Membuat dokumen PDF gratis dan mudah

Saat ini Portable Document Format (PDF) sudah menjadi distribusi dokumen standard dalam hal keamanan dan dapat diandalkan di seluruh dunia. Sebagian besar dokumen yang disertakan dalam email untuk kelengkapan data, biasanya disertakan dalam pdf. Untuk menghasilkan dokumen dalam format pdf sudah banyak software yang tersedia secara gratis. Jika hanya ingin menghasilkan dari Word, Excel dan sejenisnya, maka bisa digunakan OpenOffice. Semua aplikasinya sudah menyertakan fasilitas untuk menyimpan data dalam format pdf. Tapi bagaimana jika kita ingin menghasilkan dokument dari aplikasi lain, seperti pengolah vektor, gambar, web site dan lainnya ?

Jawabannya adalah dengan fasilitas print langsung ke format PDF. Jadi jika aplikasi tersebut menyertakan fasilitas print ( biasanya menu File > print ), maka dapat dihasilkan dokumen dalam format pdf. Berikut beberapa aplikasi gratis / opensource yang dapat dijadikan alternatif untuk menghasilkan pdf.

1. CutePDF Writer

Dengan CutePDF writer, kita dapat menghasilkan pdf dengan mudah. CutePDF Writer menginstall dirinya sebagai “printer subsystem”, sehingga kita dapat mencetak secara virtual ke format pdf. CutePDF Writer (CutePDF Printer) merupakan versi gratis dari CutePDF Profesional.
CutPDF Writer berlisensi FREE untuk personal dan commercial, tidak ada watermarks juga Popup Web Ads. Untuk dapat memanghasilkan pdf, CutePDF memerlukan PS2PDF converter seperti Ghostscript, yang juga disediakan link di websitenya. Jika hanya untuk menghasilkan pdf, tanpa tambahan fasilitas lainnya, maka cutePDF merupakan aplikasi yang cukup bagus.
Download selengkapnya ( termasuk PS2PDF) bisa dilihat disini :

http://www.cutepdf.com/Products/CutePDF/writer.asp

2. PrimoPDF

Seperti CutePDF, PromiPDF juga diinstall sebagai virtual printer, sehingga kita bisa mencetak untuk menghasilkan pdf. Seperti cutePDF, primoPDF juga gratis dan tanpa pesan iklan. Dibanding CutePDF, aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain :

  • Fasilitas untuk mengoptimalkan hasil untuk screen (prioritas utama untuk dibaca), print (standard laser printer), ebook, dan prepress.
  • Menambah keamanan dengan enkripsi 40- or 128-bit.
  • manambah Informasi dokumen (title, author, subject, keywords) di dokumen yang dihasilkan.
  • Mendukung Double byte character.
  • Mendukung non-TrueType fonts.
  • Kemampuan untuk menggabung atau menambahkan PDF ketika konversi.
Ukuran Instalasi sekitar 13.5 MB.
Download disini

http://www.primopdf.com/primopdf_free_idx.aspx

3. Pdf955

Dibanding aplikasi sebelumnya pdf955 mungkin merupakan pdf creator yang mempunyai fasilitas paling lengkap, tetapi untuk memanfaatkannya berbagai fasilitasnya mungkin kurang praktis, karena melalui aplikasi terpisah. Dan satu hal yang membedakan dengan aplikasi sebelumnya bahwa pdf955 versi gratis selalu menampilkan PopUpWindow ketika dijalankan (Pesan sponsor), yang mungkin terkadang menjengkelkan. Pdf955 juga menggunakan GPL Ghostscript, seperti CutePDF.

Untuk mengedit pdf, diperlukan aplikasi tambahan yaitu pdf955edit. Dengan pdfEdit995 hasil keluaran dapat dicustomisasi, misalnya : menyisipkan bookmarks, menambahkan links, menggabung beberapa files pdf menjadi satu pdf, mengubah page orientation, menambahkan stempel “Confidential”, mengatur resolusi gambar,ringkasan dokumen, membuat batch print untuk aplikasi Microsoft Office dan lainnya.

Pdf955 juga mampu menambahkan Digital Signature atau meng-encrypt PDF, dengan tambahan aplikasi Signature995.Signature995 menggunakan teknologi Microsoft Cryptographic dengan 128-bit DES encryption.

Fasilitas lainnya antara lain :

  • Integrasi dengan Microsoft Word toolbar
  • Konversi PDF ke JPEG, TIFF, BMP, PCX formats, HTML, Word DOC, text.
  • Otomatis menghasilkan daftar isi (Table of Contents)
  • Standard Enkripsi PDF (restricted printing, modifying, copying text and images)
  • Mendukung untuk optimasi PDF, Compressed PDF,custom page sizes, shared network printing
  • Pilihan untuk mengatur ukuran keluaran
  • Konfigurasi Font embedding
  • Konversi PS ke PDF secara mudah.
  • Dapat dikonfigurasi untuk menambah fungsi di Acrobat Distiller
Informasi dan download :

• http://www.pdf995.com/download.html • http://www.pdf995.com/

4. PDFCreator

PDF Creator merupakan satu-satunya aplikasi yang merupakan OpenSource, dan tidak kalah dibanding aplikasi sebelumnya, karena memiliki fasilitas cukup banyak. Hanya saja bagi pengguna windows Vista, mungkin ada beberapa permasalahan. Fasilitas tambahannya antara lain :

  • Menghasilkan dokumen dalam format berikut: Portable Document Format (PDF), Postscript (PS), Encapsulated Postscript (EPS), PNG, JPEG, BMP, PCX, and TIFF.
  • Combine multiple documents into one PDF.
  • Password protect and apply up to 128 bit encryption to your PDF documents.
  • Automatically save PDF documents with current settings without being prompted for information
Untuk Download dan Informasi selengkapnya silahkan kunjungi web :

• http://www.pdfforge.org • http://sourceforge.net/projects/pdfcreator

Cara menghasilkan dokumen PDF

Untuk menghasilkan file PDF, secara umum tinggal pilih Menu File > Print ( atau menu lainnya untuk mencetak dokumen), kemudian dibagian Select Printer, pilih nama aplikasi yang sesuai, misalnya CutePDF, PrimoPDF, PDF955 atau PDFCreator. kemudian klik Print. Jika memerlukan opsi tambahan maka akan ditampilkan, atau langsung ditampilkan lokasi dimana file akan disimpan.

Meng-capture tampilan Windows XP

Bagi anda yang sering atau ingin membuat interaktif tutorial, membuat video dari tampilan dilayar, atau ingin meng-capture tampilan windows dengan berbagai fasilitas, maka ada dua software yg bisa dikatakan terbaik dibidangnya. Dalam hal screencasting ( menangkap tampilan window sehingga bisa jadi File Video ) maka Camtasia Studio merupakan salah satu software terbaik, sedangkan dalam hal screen-capture, maka Snag-it mungkin yang terbaik

Saat ini kita bisa download copy kedua software ini secara gratis. Camtasia Studio versi 5 harganya sekitar $300, tetapi kita bisa memperoleh versi 3 dan menggunakannya secara gratis. Walaupun versi 3 tetapi kemampuannya cukup bagus, dan mungkin malah sudah mencukupi kebutuhan kita dalam hal screencasting.

Selemat Mencoba.

Mx One Antivirus

Seperti telah diketahui, bahwa flashdisk merupakan media yang paling sering digunakan sebagai penyebar virus, trojan, worm dan lainnya. Termasuk juga MP3, MP4 player, Memory Card dan media berbasis USB lainnya. Salah satu metode untuk mencegah aplikasi otomatis berjalan dari media tersebut adalah mematikan fasilitas autorun windows.

Selain itu, antivirus biasanya juga otomatis mendeteksi Autorun yang ada di flashdiks, dan akan mengecek apakah ada virus atau tidak. Tetapi jika ingin cara lain dan lebih mudah untuk melindungi dari virus yang otomatis bisa berjalan dari flashdisk,Mp3/Mp4 player, ipod, MemoryCard (SD, MicroSD, MMC, Memori M2 dan sejenisnya) bisa mencoba freeware Mx One Antivirus
Mx One antivirus merupakan antivirus yang di design khusus untuk melindungi komputer dari virus yang sering menular dari flashdisk dan juga melindungi flashdisk iu sendiri dari berbagai virus, trojan, worm dan lainnya. Tampilannya sangat sederhana, sehingga cukup mudah bagi pengguna awam pun. Fasilitas selengkapnya sebagai berikut :

  • Melindungi dari Virus, Trojan, Worm dan lainnya
  • Kompatibel dengan antivirus lainnya, seperti NOD32, Kaspersky, BitDefender, AVG, Norton dan lainnya
  • Realtime protection
  • System “Check and Block” yang akan menetralkan semua virus yang akan menginfeksi media yang digunakan (seperti flashdisk), ketika dipasang di komputer yang terinfeksi virus, bahkan yang belum dikenal
  • Fasilitas “Guardian” untuk melindungi PC dari virus yang akan dijalankan dari flashdisk
  • Melindungi dari virus yang tidak dikenal dengan sistem “Check and Block”
  • Ukuran yang sangat kecil, hanya memerlukan sekitar 1 MB space
  • 100% Gratis
Mx One antivirus bisa di install di PC dan di flashdisk. Hanya saja ketika di install di flashdisk sepertinya kurang banyak bermanfaat, terutama ketika fasilitas autorun dimatikan. Tetapi jika di install di PC cukup membantu dan bermanfaat. Ketika saya mencoba memasukkan flashdisk yang tidak ada virusnya (bersih), maka mx one menampilkan bahwa flashdisk clean. Seperti berikut
MX One antivirus juga menyediakan update, baik secara online maupun offline. Antivirus ini berasal dari (Mexico), Tetapi keterangan cara update disertakan dengan bahasa Perancis. Website resmi dan keterangannya sebagian dalam bahasa (Mexico)

Cara Update Manual :
Download file update dari alamat yang ada dibawah. Kemudian, setelah selesai, ikuti langkah berikut :
  1. Buka file yang ada dalam zip
  2. Di Icon Mx One yang ada di sistem tray (pojok kanan bawah), klik dan pilih “Open Guardian”
  3. Pada bagian Update pilih tombol Update Offline kemudian cari file *.mou (MxOneGuardianUpdate.mou) dari yang ada di file update
  4. Setelah itu antivirus akan diupdate
Perlu diingat bahwa antivirus ini jika di install di PC khusus untuk melindungi penyebaran atau menular-nya virus dari media seperti flashdisk, SD, MicroSD, MP3/MP4 player dan media sejenisnya. Jadi tidak memproteksi sepenuhnya dari virus di PC

Program kecil gratis ViGlance

Bagi yang menggunakan Windows XP dan belum pernah mencoba tampilan Taskbar Windows 7 (Superbar), saat ini ada program gratis kecil tanpa harus meng-install (portable) untuk mengubah tampilan Taskbar windows XP menjadi seperti tampilan Windows 7 plus efek yang menarik, ViGlance. Program ini hanya berukuran sekitar 239 KB.

Tidak hanya tampilan, tetapi ViGlance juga berusaha meniru fitur di windows 7.
ViGlance merupakan program kecil gratis dari lee-soft yang membuat tampilan Taskbar Windows XP menjadi seperti Windows 7 ( Windows 7 Superbar for XP). Fitur-fitur ViGlance adalah :

  • Process grouping, Window yang sama akan dijadikan satu group, dengan tampilan iconn saja.
  • Icon tampilan akan menjadi 48×48 yang sebelumnya (default) adalah 16×16, sehingga akan menjadi 3x lebih besar, tanpa adanya text. Agaa tampil icon besar tersebut (48×48), ukuran taksbar harus di resize menjadi 2x-nya.
  • Mengubah Start button XP menjadi replika Orb (windows 7), termasuk dengan efek transisi seperti Windows 7.
  • Informasi keterangan nama/judul window dengan efek transisi yang menarik (disebut “glide”). Ukuran Text akan menyesuaikan dengan panjang judul window yang bersangkutan.
Agar tampilan Superbar sempurna, taskbar sebaiknya di lock ( dengan cara Klik Kanan Taskbar dan pilih menu Lock the Taskbar sampai ada tanda centang di menu tersebut).

Cara Penggunaan

Untuk mengaktifkan Superbar ini sangat mudah, download ViGlance dari alamat http://lee-soft.com/viglance/, buka dan langsung jalankan file ViGlance OneStep.exe. Otomatis Taskbar windows XP akan berubah. Untuk mengembalikan ke tampilan sebelumnya cukup klik kanan icon ViGlance (yang ada di systray/pojok kanan taskbar) dan pilih menu Exit.

Satu hal (fitur menarik) yang belum ada di ViGlance adalah adanya thumbnail, jadi ketika mouse kursor digerakkan diatas icon, hanya terlihat text atau tulisan (judul window) saja. Tetapi sepertinya hal ini juga menjadi target untuk versi berikutnya (ketika saya mencoba versi ViGlance 1 build 1077 belum ada thumbnail setiap programnya)
Agar tampilan icon berukuran 48×48, maka kita harus meng-Unlock Taskbar dan mengubah ukuran taksbar (me-resize dengan menariknya) sehingga tingginya menjadi 2x-nya.

Download disini


Sumber : ebsoft.web.id

System Repair Engineer (SREng)

Komputer yang pernah terkena virus, malware dan sejenisnya biasanya banyak fitur yang tidak berjalan normal (sistem/windows mengalami kerusakan). Misalnya Task Manager, Run, Command prompt yang tidak bisa berjalan, dan kadang sampai file-file tertentu seperti EXE, COM dan lainnya juga tidak bisa dijalankan.

Kerusakan semacam itu biasanya bisa diperbaiki baik manual, menggunakan CD Windows atau dengan software pihak ketiga.

Jika kita mempunyai CD master windows, dan kerusakan cukup parah, biasanya masih bisa diatasi dengan memanfaatkan fitur Repair (baca : Cara me-repair (memperbaiki) Installasi Windows XP )

Kali ini akan dibahas cara memperbaiki sistem windows yang rusak baik disebabkan oleh malware, virus dan sejenisnya atau sebab lainnya dengan Program System Repair Engineer (SREng).

System Repair Engineer (SREng)

System Repair Engineer (SREng) merupakan sebuah program kecil (kurang dari 2 MB), portable dan gratis (free) yang di kembangkan oleh KZTechs.COM webmaster, Smallfrogs ( telah memperoleh penghargaan Microsoft Most Valuable Professional (MVP) for Windows Shell – di China dari 2004-2008). Program ini ditujukan untuk mendeteksi berbagai permasalahan umum sistem dan kerusakan umum yang biasanya disebabkan oleh virus komputer.

Untuk tingkat ahli (advance), program ini dapat digunakan untuk meneteksi berbagai permasalahan dan memperbaiki sendiri. Sedangkan untuk pengguna biasa (awam), terdapat fungsi Smart Scan untuk memeriksa komputer dan menghasilkan report (laporan) sehingga disimpan untuk selanjutnya bisa di analisa dan diperiksa oleh orang yang lebih ahli.

Meskipun begitu, terdapat berbagai fitur yang langsung dapat digunakan meski oleh kebanyakan pengguna komputer. Berikut penjelasan beberapa fitur dan fungsinya yang bisa kita manfaatkan.

Boot Items
Menampilkan daftar program atau aplikasi apa saja yang otomatis berjalan ketika windows booting, baik dari registry ( termasuk item yang tersembunyi, UserInit dan lainnya), Folders, Task Scheduled, Services dan Boot.ini. Jika melihat adanya program yang aneh (mencurigakan), maka kita bisa menon-aktifkannya dengan cara menghilangkan tanda cek-nya.

Setelah di dihilangkan tanda cek, maka klik tombol Refresh, untuk memastikan bahwa pengubahan telah tersimpan. Jika ternyata tanda cek kembali muncul atau muncul daftar baru dengan nama yang lain, merupakan indikasi kuat bahwa komputer sedang terinfeksi virus atau malware lainnya ( sebaiknya komputer/hardisk di scan baik dengan Bootable CD, virus scanner portable, atau memindah Hardisk di komputer lain dan discan dari sana).

System Repair
Di menu ini ada beberapa fungsi terpisah, diantaranya adalah :

File Association

Menampilkan status ekstensi file-file umum seperti : .TXT, .EXE, .COM, .PIF, .REG, .BAT, .SCR, .CHM, .VBS dan lainnya. Jika Status tidak menunjukkan “Normal” atau kita tidak bisa menjalankan file dengan salah satu ekstensi tersebut, maka kita bisa memperbaiki dengan memilih ekstensi file yang bermasalah dan klik Repair.

Windows Shell/IE

Di bagian ini, kita akan melihat daftar-daftar pengaturan windows (setting) yang biasanya diubah/dirusak oleh virus, seperti :
• Menu Start/Run tidak aktif
• Registry Editor (regedit.exe) tidak bisa dibuka
• Command Prompt, wallpaper, Control Panel tidak bisa diakses.
• Drive di My Computer tidak terlihat
• Tombol Log off tidak muncul
• Menu “file” di windows Explorer tidak tampil
• Icon di desktop tidak tampil
• Folder Options tidak bisa diaktifkan
• Tombol search (pencarian) tidak tampil
• Windows Explorer atau system tray tidak bisa di klik kanan
• Untuk menampilkan files yang tersembunyi (Hidden files)
• Berbagai tampilan menu di Internet Explorer yang tidak muncul
• berbagai pengaturan lainnya

Untuk memperbaiki setting diatas, pilih dari daftar yang ada dan klik Repair.

Browser Add-ons

Menampilkan daftar plugins/add-ons (fitur tambahan) yang berjalan dengan web browser yang digunakan. Kita dapat melihat informasi detail, menyembunyikan atau menghapus add-on yang tidak diinginkan.
HOSTS File
Hosts file merupakan daftar host name dan mapping alamat IP. Misalnya terdapat baris sebagai berikut :
127.0.0.1 localhost
Berarti ketika kita mengetikkan localhost di web browser akan di mapping ke alamat IP 127.0.0.1. Untuk informasi selengkapnya bisa melihat

http://support.microsoft.com/?id=108295

File ini bisa diubah oleh spyware atau malware agar ketika menulis alamat web tertentu sebenarnya dialihkan ke alamat IP yang tidak benar.

Winsock Provider

Akan menampilkan daftar Windows Socket API (Winsock), yang menangani masalah akses jaringan, terutama TCP/IP.

Di menu ini terdapat fitur “Reset All to default values”, yang dapat dimanfaatkan jika koneksi internet tidak bisa berjalan seperti sebelumnya (bermasalah) atau ketika tiba-tiba kita tidak bisa browsing, mengirim email atau operasi jaringan lainnya, padahal koneksi internet berjalan normal.

Tetapi ketika koneksi jaringan berjalan baik dan kita bisa browsing, mengirim email atau mengerjakan operasi jaringan lainnya, tidak disarankan untuk di Reset. Selengkapnya tentang Winsock

Advanced Repair

Terdapat dua pengaturan di menu ini, yaitu Recommended Fix Level dan Powerful Fix Level. Ada juga tombol untuk me-Reset Winsock, memperbaki Safe Mode dan Melakukan Scan API Hook ( tingkat lanjut).

Smart Scan
Smart scan akan melakukan scan komputer menghasilkan laporan secara detail tentang sistem komputer yang selanjutnya bisa digunakan oleh orang yang lebih ahli untuk memeriksa dan mengatasi permasalahan komputer.

Extensions
SREng mendukung tambahan fitur yang bisa ditambahkan secara terpisah (bisa juga membuat tambahan/plugins sendiri). Di Halaman Download SREng disertakan beberapa plugins seperti :

  • NTFS Stream Scanner, untuk memeriksa format NTFS dari adanya data berbahaya
  • Windows Shell Menu Manager, untuk mengatur windows shell menu seperti menu ketika klik kanan desktop dan lainnya.
  • File Figital Sign Verify, mengetahui dan verifikasi digital signature sebuah file.
  • Network Activity Monitor, memonitor aktivitas/status jaringan dan memberikan informasi detail tentang koneksi tersebut
Satu hal yang mungkin agak kurang adalah belum adanya file bantuan (manual) yang berbahasa Inggris, adanya dalam bahasa China dan itupun masih membahas versi 2.5. Terlepas dari hal itu, program ini sangat bermanfaat dan bisa berjalan di sistem operasi : Windows 98SE, ME, 2000, XP 32bit, Server 2003 32bit, Vista 32bit, Server 2008 32bit.

Download

Secunia PSI (Personal Software Inspector)

Dengan banyaknya software/program yang di install di komputer, terkadang kita kurang memperhatikan masalah keamanan dari software tersebut. Karena kita juga mungkin tidak tahu program mana yang memungkinkan menjadi celah keamanan komputer.

Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan mengupdate software-software yang digunakan, tetapi mungkin hal ini akan merepotkan. Bagaimana cara mudahnya ?

Secunia, yang merupakan salah satu website di bidang security, telah menyediakan software gratis untuk mempermudah user memeriksa berbagai celah keamanan yang mungkin terjadi dari berbagai software atau program yang di install di komputer. Dan tanggal 25 November 2008 kemarin, setelah melalui perjalanan yang cukup lama mereka merilis versi final software ini, yaitu Secunia PSI (Personal Software Inspector).

Apa fitur Utama Secunia PSI ?
Secara Umum, Secunia PSI berfungsi memeriksa berbagai software (program) yang di install di komputer dari celah keamanan, versi terbaru (update), program apa yang memungkinkan muncul celah keamanan. Berikut selengkapnya :

  • Scan, melakukan scan terhadap program-program yang ada di komputer
  • Insecure Program, memberikan informasi program yang “kurang aman” dan memberikan informasi : link download program terbaru atau solusinya, add/remove program, referensi online, detail dan sebagainya.
  • End of Life, memberikan informasi program yang tidak di support lagi oleh vendor pembuatnya. Disertai link download versi terbaru atau untuk uninstall.
  • Patched, memberikan informasi program yang dideteksi, tetapi diketahui tidak mempunyai update security ( jadi mungkin tidak memerlukan perhatian yang lebih )
  • Overview, memberikan informasi (gambaran umum) kondisi komputer setelah di scan. Selain itu, Secunia juga memeriksa plugins Web Browser seperti Adobe Flash Player juga Adobe Acrobat Reader, Quick TIme, dan lainnya.
Di ZDNet, Secunia PSI dimasukkan dalam 10 Essential security tools, dan berada di urutan no.1 dalam kategori free software. Sehingga layak dicoba dan di koleksi. Aplikasi ini hanya berukuran sekitar 521 KB dan bisa berjalan di platform Windows 2000, XP 32/64bit, dan Vista 32/64bit. Agar bisa berjalan (Scan) maka perlu adanya koneksi internet. Jadi jika digunakan secara offline software ini tidak akan banyak bermanfaat.


Download disini

Backup Driver Komputer dengan DriverMax (Free)

Bagi yang pernah atau sering install ulang Windows, kadang direpotkan dengan installasi berbagai driver, seperti VGA, chipset, Sound Card, printer dan lainnya. Bahkan untuk laptop, mungkin installasi driver akan lebih banyak lagi, seperti LAN, Wireless LAN, Webcam, bluetooth, dan lainnya.

Untuk mempermudah dan mempercepat installasi berbagai driver ini, kita bisa menggunakan DriverMax, program yang bisa diperoleh dengan gratis.

Apa itu driver ?
Driver ( device driver ) merupakan software yang dikembangkan oleh pembuat perangkat keras (hardware) seperti Motherboard, VGA, LAN card, sound Card dan sebagainya agar bisa bekerja dengan aplikasi atau sistem operasi yang di install di komputer. Jadi driver berfungsi sebagai perantara antara Sistem Operasi dan hardware yang dipasang di komputer.



DriverMax merupakan software atau tool yang memungkinkan kita download driver terbaru langsung dari internet tanpa perlu susah-susah mencari sendiri atau install dari CD. Kita juga bisa meng-export hampir semua driver yang ada di komputer yang nantinya jika perlu install ulang windows, kita tinggal meng-import backup yang telah kita buat, dan tidak perlu report menginstall driver komputer satu persatu Program ini juga sangat bermanfaat jika komputer/PC sudah di install berbagai driver tetapi kita tidak mempunyai CD driver-nya. Atau kadang kita bingung ketika install ulang windows dan tidak tahu mana driver yang cocok untuk komputer kita.

Mendapatkan Lisensi Key gratis
Meski software ini gratis, tetapi setelah di install, akan muncul informasi bahwa penggunaan software ini terbatas 30 hari (trial). Untuk mendapatkan lisensi key dan program bisa digunakan tannpa batasan waktu dan free, kita harus mendaftarkan diri (pendaftaran gratis). Berikut langkahnya.

  1. Install Program yang telah di download
  2. Ketika muncul window “Evaluation version”, maka klik saja “Claim your registration code”
  3. Akan muncul “Forum Registration wizard”, ikuti langkah yang di tampilkan, mulai cari “Create an Account”
  4. Mengisi data diri, meliputi username, nama, dan password untuk menjadi anggota (member).
  5. Terakhir, kita masukkan email kita
  6. Setelah berhasil, maka tidak lama kemudian lisensi key akan dikirim ke email yang dimasukkan tersebut yang bisa kita gunakan untuk mengaktifkan software ini dengan klik “Enter Registration Code”.
Apa saja fitur DriverMax ?
• Export berbagai driver hardware yang ada di komputer
• Import driver dari driver yang sudah di export sebelumnya
• Membuat laporan (report) tentang driver apa saja yang di install yang bisa juga di print.
• Update dan Identifikasi driver langsung dari Internet (memerlukan koneksi internet)
• Link ke hardware populer untuk windows XP dan vista, video card dan processor

Jika kita meng-export driver maka mungkin akan tampil informasi bahwa ada driver yang tidak bisa di backup ( tidak ada informasi driver yang di install / INF file ). Selain itu biasanya juga akan tampil banyak driver bawaan windows yang bisa kita abaikan (sudah ada ketika installasi windows), sehingga bisa mengurangi ukuran backup driver. Meskipun jika ingin di backup semua driver juga lebih aman.

Program ini bisa berjalan di sistem operasi Windows XP, Vista dan Windows 2003


Sumber : ebsoft.web.id

Alternatif Google Adsense

Berbicara mengenai dunia blog, pasti teman-teman semua sudah tau dengan yang namanya Google Adsense, yaitu salah satu cara menghasilkan uang menggunakan blog kita. Tetapi seperti teman-teman tau bahwa mendapatkan Adsense for content bukanlah suatu hal yang mudah terutama bagi blog yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utamanya.

Sayangnya Google hanya menyediakan Adsense for search bagi blog yang menggunakan bahasa Indonesia. Salah satu langkah memonitize blog selain Google Adsense adalah dengan memasang penyedia iklan-iklan lokal seperti Kliksaya, AdsenseCamp, Kumpulblogger, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tetapi karena situs-situs tersebut adalah situs lokal, tentu saja kita dibayar dalam Rupiah. Lalu bagaimana agar blog kita yang berbahasa Indonesia dapat menghasilkan Dollar? Pada artikel kali ini saya akan membahas salah satu cara menghasilkan dollar untuk blog berbahasa Indonesia.

Jika teman-teman memiliki blog, situs web, atau forum (dalam bahasa apapun), dengan minimal Google PageRank 1 (PR1) atau PageRank Alexa di bawah 2.000.000 (2 juta), teman-teman dapat menghasilkan dollar dari blog teman-teman selain dari Google Adsense.

Caranya adalah dengan mendaftar di Ask2link.com, situs ini memungkinkan pengiklan untuk membeli ruang iklan pada blog kita. Ask2link adalah situs pencari pemasaran perusahaan yang melayani penjualan link teks dan iklan banner. Pemasang iklan, akan memasangkan feed situs mereka di blog kita. Salah satu yang membuat saya tertarik dengan situs ini adalah ask2link membayar kita perbulan, bukan perklik iklan.

Pengiklan akan memasangkan feed mereka selama 1 bulan di blog kita sesuai harga yang telah kita tentukan. Jadi, berapa pun jumlah klik iklan mereka di blog kita selama satu bulan, kita tetap akan dibayar sesuai harga yang telah disepakati. Pembayaran pun dilakukan secara instan melalui PayPal tanpa minimum payout.