Tips dan trik Cara Membuat Script Database

Agar Database yang telah kita buat dapat terhubung dengan halaman web, maka perlu dibuat koneksi ke database tersebut. Buka aplikasi DreamWeaver pilih PHP pada menu Create New.



Berikut adalah skrip untuk koneksi ke database.

<?
$dbhost = 'localhost'; //alamat database server
$dbuser = 'root'; //user database server
$dbpass = ''; //password database server
$dbname = 'shutbox'; //nama database

//skrip koneksi ke database server
$koneksi = mysql_connect($dbhost, $dbuser, $dbpass);
//skript koneksi ke nama database shutbox
mysql_select_db($dbname, $koneksi) or die();
?>

Menyimpan file PHP


Selanjutnya anda harus menyimpan file tersebut ke sebuah folder web di C:\Program Files\xampp\htdocs\shoutbox. Pilih menu File-->Save atau dengan shortcut tombol keyboard Ctrl+S.

Jika anda belum membuat folder shoutbox, silahkan membuat folder baru di C:\Program Files\xampp\htdocs\ dengan meng-klik ikon Create New Folder. Beri nama folder tersebut shoutbox. Silahkan masuk ke dalam folder tersebut dengan cara double klik(mouse) atau tekan tombol ENTER(keyboard) pada ikon folder shoutbox.



Selanjutnya pada kolom File name: ketikkan config.php, tekan Save.


Tips dan trik membuat tag yang optimal?

TAG merupakan sebuah fasilitas di Multiply.com yang amat bermanfaat. Ia bisa berfungsi sebagai rubrikasi atau kategorisasi. Jadi, kita bisa mengelompokkan jurnal kita berdasarkan sifatnya, temanya, dan sebagainya.


Sayangnya, saya melihat banyak teman yang belum memanfaatkan TAG secara optimial. Ada yang hampir tidak pernah menggunakan tag. Ada pula yang rajin menggunakan tag, tapi caranya masih belum optimal.


Bagaimana cara membuat tag yang optimal? Ini berhubungan dengan fungsi TAG itu sendiri. Oleh si pembuatnya, TAG tentu difungsikan agar jurnal-jurnal kita gampang ditemukan oleh orang lain.


Misalnya begini:

Ada netter yang hendak mencari tulisan saya yang berhubungan dengan internet atau ilmu seputar penulisan. Maka, mereka dapat mencarinya pada tag "internet_penulisan".


Pembuatan TAG yang tidak optimal adalah jika TAG yang dibuat justru membuat bingung, atau cara penulisannya yang kurang tepat.


Sekadar info, TAG apapun yang kita tulis, ini akan menjadi sebuah alamat URL (atau alamat link).


Misalnya ketika saya membuat tag "internet_penulisan", maka ia akan menjadi alamat URL


Kenapa saya pakai tanda underscore ( _ ) ???

Kenapa bukan pakai tanda spasi saja? Misalnya: "kiat penulisan" ???


Sebabnya:

Alamat URL pada umumnya tidak mengenal spasi. Kalau ada unsur spasi di dalam sebuah alamat URL, maka oleh browser.. spasi itu akan diubah menjadi karakter %20.


Ini akan cukup mengganggu tampilan.


Karena itu, jika anda hendak membuat tag yang terdiri dari lebih satu kata, lebih baik gunakan tanda _ (underscore) atau strip ( - ). Misalnya: kiat-penulisan. Ini akan lebih aman.


Selain itu, TAG sebaiknya diberi nama yang benar-benar mencerminkan isi jurnal kita. Tentu saja, ini akan membuat para pembaca mudah dalam menemukannya.


Tulisan yang diberi tag "curhat" misalnya, akan membuat tulisan tersebut sulit ditemukan. Sebab, istilah "curhat" masih terlalu umum. Kalau jumlah curhat kita masih sedikit, tidak masalah. Bagaimana kalau jumlahnya sudah banyak? Pembaca akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencari.


Tentu beda jika kita membuat TAG yang lebih spesifik. Misalnya "curhat_kantor". Pembaca tentu bisa menebak, bahwa isinya adalah curhat seputar pengalaman di kantor. Atau "curhat_keluarga", mungkin berisi tulisan-tulisan seputar masalah-masalah di keluarga si blogger.


* * *


Hal yang tak kalah penting: Janganlah terlalu boros dalam membuat TAG. Sebisa mungkin, gunakan TAG yang sudah ada. Anggap saja TAG itu sebagai rubrikasi sebuah majalah. Jadi setiap kali membuat tulisan, coba pikirkan, "Tulisan ini cocoknya masuk ke TAG apa ya?"


Tapi jika memang tak ada TAG yang cocok, barulah buat TAG baru.

Jadi, setiap kali kita membuat TAG baru, usahakanlah untuk mencari tulisan-tulisan lama kita, yang mungkin cocok dengan TAG tersebut. Jika ketemu, editlah, dan tambahkan TAG-nya.


Tips dan trik diatas mungkin bisa diterapkan untuk sobat2 yang suka nge-blog

Semoga bermanfaat

Tips dan trik meletakkan Keyword Dalam artikel di blog

Keyword atau kata kunci merupakan inti dari content tulisan pada sebuah blog.

Keyword merupakan magnit untuk menarik para visitor yang menggunakan mesin pencari, hal ini dikarenakan para peselancar dunya maiyya (netter) akan digiring melalui keyword yang specific dan tengah dicarinya.

Keyword, setelah anda melalaui proses riset untuk mencari yang tepat maka tantangan yang segera menanti anada adalah bagaimana cara meletakkan keyword tersebut ditempat yang tepat dari tulisan/artikel . Sehingga hal ini memberikan kontribusi agar blog anda dapat terindeks lebih optimal oleh Google.

Keyword keberadaanya dapat kita optimasi disetiap artikel, maka otomatis semakin banyak pula kita memberikan pintu masuk kepada pengguna yang sedang berselancar mencari sesuatu diinternet.

Keyword setelah didapatkan dengan tepat namun apabila anda belum memahami dengan baik dimanakah keyword itu akan ditempatkan maka hal ini akan lebih banyak mudharatnya bagi traffic blog anda.
Agar keyword bagus dapat membawa kemanfaatan bagi blog anda maka ikuti beberapa cara untuk meletakkan keyword dalam blog:

* Letakkan keyword pada judul dari artikel/ postingan tulisan
* Letakkan keyword di bagian kepala tags postingan.
* Letakkan keyword di awal paragraf pertama
* Untuk keyword yang penting dan utama bisa di Bold

Semoga keyword dari blog anda bisa dikelola dengan baik sebagai asset penting untuk meningkatkan Traffic dari Blog anda.