Sonar berfungsi sebagai 'master' dan Reason sebagai 'client'. Pada sistem ReWire, output audio software client (dalam hal ini software Reason) tersedia pada mixer software master (yaitu software Cakewalk Sonar). Anda juga dapat merekam data di software master meski sebenarnya sound tersebut berasal dari software client.

Berikut ini adalah feature dari ReWire:

* Streaming secara realtime 256 channel audio antar 2 aplikasi (walaupun tergantung kemampuan softwarenya).

* Streaming secara realtime 4080 channel MIDI antar 2 aplikasi (tergantung kemampuan softwarenya juga).

* Sinkronisasi yang bebas masalah antara 2 software.

* Tombol Play, Rewind, Fast Forward dari tiap software bekerja seperti satu kesatuan.

* Nama track software yang satu dapat ditampilkan pada software lainnya.

Untuk lebih jelasnya silakan simak movie tutorial 1 pada CHIP-DVD.

Manfaat ReWire

Salah satu manfaat penggunaan teknologi ReWire ini adalah Anda dapat memanfaatkan kelebihan masing-masing software untuk membuat musik. Oleh karena secara default Cakewalk Sonar tidak mempunyai sound module atau sound generator yang benar-benar bagus, Reason bisa berfungsi sebagai sumber sound dan audioloop yang jumlahnya mencapai ratusan. Sebaliknya, ketidakmampuan Reason untuk merekam track audio, seperti vokal atau instrumen musik yang dimainkan manual semisal gitar akustik, gitar elektrik, bass dan sebagainya, dapat ditutupi dengan tersedianya track yang tidak terbatas untuk merekam audio pada Cakewalk Sonar. Dengan demikian, kelebihan software yang satu menutupi kelemahan software lainnya. Begitu pula sebaliknya.

Cara ReWiring Sonar dengan Reason

Langkah-langkah untuk ReWiring Cakewalk Sonar dengan Reason pada prinsipnya sama dengan cara ReWiring antara software lain yang mendukung ReWire. Contohnya, Cubase SX atau Nuendo di ReWire dengan Reason atau Melodyne atau FL Studio (alias Fruityloops). Pada proses ini ada yang berfungsi sebagai master software dan ada yang berfungsi sebagai software client.

Langkah detailnya adalah:
  1. Jalankan software master, contohnya Cakewalk Sonar.
  2. Pada Sonar, klik menu “Insert | ReWire Device | Reason”.
  3. Pada window 'DXi Synth Options' yang muncul, aktifkan pilihan 'Synth Property Page' agar Reason otomatis dijalankan setelah Anda mengklik “OK”.
  4. Klik “OK” agar Reason dijalankan.
  5. Pada Reason, sisipkan mixer 14:2 dan buatlah beberapa device atau sound module yang ingin diaktifkan.
  6. Rekam permainan Anda pada device Reason tersebut.

Sekarang, pada saat satu software di jalankan, software lainnya pun akan mengikuti. Jika Anda mem-playback, mem-forward, me-rewind di salah satu software, software lainnya akan mengikuti.


Sumber : CHIP