Solusi jika terjebak Akismet

Sebel juga ya, jika setiap kali komen di blog, selalu muncul “komentar Anda sedang menunggu moderasi“. Jika itu terjadi di hampir semua blog yang Anda kunjungi, berarti Anda terjebak Akismet, atau dianggap SPAM oleh Akismet. Nah, karena dulu saya juga pernah mengalami ketangkep Akismet, saya coba tuliskan bagaimana cara keluarnya. Buat teman-teman yang saat ini sedang sial kena Akismet, silakan komentar minimal 1 atau 2 kalimat di artikel ini (tapi jangan iklan), nanti akan saya recover. Deal? Buat Anda yang belum pernah merasakan kena Akismet, tulisan ini bisa buat pencegahan agar tidak terjadi pada Anda.

Sebetulnya, tidak ada sumber resmi yang menyebutkan bagaimana sebuah komentar masuk Akismet SPAM, apa penyebabnya dan bagaimana solusinya. Dalam situnys, Akismet hanya mengatakan “runs hundreds of tests on the comment and returns a thumbs up or thumbs down“, atau gampangnya Akismet menggunakan ratusan tes untuk mengkategorikan sebuah komentar SPAM atau bukan. Komen yang dikategorikan SPAM akan masuk blacklist Akismet.

Yang di-blacklist Akismet

Kalau yang pernah saya alami, yang diblack-list adalah URL (alamat blog atau website) dan email saya, jadi setiap kali komentar dengan menyertakan email dan URL salah satu blog saya, komentar saya dikategorikan SPAM oleh Akismet, tetapi jika komentar tanpa memasukkan email atau URL, komentar akan lolos.

Ada kabar-kabar di forum kalau IP Address juga bisa kena black-list Akismet. Apa ada pembaca yang pernah mengalaminya? Sharing ya di komentar?
Penyebab kena Akismet

Penyebabnya adalah terlalu sering mengirim komentar. Ceritanya, saya buka 10 blog sekaligus dalam satu browser. Kemudian saya komen di 10 blog tersebut dalam waktu kurang dari 5 menit. Apa sih susahnya komen, ngetik kan cuma butuh waktu 30 detik bahkan 15 detik? Tetapi ternyata hal itu berakibat fatal, karena ngasih komen yang terlalu sering akan dikategorikan sebagai SPAM.

Saya dapat info juga, komentar yang menyertakan link akan dianggap SPAM, ini saya lihat sendiri di blog saya ini, komentar yang didalamnya terdapat link (maksudnya numpang promosi dikit gitu) akan masuk moderasi atau Akismet SPAM. Biasanya pembaca yang mengalaminya akan mengirimkan komentar kedua yang didalamnya tidak terdapat link.

Solusinya…

Mengutip pernyataan Akismet : “In the unlikely event something gets incorrectly identified as spam you can correct it and it submits the ‘false positive’ back to Akismet for analysis and improvement of our system”. Ini dapat disimpulkan bahwa sistem Akismet dapat diperbaiki dengan adanya ‘false positif’ atau sebuah komentar yang tadinya dianggap SPAM oleh Akismet, kemudian direcover oleh pemilik blog tersebut… Sepertinya, ini satu-satunya cara?

Jadi, kalau boleh saya ngasih usulan buat yang kejebak Akismet, komentarlah di blog yang pemiliknya masih aktif (lihat tanggal posting terakhir), komentar jangan berupa iklan agar di pemilik blog merecover komentar Anda. Nah dengan recover itu, maka nama baik Anda akan dikembalikan oleh Akismet. Kalau saya perkirakan, butuh sekitar 20 komentar Anda di-recover, tetapi ingat, jangan terlalu sering ngasih komentar. Anda juga bisa menghubungi pemilik blog via email agar komentarnya di-recover.

Gimana kalau sudah dicoba komen dan direcover tetapi tetap di-blacklist Akismet? Kalau saran saya, istirahat saja sekitar 3 bulan, baru coba komentar lagi.

Nah, ada lagi nih solusi dari Spam Karma (software alternatif pendeteksi SPAM), artikelnya bahasa Inggris bisa dilihat di sini, terjemahannya kurang lebih begini. Jika komentar Anda dianggap SPAM oleh Akismet padahal Anda merasa bukan SPAMMER:

  1. Tetap tenang, dan tidak ada gunanya menghubungi server Spam Karma untuk meminta dirinya dikeluarkan dari blacklist.
  2. Hubungi admin atau pemilik blog, minta komentar Anda di-recover, inilah satu-satunya jalan agar keluar dari blacklist.
  3. Pada saat menghubungi admin atau pemilik blog, sarankan untuk meng-upgrade plug-in detector SPAM-nya (jika blognya hosting sendiri & bukan gratisan).
  4. Setelah mengirim komentar, jangan pernah menekan back kemudian komentar lagi pada artikel yang sama.
  5. User yang teregistrasi lebih aman dan sering dianggap bukan spam meskipun Anda di belakang proxy.

Okey semoga bermanfaat bro.

4 Tahap cara mengusir Antivirus gadungan

Saat ini ada 304 antivirus gadungan yang terdeteksi beredar dan menginfeksi ribuan komputer di Indonesia. Selain lewat flashdisk, virus ini dapat menyebar melalui e-mail dengan mengirim pesan palsu berisi attachment.

Virus beraksi dengan memberikan sebuah pesan palsu yang menyerupai program Windows, yang seolah-olah memberitahu bahwa di komputer Anda terdapat spyware/virus, lalu menginstal program antispyware palsu yaitu ‘XP AntiSpyware 2009′.

Untuk membersihkannya, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Ini dia caranya:

1. Putuskan hubungan komputer yang akan dibersihkan dari jaringan.
2. Scan komputer Anda dengan menggunakan removal tool. Anda dapat menggunakan removal tool dari Norman untuk membersihkannya (dapat anda download di sini http://download.norman.no/public/Norman_Malware_Cleaner.exe

3. Hapus string registry yang telah dibuat oleh virus. Untuk mempermudah dapat menggunakan script registry dibawah ini.

[Version]
Signature=”$Chicago$”
Provider=Vaksincom Oyee

[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del

[UnhookRegKey]
HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,”regedit.exe “”%1″”"
HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,”"”%1″” %*”
HKCU, Software\Microsoft\Internet Explorer\Main, Search Bar, 0
HKCU, Software\Microsoft\Internet Explorer\Main, Search Page, 0
HKCU, Software\Microsoft\Internet Explorer\Main, Start Page, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Internet Explorer\Main, Default_Search_URL, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Internet Explorer\Main, Search Page, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Internet Explorer\Main, Start Page, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Internet Explorer\Search, SearchAssistant, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Security Center, AntiVirusDisableNotify, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Security Center, FirewallDisableNotify, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Security Center, UpdateDisableNotify, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Windows, AppInit_DLLs, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, “Explorer.exe”

[del]
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, braviax
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, braviax
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, brastk
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MountPoints2, {706ab86c-937e-11dd-a04c-000c290bc510}
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Executions Options, Explorer.exe

Gunakan notepad, kemudian simpan dengan nama “Repair.inf” (gunakan pilihan Save As Type menjadi All Files agar tidak terjadi kesalahan). Jalankan repair.inf dengan klik kanan, kemudian pilih install. Sebaiknya membuat file repair.inf di komputer yang clean, agar virus tidak aktif kembali.

4. Untuk pembersihan yang optimal dan mencegah infeksi ulang, sebaiknya gunakan antivirus yang terupdate dan mengenali seluruh file instalasi virus ini dengan baik.


Sumber : PCTool