Jenis-jenis Jaringan

Ada 3 macam jenis Jaringan/Network yaitu :

a. Local Area Network (LAN) Jaringan Area Lokal.


Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya dijadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputerkomputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer
lainnya.

b. Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan

Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN,
misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan
menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam
lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.
Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau Surabaya.

c. Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar

Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya
biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.

Cara mendapatkan Google Sitelinks

Jika Anda memasukkan sebuah kata yang umum di Google, misalnya microsoft maka website www.microsoft.com akan muncul pada urutan pertama, dan di bawahnya ada sekitar 4 baris yang berisi link-link dalam web tersebut. Itu yang disebut Google Sitelinks. Baru di bawahnya ada urutan kedua, ketiga, dan seterusnya. Keren ya? Seolah-olah web tersebut spesial banget.

Tadinya saya kira hanya situs-situs besar yang mendapat Google Sitelinks. nah sekarang akan dafi tampilin gmana caranya dapetin sitelink di google. Bagaimana cara mendapatkannya? Sayangnya, tidak ada dokumen resmi dari Google yang menjelaskan secara detail agar web atau blog kita mendapatkan Sitelinks. Dokumen resmi dari Google yang dapat dijadikan referensi adalah ini.

Dari hasil browsing dan membaca dokumen tadi, ada beberapa faktor atau cara untuk mendapatakan Google Sitelinks:

1. Harus menjadi nomor satu untuk kata kunci tertentu di Google

Sejauh yang saya lihat di Google Search Result, hanya sebuah situs yang mendapat Google Sitelinks, yaitu situs yang berada di urutan pertama untuk kata kunci tertentu. Untuk mendapat peringkat tinggi di search engine dapat digunakan teknik SEO, yang teknik dasarnya ada 2, yaitu:
Membuat artikel original (bukan copy-paste) yang berkualitas.
Mengusahakan halaman lain memasang link ke halaman tersebut.

2. Dalam hompage minimal ada 3 buah link

Mengutip pernyataan Google:

we only display sitelinks when a site has a minimum of three sitelinks available.

Jadi sebuah halaman website yang didalamnya berisi sebuah animasi flash yang menawan dan hanya ada satu tombol untuk masuk atau login, tidak bisa mendapatkan sitelinks dari Google.

3. Link tersebut banyak di-klik pengunjung situs kita

Mengutip pernyataan Google:

We only show sitelinks for results when we think they’ll be useful to the user.

Kata “useful to the user” saya artikan bahwa pembaca yang datang ke homepage kita, banyak yang mengklik link tersebut.

4. Relevan dengan kata yang dimasukkan pengunjung ke Google

Mengutip pernyataan Google:

(If) we don’t think that the sitelinks for your site are relevant for the user’s query, we won’t show them.

Ini berarti link-link dalam sitelink, harus cocok dan relevan dengan kata kunci yang dimasukkan pengunjung.

5. Umur situs atau jumlah pengunjung?

Ada referensi yang menuliskan bahwa umur situs harus minimal 2 tahun untuk mendapatkan sitelinks, itu tidak benar, karena blog saya ini masih bayi, baru beberapa bulan tetapi sudah mendapatkan sitelinks. Saya perkirakan Google juga mempertimbangkan jumlah pengujung atau pageview. Sebagai catatan, unik pageview untuk blog ini (sekarang) adalah > 3000 per hari. Point ke-5 ini berkaitan dengan point ke-1. Hampir bisa dipastikan, situs yang menjadi nomor 1 di Google untuk kata kunci yang umum akan mendapatkan pengunjung yang melimpah

UPS dan STABILIZER

Saat anda sedang serius bekerja, tiba-tiba listrik padam. Padahal dokumen yang baru saja Anda kerjakan belum sempat disimpan. Di lain waktu, saat sedang asik menikmati alunan music atau sedang seru-serunya chatting dan menjelajah internet, tanpa aba-aba PC me-restart diri sendiri. Hal ini terus berlanjut, dan setelah diperiksa secara mendalam, ternyata ada periferal yang rusak. Padahal PC tersebut masih tergolong baru. Ada apa sebetulnya?

Kejadian tersebut sering terjadi pada komputer-komputer di rumah maupun perkantoran. Perlindungan terhadap pasokan daya ataupun kehilangan daya secara mendadak sebenarnya merupakan factor yang sangat penting bagi pengguna PC.

Umumnya para pengguna komputer yang akan atau baru akan membeli komputer tidak disertai oleh stabilizer dalam daftar belanjanya. Hanya mengandalkan stabilizer bonus dari took, atau bahkan tidak menggunakan stabilizer sama sekali.

Padahal stabilizer adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan gangguan daya listrik seperti di atas, begitu juga dengan UPS.

Dengan menggunakan teknologi UPS (Uninterruptible Power Supply), tidak hanya perlindungan dari gelombang listrik (surge) saja yang dapat diatasi, tetapi perangkat ini dapat memberikan listrik ysmg lebih stabil dan memberikan baterai cadangan yyang dapat memberikan kita kesempatan untuk menyimpan data dan melakukan shutdown dengan benar apabila terjadi pemadaman aliran listrik secara mendadak, sehingga data dan harddisk kita dapat terjaga dengan baik.

Stabilizer

Stabilizer disebut juga sebagai automatic voltage regulator automatic voltage regulator dapat memastikan fluktuasi tegangan listrik yang diberikan kepada PC lebih kecil. Penggunaannya pun harus diperhatikan, yaitu disesuaikan dengan spesifikasi PC Anda. Bila memiiki PC kelas berat sebaiknya menggunakan stabilizer 500VA ke atas. Di pasaran, terdapat dua macam stabilizer yaitu model switch dan servo motor. Umumnya, stabilizer yang dijual adalah yang menggunakan switch Karena harganya lebih murah. Kekurangannya, dalam mengatasi turun-naiknya tegangan listrik. Sebaliknya stabilizer yang menggunakan servo motor justru lebih fleksibel dalam menangani turun-naiknya tegangan.

UPS

UPS berfungsi untuk menyuplai aliran listrik pengganti ketika aliran listrik terputus, sehingga PC yang digunakan akan tetap menyala dan tidak akan terjadi kehilangan data. Untuk bisa memberikan aliran listrik pengganti, sumber energi yang digunakan UPS adalah baterai. Karena menggunakan baterai, besarnya energi yang diberikan tergantung pada besarnya energi yang tersimpan pada baterai. Semakin besar kapasitas baterai yang digunakan, semakin besar pula energi yang diberikan oleh UPS. Untuk mengembalikan energi baterai yang telah digunakan, abterai tersebut akan diisi ulang. Caranya adalah dengan mengambil energi dari jaringan listrik. Oleh karena itu, sebuah UPS harus memiliki charger untuk baterai yang digunakan. Baterai akan otomatis diisi begitu ada aliran listrik dari jaringan.

Kesalahan Windows

Sebuah pepatah "Tiada Gading yang Tak Retak" memang sangat cocok untuk diterapkan ke dalam segala hal di dunia ini. Dunia IT pun tak terlepas dari pepatah tersebut dan salah satunya adalah sistem operasi paling terkenal di dunia saat ini, yaitu: "Windows" milik Microsoft. Di bawah ini, terdapat beberapa keanehan pada sistem operasi fenomenal tersebut. Mungkin beberapa di antara anda sudah mengetahuinya, tapi tak ada salahnya untuk mencoba bukan?

MAGIC #1

Orang India menemukan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat membuat FOLDER di komputer dengan program Microsoft manapun dengan judul folder "CON". Ini merupakan hal nyata dan seluruh kru Microsoft sendiri tidak dapat menjawabnya kenapa hal ini bisa terjadi. Cobalah dengan membuat sebuah folder dengan nama CON atau con.Tapi (atau mungkin sengaja???) Sebenarnya kru Microsof bisa menjelaskan ini. Karena hal ini berhubungan dengan system numerik jaman dulu (DOS system). Cobalah nama berikut:

PRN
AUX
NUL
LPT1
COM1
Potential drive letter - A: to Z:
A number of others

Bukalah My Document -> File -> New -> Folder -> ketik CON atau Con atau con

Apa yang terjadi?

MAGIC #2
Bagi anda para pengguna Windows, lakukanlah hal berikut ini:

1) Buka sebuah notepad file kosong
2) Ketiklah "Bush hid the facts" (tanpa tanda kutip ya)
3) Save di mana pun anda suka
4) Tutuplah dan bukalah kembali file tersebut.

Aneh bukan?

Tapi sebenarnya ini berhubungan "generate" notepad sendiri.. ("ANSI")

Tn: adanya hal ini membuktikan masih ada celah,yang sukar diperbaiki. Dan dengan statemen seperti ini, kita bisa jadi provokator yang handal.....

Tapi error ini tidak berlaku untuk windows tipe lama...

MAGIC #3
Microsoft Crazy Facts

Cobalah hal yang menarik ini, sungguh aneh! Bahkan Bill Gates sendiri
tidak menemukan jawabannya kenapa ini bisa terjadi! Hal ini ditemukan oleh
orang Brazil. Cobalah!

1)Buka program Microsoft Word dan ketik: =rand (200, 99)
2) kemudian anda ENTER

Apa yang anda temukan? Menarik bukan? coba aja.....

Tn: tapi sebenarnya ini system default,look this example;

=rand(1) inserts one five-sentence paragraph of text

=rand(1,1) inserts one one-sentence paragraph of text.

=rand(1,2) inserts one two-sentence paragraph of text

=rand(2) inserts two five-sentence paragraphs of text

=rand(2,1) inserts two one-sentence paragraphs of text

=rand(10) inserts 10 five-sentence paragraphs of text

=rand(10,1) inserts 10 one-sentence paragraphs of text

=rand(10,10) inserts 10 ten-sentence paragraphs of text

To view the paragraph marks (¶) in your Word document, do one of the following: • On the Standard toolbar, click Show/Hide (¶).
• On the Tools menu, click Options. On the View tab, click to select the All check box, and then click OK

sedang si rubah malas itu untuk menguji font. kalau biasa mendesign di corel or yang sejenisnya pasti tahu deh.

Tools berbahaya dari Google


Ternyata selain sebagai Search Engine, Google juga merupakan hacking tool paling mutakhir, untuk lebih lengkapnya klik selanjutnya

Tools berbahaya dari Google

Diam diam, site ini memberikan kita tools untuk melakukan hacking yang paling berbahaya se antero dunia, walaupun tools google ini hanya bisa memberikan sampai ke level footprinting ada juga yang bisa sampai ke level selanjutnya. kenapa aku sebut dengan tools ? karna kita menggunakan google untuk mencari media yang unsecure, yang mudah di hack yang bolong, yang belum ter update, karna google memiliki kekuatan untuk itu semua.

dari tutorial ini yang akan didapatkan adalah:
  • Bagaimana cara menggunakan google untuk mencari sources dari personal information dan confidential data lainya
  • Bagaimana cara mencari informasi tentang vulnerable systems and Web services
  • Bagaimana cara mencari publicly available network devices.
Hal pertama dari yang harus di ketahui adalah Google Query Operators
Query operator ini berfungsi kasar sebagai filtering search nya google menjadi lebih spesifik berdasarkan query yang kita inginkan, masing masing query memiliki fungsi sendiri sendiri. berikut keterangan dan contong nya….

site
memfilter berdasarkan domain yang ada
contoh: site:google.com fox —> akan mencari kata fox di situs google.com

intitle
Memfilter dokumen yang memiliki title yang spesifik
contoh: intitle:fox fire —> akan mencari semua site yang ada kata fox dan didalamnya terdapat teks fire

allintitle
Memfilter dokumen untuk mencari intitle intile
contoh: allintitle:fox fire —> akan mencari semua site yang memiliki title fox dan yang memiliki title fire atau = intitle:fox intitle:fire

inurl
Memfilter pencarian dengan url yang spesifik
contoh: inurl:fox fire —> akan mencari kata fire di website yang url nya terdapat fox

allinurl
Sama dengan Allintitle (hanya ini url)

filetype, ext
Memfilter pencarian untuk dokumen yang spesifik
contoh: filetype:pdf fire —> akan mencari file PDF yang didalamnya terdapat kata fire

contoh keren: filetype:doc skripsi IT

numrange
Memfilter dokumen berdasarkan range tertentu
contoh: numrange:1-100 fire —> akan mencari range 1-100 yang terdapat kata fire

link
Memfilter site site yang memiliki link terhadap site tertentu
contoh: link:www.google.com —> akan mencari site site mana aja yang memiliki links ke google.com

inanchor
Memfilter berdasarkan site description yang ada
contoh: inanchor:fire —> akan mencari web yang memiliki deskripsi fire

kira kira itulah query query google yang keren keren, sisanya ada sih, seperti:
/ * - + “” ( ya ini regular ekspression biasa kan, jadi ngga perlu di jelaskan lebih detail )

nah, dari situ, kia bisa kreasikan ke berbagai macam jenis query untuk memfilter sesuatu, bahkan ke sesuatu yang lebih dalam, misalnya file database……

Web Server
untuk mencari target dengan mudah dilakukan google dengan menggunakan sintaks berikut ini:
“Apache/1.3.28 Server at” intitle:index.of
–> Apache 1.3.28

“Apache/2.0 Server at” intitle:index.of
–> Apache 2.0

“Apache/* Server at” intitle:index.of
–> semua versi dari Apache

“Microsoft-IIS/4.0 Server at” intitle:index.of
–> Microsoft Internet Information Services 4.0

“Microsoft-IIS/5.0 Server at” intitle:index.of
–> Microsoft Internet Information Services 5.0

“Microsoft-IIS/6.0 Server at” intitle:index.of
–> Microsoft Internet Information Services 6.0

“Microsoft-IIS/* Server at” intitle:index.of
–> semua versi dari Microsoft Internet Information Services

“Oracle HTTP Server/* Server at” intitle:index.of
–> semua versi dari Oracle HTTP Server

“IBM _ HTTP _ Server/* * Server at” intitle:index.of
–> semua versi dari IBM HTTP Server

“Netscape/* Server at” intitle:index.of
–> semua versi dari Netscape Server

“Red Hat Secure/*” intitle:index.of
–> semua versi dari the Red Hat Secure server

“HP Apache-based Web Server/*” intitle:index.of
–> semua versi dari the HP server

Beberapa Bug pada Skripts dapat ditemukan google:

“Generated by phpSystem”
–> dapat menemukan operating system type and version, hardware configuration, logged users, open connections, free memory dan disk space, mount points

“This summary was generated by wwwstat”
–> web server statistics, system file structure

“These statistics were produced by getstats”
–>web server statistics, system file structure

“This report was generated by WebLog”
–>web server statistics, system file structure

intext:”Tobias Oetiker” “traffic analysis”
–>system performance statistics as MRTG charts, network configuration

intitle:”Apache::Status” (inurl:server-status | inurl:status.html | inurl:apache.html)
–>server version, operating system type, child process list,current connections

intitle:”ASP Stats Generator *.*” “
–>ASP Stats

Generator” “2003-2004 weppos”
–>web server activity, lots of visitor information

intitle:”Multimon UPS status page”
–>UPS device performance statistics

intitle:”statistics of” “advanced web statistics”
–>web server statistics, visitor information

intitle:”System Statistics” +”System and Network Information Center”
–>system performance statistics as MRTG charts, hardware configuration, running services

intitle:”Usage Statistics for” “Generated by Webalizer”
–>web server statistics, visitor information, system file structure

intitle:”Web Server Statistics for ****”
–>web server statistics, visitor information

inurl:”/axs/ax-admin.pl” -script
–>web server statistics, visitor information

inurl:”/cricket/grapher.cgi”
–>MRTG charts of network interface performance

inurl:server-info “Apache Server Information”
–>web server version and configuration, operating system type, system file structure

“Output produced by SysWatch *”
–>operating system type and version, logged users, free memory and disk space, mount points, running processes,system logs

Error message queries
Salah satu kumpulan error message query, dapat ditemukan sehingga kita bisa mulai melakukan hacking pada tahap selanjutnya.

“A syntax error has occurred” filetype:ihtml
–>Informix database errors, berpotensial untuk mengambil function names, filenames, file structure information, pieces of SQL code and passwords

“Access denied for user” “Using password”
–>authorisation errors, berpotensial untuk mengambil user names, function names, file structure information and pieces of SQL code

“The script whose uid is ” “is not allowed to access”
–>access-related PHP errors, berpotensial untuk mengambil filenames, function names and file structure information

“ORA-00921: unexpected end of SQL command”
–>Oracle database errors, berpotensial untuk mengambil filenames, function names and file structure information

“error found handling the request” cocoon filetype:xml
–>Cocoon errors, berpotensial untuk mengambil Cocoon version information, filenames, function names and file structure information

“Invision Power Board Database Error”
–>Invision Power Board bulletin board errors, berpotensial untuk mengambil function names, filenames, file structure information and piece of SQL code

“Warning: mysql _ query()” “invalid query”
–>MySQL database errors, berpotensial untuk mengambil user names, function names, filenames and file structure information

“Error Message : Error loading required libraries.”
–>CGI script errors, berpotensial untuk mengambil information about operating system and program versions, user names, filenames and file structure information

“#mysql dump” filetype:sql
–>MySQL database errors, berpotensial untuk mengambil informasi database structure dan contents

Google queries untuk mencari lokasi passwords
kumpulan secara garis besar lokasi password sebuah sistem yang dapat diakses oleh google

“http://*:*@www”
site passwords for site, stored as the string

“http://username: password@www…” filetype:bak inurl:”htaccess|passwd|shadow|ht users”
file backups, berpotensial untuk mengambil user names and passwords

filetype:mdb inurl:”account|users|admin|administrators|passwd|password”
mdb files, berpotensial untuk mengambil password information

intitle:”Index of” pwd.db
pwd.db files, berpotensial untuk mengambil user names and encrypted passwords

inurl:admin inurl:backup intitle:index.of
directories whose names contain the words admin and backup

“Index of/” “Parent Directory” “WS _ FTP.ini” filetype:ini WS _ FTP PWD
WS_FTP configuration files, berpotensial untuk mengambil FTP server access passwords

ext:pwd inurl:(service|authors|administrators|users) “# -FrontPage-”
Terdapat Microsoft FrontPage passwords

filetype:sql (”passwd values ****” |”password values ****” | “pass values ****” )
Terdapat SQL code and passwords yang disimpan dalam a database

intitle:index.of trillian.ini
configuration files for the Trillian IM

eggdrop filetype:user
user configuration files for the Eggdrop ircbot

filetype:conf slapd.conf configuration files for OpenLDAP

inurl:”wvdial.conf” intext:”password” configuration files for WV Dial

ext:ini eudora.ini configuration files for the Eudora mail client

filetype:mdb inurl:users.mdb
Microsoft Access files, berpotensial untuk mengambil user account information

intext:”powered by Web Wiz Journal”
websites using Web Wiz Journal, which in its standard configuration allows access to the passwords file – just enter http:///journal/journal.mdb instead of the default http:///journal/

“Powered by DUclassified” -site:duware.com
“Powered by DUcalendar” -site:duware.com
“Powered by DUdirectory” -site:duware.com
“Powered by DUclassmate” -site:duware.com
“Powered by DUdownload” -site:duware.com
“Powered by DUpaypal” -site:duware.com
“Powered by DUforum” -site:duware.com
intitle:dupics inurl:(add.asp | default.asp |view.asp | voting.asp) -site:duware.com
websites yang menggunakan DUclassified, DUcalendar, DUdirectory, DUclassmate, DUdownload, DUpaypal, DUforum or DUpics applications, secara default memungkinkan kita untuk mengambil passwords file
– untuk DUclassified, just enter http:///duClassified/ _private/duclassified.mdb
atau http:///duClassified/

intext:”BiTBOARD v2.0? “BiTSHiFTERS Bulletin Board”
website yang menggunakan Bitboard2 bulletin board, secara default settings memungkinkan kita untuk mengambil passwords file to be obtained
– dengan cara http:///forum/admin/data _ passwd.dat
atau http:///forum/forum.php

Mencari Dokumen khusus ?

filetype:xls inurl:”email.xls” email.xls
files, berpotensial untuk mengambil contact information

“phone * * *” “address *” “e-mail” intitle:”curriculum vitae”
CVs

“not for distribution”
confidential documents containing the confidential clause

buddylist.blt
AIM contacts list

intitle:index.of mystuff.xml
Trillian IM contacts list

filetype:ctt “msn”
MSN contacts list

filetype:QDF
QDF database files for the Quicken financial application

intitle:index.of finances.xls
finances.xls files, berpotensial untuk mengambil information on bank accounts, financial summaries and credit card numbers

intitle:”Index Of” -inurl:maillog maillog size maillog files, berpotensial untuk mengambil e-mail

“Network Vulnerability Assessment Report”
“Host Vulnerability Summary Report”
filetype:pdf “Assessment Report”
“This file was generated by Nessus”
reports for network security scans, penetration tests etc. On the Net

untuk lebih kreatifnya bisa di coba coba sendiri, okeh