Tips dan trik E-mail

Mengirimkan pesan menggunakan surat elektronik (email) bagi beberapa orang bisa jadi menjadi rutinitas dalam pekerjaan. Ada kalanya kita mengirimkan email tersebut dengan beberapa kondisi pengiriman yang berbeda, misalnya: * Mengirimkan email kepada satu orang * Mengirimkan email untuk beberapa orang sekaligus, atau * Mengirimkan email kepada seseorang/beberapa orang sekaligus dan juga mengirimkannya sebagai terusan untuk penerima lain. Ketika mengirimkan email, salah satu kolom isian yang harus diisi adalah penerima. Ada beberapa pilihan isian antara lain: To:, CC:, dan BCC:. Namun, seringkali tidak banyak yang memaksimalkan fungsi-fungsi tersebut.

Nah, apakah perbedaan dari ketiga istilah diatas? Berikut beberapa informasinya:

* To: Disinilah kita mengetikkan alamat tujuan pengiriman email. Kita dapat mengirimkan sebuah alamat email saja, atau sekaligus beberapa alamat. Setiap alamat email bisa dipisahkan dengan tanda koma (,).

Misalnya: penerimasatu@domain.com, penerimadua@domaindua.com, dan seterusnya. Dalam konteks tersebut, penerima satu dan dua akan tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan.



* CC ini merupakan kependekan dari “Carbon Copy”. Ini mirip dengan istilah pertama diatas. Bedanya terlihat kepada kesan kepada siapa email utama ditujukan; dan kepada siapa salinan email juga akan dibaca. Penerima yang dituliskan dalam kolom To: akan dapat melihat alamat email penerima lainnya, dan begitu juga sebaliknya. Penggunaan seperti ini biasanya digunakan ketika kita ingin memberitahukan pihak lain ketika kita mengirimkan email kepada penerima utama.

Contoh: Saya ingin berkirim email kepada Pak Agus, dan saya ingin pula Pak Bambang menerima salinan email tersebut. Pak Agus tahu bahwa email saya juga dikirimkan ke Pak Bambang (sebagai salinan), dan begitu juga sebaliknya dengan Pak Bambang.


* BCC Kependekan dari “blind carbon copy”. Sedikit berbeda dengan CC: seperti dijelaskan diatas. Disini, semua penerima yang dituliskan dibagian BCC: tidak tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan. Seolah-olah, email tersebut dikirimkan satu per satu ke setiap penerima. Padahal, kita hanya mengirimkan satu kali, langsung kebeberapa penerima. Satu-satunya alamat email lain yang terlihat adalah alamat email pada kolom To:. Untuk menghindari supaya tidak ada alamat email lain yang terlihat (selain alamat email Anda sendiri), Anda bisa memasukkan alamat email Anda sendiri pada kolom To:, kemudian masukkan alamat email penerima lain dalam kolom BCC:.

Nah, Semoga bermanfaat!

Penemu Lambang @ pada E-mail.

Surat elektronik atau e-mail sangat memudahkan dalam membantu dalam pekerjaan tidak, bagaimana tidak kehadiran e-mail ini dapat menggantikan cara tradisional yaitu surat. Dengan menggunakan e-mail data-data yang penting dapat dikirimkan dalam waktu sekejap berbeda dengan surat yang dapat membutuhkan waktu berhari-hari.

Surat elektronik atau electronic mail (e-mail) pertama yang berhasil dikirimkan antara dua mesin dilakukan oleh seorang insinyur pendiam, Ray Tomlison di BBN suatu hari di tahun 1972. Sebelumnya, Tomlison telah menulis program mail untuk Tenex, sistem operasi yang dikembangkan BBN, yang hingga sekarang masih beroperasi pada mesin-mesin PDP-10 ARPANET.



Selain itu, yang juga monumental adalah penemuan lambang @ pada e-mail yang kemudian digunakan orang di seluruh dunia. “Karena saya yang pertama menemukan, jadi saya bisa leluasa memilih pungtuasi yang saya inginkan,” ujar Tomlison.

“Saya memilih lambang @,” ujarnya. Karakter ini, menurut dia, lumayan membantu karena mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju. Ia tidak menyadari betapa saat itu ia sedang menciptakan sebuah icon penting untuk jagat Internet.

asal usul lambang @

Mungkin diantara kita masih banyak yang belum tahu tentang asal usul lambang @ pada e-mail atau bagiamana sejarah lambang @ (at) yang ada di email tersebut?. Email atau surat elektronik ini sendiri memudahkan kita mengirim file-file secara cepat via internet. Dalam alamat email tersebut, kita menggunakan lambang @, tanpa menggunakan hurup @ ini, alamat email yang kita tuju bisa jadi takkan sampai pada sasaran. Nah berikut sedikit tentang asal usul lambang @ pada email tersebut :

Di tahun 1972, seorang insinyur pendiam bernama Ray Tomlinson sukses mengirimkan email pertama antara dua mesin. Waktu itu ia memilih menggunakan lambang @. Alasannya ternyata sederhana, karena menurutnya lambang itu lumayan membantu sebab mirip hurup a untuk address/alamat lembaga pemilik email yang dituju. Dari sinilah lambang @ terus dipakai hingga sekarang.

Yang jelas, lambang @ saat ini telah menjadi lambang yang sangat penting dalam dunia internet.

sumber : KASKUS

Muzu TV situs video terbaru pesaing YouTube

YouTube bisa dikatakan merupakan raja situs berbagi video hingga sekarang. Tapi kini dominasi YouTube bakal siap-siap tergerus dengan munculnya situs berbagi video terbaru, Muzu TV.

Muzu yang berbasis di Irlandia, akan menghadirkan video-video musik berkualitas dan memiliki arsip musik yang didukung oleh empat raksasa label rekaman Universal, Sony BMG, Warner dan EMI. Tak hanya itu, untuk label independent, Muzu didukung sekira 7.000 label. Wow... :D

Pengunjung Muzu juga akan ditawarkan sejumlah video-video eksklusif seperti wawancara dengan musisi atau klip-klip terbaru. Pengunjung yang telah menjadi anggota Muzu dapat membuat playlist dan berbagi dengan teman-temannya lewat jejaring sosial seperti Facebook, Bebo, MySpace dan Twitter.

"Apakah Anda seorang pecinta RnB atau musik rock, Muzu memilikinya sangat banyak," tulis Muzu dalam pernyataannya seperti dilansir Telegraph, Minggu (4/10/2009).

Muzu menyatakan, lagu dan video yang ada dalam situsnya telah mendapatkan lisensi dari para artis maupun perusahaan rekaman para artis itu bernaung, jadi pengunjung tak perlu khawatir untuk menyaksikan video-video tersebut.

(Berita dikutip dari techno.okezone.com)