Tips efektif dan efisien menggunakan AntiVirus

Pengaturan standard bukan berarti yang terbaik, bahkan sering kerja komputer sangat lambat atau proses scanning komputer menjadi sangat lambat. Bagaimana agar penggunaan antivirus efektif dan efisien ? Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan :

Untuk Pengguna Offline

Jika komputer kita tidak tersambung ke internet atau jarang sekali koneksi ke Internet, maka ada beberapa hal yang bisa di efektifkan :

  • Matikan fasilitas Auto Update, update dilakukan manual, dengan download virus database atau ketika konek ke Internet saja.
  • Jika ada fasilitas Anti Spyware atau Email Scanner, atau fasilitas lain yang berhubungan dengan koneksi Internet, matikan saja untuk mengurangi pemakaian Memori dan CPU. Jika komputer kadang terkoneksi ke Internet, scan spyware dapat dilakukan secara manual, setiap beberapa hari atau seminggu sekali.
  • Download virus definition (update) maksimal sekitar satu minggu sekali. Meskipun tidak ada batasan tertentu, tetapi lebih sering lebih baik.

Untuk Pengguna Online

Jika komputer selalu atau sering online, maka beberapa hal yang bisa diefektifkan adalah :

  • Aktifkan Auto Update, sehari sekali sudah cukup, lebih sering lebih baik.
  • Jika ada fasilitas email scanner atau anti spyware, lebih baik diaktifkan, kecuali menggunakan program anti spyware lainnya.

Proses Scan Virus

Proses scan virus di komputer bisa memerlukan waktu cukup lama, bahkan sampai berjam-jam jika file kita sangat banyak. Agar efektif dan efisien, bisa diatur hal-hal berikut :

  • Non aktifkan (disabled) scan Archive (file yang dikompress, seperti zip,rar,cab dan sebagainya), kecuali punya banyak waktu untuk menscan virus. Karena jika ini diaktifkan proses scan bisa sangat lama. Selain itu jika ada virus didalam zip/archive maka tidak berbahaya asal file didalamnya tidak dijalankan.
  • Hindari setting untuk langsung menghapus/heal/remove file yang dianggap sebagai virus, lebih baik pilih Karantina (Move to Quarantine) atau rename. Kecuali sudah yakin bahwa file itu memang virus, bukan dokumen atau program yang terinfeksi virus.
  • Jika ada pilihan scan file-file tertentu/pilihan (smart extensions) dan semua file, maka lebih baik dipilih smart extensions, scan akan jauh lebih cepat.
  • Di bagian Scheduler Scan (Scan otomatis setiap waktu tertentu), pastikan diatur di saat-saat komputer jarang terpakai atau di matikan (non aktifkan/disabled) saja dan scan di lakukan secara manual. Karena kadang kita tidak tahu bahwa antivirus sedang melakukan scan yang bisa memakan waktu sangat lama, sehingga kerja komputer menjadi sangat lambat.
  • Jika sedang melakukan proses scan, sebaiknya tidak menjalankan program lain, apalagi yang berat. Juga pastikan untuk mematikan screensaver jika komputer ditinggal pergi.
Optimaliasasi Umum

  • Periksa Virus Vault (karantina Virus). Jika sudah terlalu banyak isinya, hapus yang benar-benar virus atau file yang sudah tidak terpakai lagi. Jika banyak file yang berukuran sama, kemungkinan itu virus, jadi dihapus saja atau tinggalkan satu saja.
  • Aktifkan fasilitas Report, dan simpan report-nya di folder yang mudah dicari.
  • Selalu aktifkan Resident Shield/Guard, karena ini yang selalu memonitor file-file setiap saat.
  • Jika tidak penting sekali, hindari pemakaian 2 antivirus atau lebih secara bersamaan.
Jika anda mempunyai tips pemakaian antivirus yang lain, silahkan ditambahkan, untuk melengkapi artikel ini. Semoga bermanfaat (ebsoft.web.id).

Daftar link download berbagai driver Motherboard

Berikut daftar link download driver berbagai vendor motherboard komputer. Saya berusaha menuliskan daftar download dari alamat (situs) resmi, sehingga lebih menjamin keamanan dan kinerjanya. Selain itu tidak diperlukan login, membership ataupun membayar, alias gratis.

• ABIT : http://www.abit.com.tw/page/en/download/download_driver.php
• ASRock : http://www.asrock.com/support/download.asp
• ASUS : http://support.asus.com/download/download.aspx?SLanguage=en-us
• BIOSTAR : http://www.biostar.com.tw/app/en-us/support/download.php
• Chaintech : http://www.chaintech.com.tw/a40_downloads.php
• DFI LANParty : http://us.dfi.com.tw/portal/CM/cmdownload
• ECS : http://www.ecs.com.tw/ECSWebSite/Downloads/
• EPoX : http://www.epox.com/USA/downloads.asp
• FoxConn : http://www.foxconnchannel.com/support/downloads.aspx
• Gigabyte : http://www.gigabyte.com.tw/Support/Default.aspx
• Intel : http://downloadcenter.intel.com/
• Jetway : http://www.jetway.com.tw/jw/download.asp
• IWill : http://www.flextronics.com/iwill/product_adns.asp
• MSI (Micro-Star International) : http://www.msi.com. Lokasi download driver :
• Next : http://www.next-board.com/drivers.php
• PCChips, lihat download vendor ECS diatas

Sebagian besar link diatas akan langsung masuk ke halaman pemilihan hardware yang dimiliki masing-masing vendor, seperti : Motherboard, VGA / Graphics card, Server/ workstation board dan lainnya. Jadi sebelum download, langkah lain yang juga penting adalah mengetahui tipe Motherboard yang digunakan.

Cara mengetahui tipe Motherboard yang terbaik adalah dengan membuka chasing komputer dan dilihat keterangannya di motherboardnya. Sebagian besar vendor akan menuliskan tipe-nya disana, baik dengan sticker atau langsung menuliskan di papan mainboardnya dengan tulisan yang cukup besar dan cukup mencolok. Berikut contohnya

Koleksi Software Cleaner

Koleksi software cleaner

Satu untuk semua.
kayaknya bermanfaat buat para pengguna komputer. berikut penelusurannya :

Komputer anda tiba-tiba menenunjukan kinerja yang semakin lama dalam mengerjakan tugasnya dan semakin menimbulkan masalah. Berikut adalah tool yang dapat membantu anda membersihkan sampah-sampah yang ada disana. Ke 20 file dibawah ini akan membuat PC anda berterimakasih kepada anda.

1. PC Decrapifier: Anda membeli PC yang baru dari toko komputer, dan anda berharap PC tersebut bersih dari segala noda? Salah!! Anda biasanya akan menemukan banyak,”craplets”, mereka akan melambatkan kinerja PC anda. PC Decraptifier secara otomatis akan membuang “crap” yang ada pada komputer baru anda. Tetapi jangan terlalu berharap bahwa ia akan membersihkan semuanya, hanya ada beberapa spesifik “crap” dan trialware yang akan dibuangnya dari komputer baru anda, seperti QuickBooks Trial, Wild Tangent Games, Dell URL Assistant dan masih banyak lagi.

2. Dedaulus System Cleaner Jika anda mencari pembersih sistem yang sederhana, mudah untuk melakukan basic cleaning, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk itu. Program ini dapat membersihkan temp files dan jejak dari penggunaan Internet, menemukan duplikasi file, dan membenarkan Registry error.

3. TuneUp Utilities 2007 Program ini dihargai $40 namun memiliki semua macam kelengkapan yang diperlukan untuk sebuah clean-up tool. Ia melakukan tugas-tugas seperti: membuang file yang tidak dibutuhkan, clean up dan meng-optimize registry, dan masih banyak lagi.

4. WinSettings Pro Harga sistem pembersih all-in-one ini adalah $50 namun ia dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan. Ia akan dapat menemukan junk file, duplicate file, dan internet history, ia juga dapat membersihkan cookie yang ada.

5. Super Utilities Ini adalah sebuah pembersih all-in-one tool yang lain untuk membersihkan dan mengoptimalkan PC anda. Kelebihan dari tool kit ini adalah dia memiliki registry cleaner, defragmentation tool, fitur antispyware dan ada 27 fungsi tambahan lainnya. Anda dapat mencobanya untuk 30 hari, setelah itu jika anda setuju bahwa ini adalah produk yang baik untuk dibeli, harganya $60 saja.

6. Magic Utilities Alat ini memiliki lima fungsi yang berbeda untuk membersihkan PC anda. Pertama, untuk membunuh program pada saat start up, kedua, untuk uninstall software, ketiga, untuk menemukan junk pada hard drive anda dan membiarkan anda yang memutuskan untuk membuangnya, keempat untuk menemukan file yang berceceran, dan kelima untuk memutuskan proses yang sedang berjalan. Tidak ada yang spesial pada software ini, hanya kemudahan penggunaanya saja yang menjadi keunggulannya. Harga registrasinya $40.

7. Autoruns Alat ini memperlengkapi anda dengan informasi. Jika anda mengetahui software mana yang secara otomatis berjalan pada saat log in, anda dapat memutuskan mana yang anda butuhkan dan mana yang tidak.

8. Security Task Manager Jika PC anda seret, anda pasti memiliki terlalu banyak program yang berjalan pada saat yang sama, dan banyak yang pastinya tidak anda ketahui. Dengan Windows Task Manager anda akan mengetahui apa yang sedang berjalan, dan memberikan anda penjelasan terperinci tentang apa yang seedang terjadi.

9. Duplicate Music Files Finder Anda memiliki disk yang penuh dengan MP3 atau file musik lainnya? Jika ya, anda kemungkinan besar juga memiliki file MP3 yang dobel. Mencari file yang sama mungkin cukup membuang waktu, karena anda mungkin memiliki file yang sama dengan nama yang berbeda. Dengan alat ini anda akan mendapatkan pencarian yang lebih spesifik dengan membandingkan file size, CRC check, dan ID3 (MP3 meta data) untuk membantu anda mencari file yang memiliki duplikat

10. Easy Duplicate Finder Jika anda telah menggunakan PC anda cukup lama. Anda akan disibukan dengan berbagai macam file yang dobel. Seperti graphics files, .doc files, media files, dll files dan anda akan terkejut dengan banyaknya jumlah file tersebut. Ini bukan saja membuang tempat pada hard disk anda, tetapi juga membuat pencarian file yang anda inginkan menjadi lebih sulit. Alat ini akan mencari anda file yang terduplikat dan menghapus yang tidak anda butuhkan. Arahkan pada hard disk anda dan pada folder yang anda mau, dan ia akan berjalan sesuai yang anda inginkan.

11. Wise Disk Cleaner PC anda memilki banyak file yang tidak diinginkan, seperti temporary internet file, log file, index file, dan backup file? Ini akan sangat membebani ruang untuk memory anda. Wise Disk Cleaner dapat mencari file ini untuk anda, dan menghapus apa yang ingin anda hapus. Anda bisa memilih untuk secara permanen menghapusnya atau menaruhnya dalam recycle bin.

12. Adblock Pro PC anda penuh dengan junk? Demikian pula hal nya dengan Internet, jika menurut anda iklan adalah junk. Jika anda bukanpenggemar iklan, anda dapat dengan mudah membunuhnya dengan Adblock Pro. Shareware seharga $20 ini bekerja lebih baik dibandingkan dengan IE 7 pop up blocker.

13. R-Wipe and Clean Tanpa sepengetahuan anda, PC menyimpan sejarah tentang aktivitas anda. Ia memiliki sejarh tentang Web yang anda kunjungi, RSS feed anda, download, program yang anda jalankan, file yang anda buka dan masih banyak lagi. Program seharga $29 ini dapat membersihkannya untuk anda, agar PC anda dapat bekerja lebih cepat.

14. Expired Cookies Cleaner Komputer anda dipenuhi dengan cookie tempat web yang pernah anda kunjungi. Cookie sebenarnya memiliki tujuan, yaitu untuk melakukan log otomatis setiap kali anda membuka suatu web. Namun seringkali cookie menjadi out of date, dan mereka tetap berada dalam PC anda. Alat ini akan mencari cookie yang sudah lama dan segera menghapusnya.

15. HackCleaner Barang gratisan ini dapat melakukan tugas yang baik seperti membersihkan junk dari PC, termasuk cookies, temporary internet file, internet toolbar, dan lain-lain. Ia juga bisa digunakan untuk membebaskan RAM ke bagian dari hard disk untuk meningkatkan kinerja PC.

16. Wise Registry Cleaner Semakin tua PC anda, semakin banyak junk yang bertumpuk disana. Program yang ditulis kurang sempurna tidak membersihkan registry sewaktu anda membersihkan mereka. Semakin banyak junk di registry, semakin jelek kinerja komputer anda. Program gratisan ini melakukan pekerjaan yang baik untuk membersihkan junk di registry anda.

17. Registry Commander Registry commander membuat kegiatan meng-edit registry menjadi lebih mudah. Namun berhati-hatilah terhadap kegiatan ini, tidak perduli dengan tool apa anda mengerjakannya, registry bisa berakibat fatal.

18. AusLogics Registry Defrag Walaupun Windows Registry anda relatif bersih, kinerja komputer anda mungkin masih akan lama. Hal ini disebabkan oleh hard disk anda yang ter-fragment setiap waktu. Alat gratisan ini hadir untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Ia akan memperkecil size dari registry anda dan juga meningkatkan efiktivitas dari defragmentasi anda.

19. Driver Sweeper Anda telah rajin meng-update sistem anda. Secara teori sistem anda akan ada pada kondisi terbaiknya dan berjalan dengan kecepatan tinggi. Namun ada sedikit masalah: jika anda tidak menyingkiran driver tua anda dengan baik, sitem akan menjadi tidak stabil, berjalan lebih lama, dan crash. Driver Sweeper ada untuk mengatasi hal ini. Ia akan melakukan sweeping kepada sistem anda, menemukan driver lama anda, dan membiarkan anda membuangnya. Dan untuk tujuan keamanan, dia juga akan mem-back upnya. jadi anda dapat me-restorenya bila kelak anda membutuhkannya.

20. LocalCooling Alat yang satu ini tidak akan membuat PC anda lebih bersih, namun pastinya akan membuat dunia lebih bersih. Alat gratisan ini akan menghemat penggunaan listrik dari PC anda, jadi PC anda akan memberikan kontribusi yang lebih sedikit terhadap pemanasan global.

Search engine terbaru

Harian Freedom Inggris (3/5) memberitakan, dunia internet akan muncul suatu revolusi baru: suatu software search engine baru yang belum pernah disaksikan di dunia internet sebelumnya, dapat memahami masalah, dan dapat memberikan jawaban yang betul–betul pas atas masalah yang ada, yang akan segera diluncurkan pada bulan ini.

Sistem search engine terbaru yang bernama “Wolfram Alpha” ini, minggu lalu baru saja diperkenalkan ke khalayak ramai di Harvard University, AS, dan sedang melangkah ke arah reputasi untuk dipandang sebagai “piala bergilir dunia internet”. Sistem ini adalah suatu gudang data yang dapat memahami dan dapat menggunakan bahasa manusia biasa untuk menjawab berbagai pertanyaan.

Meskipun sistem ini masih sangat baru, namun telah mengundang minat yang amat besar dari dunia luar, dan membuat pemain-pemain dari kalangan teknologi dan internet begitu bersemangat. Para pakar komputer berpendapat, Wolfram Alpha adalah satu lompatan besar dalam sejarah revolusi perkembangan internet di dunia.

Pakar internet dan komputer, Spiegel Wacker, mengatakan bahwa di kemudian hari fungsi dan pentingnya Wolfram Alpha ini bagi seluruh dunia mungkin tidak akan kalah dari Google, namun penggunaan keduanya tetap saja ada perbedaan.

Warga Inggris bernama Wolfram yang menemukan Wolfram Alpha ini mengatakan, inovasi sesungguhnya dari Wolfram Alpha ini adalah kemampuannya untuk segera bertindak.
Pada saat menanyakan pertanyaan seperti, “Berapa tinggi Puncak Everest?”, maka Wolfram Alpha tidak hanya akan segera mencari jawabannya, namun juga akan memberikan satu halaman penuh informasi yang berhubungan dari sejumlah sumber yang dapat dipercaya, seperti peta letaknya, kota-kota di sekitarnya, gunung-gunung di sekitarnya dan juga berbagai grafik lainnya.

Wolfram mengatakan, jika pengguna meminta untuk membandingkan tinggi Puncak Everest dengan panjang jembatan Golden Bridge di San Francisco, hal ini sama sekali tidak akan menyulitkan Wolfram Alpha.

Jika Anda ingin mengetahui keadaan cuaca di London pada hari Presiden John F. Kennedy dibunuh, Wolfram Alpha juga dapat meng-cross check berbagai informasi dan memberikan jawaban.

Jika ditanyakan apa itu nada tinggi D, maka Wolfram Alpha akan memainkan sepenggal musik dengan tangga nada tersebut; jika Anda meng-input “lempar 10 kali, muncul kepala 4 kali”, maka Wolfram Alpha akan menebak bahwa Anda sedang ingin menanyakan berapa probabilitas lemparan koin. Bahkan kapankah gerhana matahari di Chicago yang berikutnya, atau dimanakah posisi stasiun luar angkasa internasional sekarang, Wolfram Alpha dapat menjawab semua pertanyaan Anda.

Wolfram mengatakan, sistem tersebut memberikan informasi yang selalu dinilai terlebih dahulu oleh pakar, dengan kata lain Wolfram Alpha tidak akan memiliki kekurangan seperti yang dialami pada Wikipedia atau pun berbagai jenis situs pengetahuan perorangan lainnya yakni kebenaran yang diragukan. Wolfram Alpha akan memberikan secara gratis penggunaannya pada umum, Wolfram mengatakan, di kemudian hari tidak tertutup kemungkinan bekerja sama dengan search engine terbesar dunia yakni Google.

Tips PC

Halo pembaca!! Anda merasa komputer anda lambat?? Atau sering restart tanpa sebab yang jelas?? Hal ini tentu sangat menjengkelkan, disaat kita bekerja dan berpacu dengan waktu, eh komputer malah ngadat… atau malah virus menyerang dan membabat habis file pekerjaan.. wah bisa-bisa gak naik pangkat nie. Bukanya nakut-nakutin ya, komputer memang memerlukan perawatan agar dapat bekerja secara optimal.

Berikut adalah tips-tips ringan agar komputer dapat bekerja optimal dan stabil.

Tips ini bersumber dari pengalaman saya dan berbagai referensi di belantara internet. Komputer juga harus bersih? Emang bisa sakit?? bukan begitu sop… Komputer harus dijaga kebersihanya, tak jarang komputer restart sendiri karena debu menumpuk didalam casing CPU. Teman saya pernah mengalami, saat itu komputernya 2 bulan tidak digunakan, ketika digunakan ternyata komputer tersebut lambat dan sering restart. Setelah dibuka casing CPU-nya ternyata debu memenuhi peripheral dalam CPU.

Setelah dibersihkan, komputer tersebut stabil dan tidak restart lagi. Paling tidak tiap 2 bulan, bukalah casing CPU dan bersihkan debu yang menempel pada kipas, motherboard dan peripheral lainya. Lepas RAM dan bersihkan konektornya menggunakan lap kering dan bersihkan pula slotnya.

Jika bisa, lepas heatsink prosesor dan ganti thermal pastenya. Debu dapat menyebabkan aliran listrik dan data tidak lancar dan bila mengotori kipas/heatsink dapat mengganggu pelepasan panas, akibatnya suhu pun meningkat. Bahkan, gara-gara debu, hardisk milik teman saya tidak terdeteksi, maka konektornya pun dibersihkan.

Untuk membersihkan motherboard bisa menggunakan kuas halus dan disapukan di badan motherboard agar debu hilang. Bersihkan juga ruangan dan peralatan di sekitar komputer. Jika komputer terbebas dari debu, maka aliran listrik lancar, pelepasan panas pun lancar dan hasilnya komputer mejadi lebih stabil.